Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Cara Mengolah Sayuran Untuk Menu Diet , Diet Golongan Darah B , Cara Diet Dengan Jeruk Nipis , Cara Diet Tanpa Olahraga , Penyebab Gendut , Contoh Menu Makanan 500 Kalori , Contoh Menu Diet 1200 Kalori yang Bagus , Menu Diet Simple dan Murah , Makanan Penambah Massa Otot , Khasiat Markisa Untuk Diet , Manfaat Makanan Sehat , Daftar Makanan Vegetarian Untuk Diet , Manfaat Pepaya Untuk Diet , Manfaat Ikan Salmon Untuk Diet , Manfaat Ketan Hitam Untuk Diet , Khasiat Buah Langsat Untuk Diet , Manfaat Bawang Lanang Untuk Diet , Manfaat Lidah Buaya Untuk Diet , Menu Diet Aurel Hermansyah , Cara Diet Mengecilkan Pipi Tembem , Tips Diet Tanpa Makan Nasi , Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet , Khasiat Gandum Untuk Diet , Cara Diet Dengan Yoghurt , Diet Garam , Bahaya Diet Ekstrim Yang Mematikan

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

Jeruk Nipis adalah jenis buah jeruk dengan nama lain lime, citrus, atau jeruk asam. Jeruk nipis berbentuk bulat, memiliki warna hijau, dan berkulit sedikit keriput. Jeruk nipis mudah ditemukan karena mudah tumbuh di daerah tropis. Jeruk nipis mempunyai rasa yang kecut dan asam namun beraroma harum dan segar. Jeruk nipis banyak digunakan untuk masakan, minuman, bahkan obat. Jeruk nipis merupakan tanaman obat keluarga atau TOGA yang bisa ditanam di kawasan perumahan bahkan menggunakan media polybag atau hidroponik. Jeruk nipis juga termasuk tanaman yang tahan dari hama, perubahan cuaca, dan penyakit sehingga merupakan komoditi pangan dan pertanian  yang cukup bagus dikembangkan. Berikut ini kami akan membahas mengenai Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet :

  1. Mengatasi masalah sembelit
  2. Mengobati ambeien
  3. Mengobati batuk berdahak
  4. Mengobati sakit kepala/vertigo
  5. Menambah nafsu makan
  6. Mengobati radang tenggorokan
  7. Mengobati flu/demam
  8. Mencegah rambut rontok
  9. Mengatasi masalah haid yang tidak teratur
  10. Mengobati sakit amandel
  11. Menghentikan kebiasaan merokok
  12. Membantu menurunkan berat badan
  13. Membantu pengangkatan sel kulit mati
  14. Membuat kulit wajah lebih bersih
  15. Mencegah rambut berketombe

Sebagai buah yang memiliki rasa masam dan kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis telah lama dipercaya memiliki manfaat lebih dalam mengatasi gangguan penimbunan lemak dalam tubuh dan berat badan yang tidak ideal. Karena vitamin C mampu menyerap kandungan kalsium yang terdapat dalam lemak tubuh sehingga membantu menurunkan berat badan.

Mekanisme Kerja Jeruk Nipis Dalam Diet Cepat

Bagaimanakah cara kerja jeruk nipis dalam membantu menurunkan berat badan dapat dipahami dari daftar berikut ini, antara lain :

  • Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis akan berinteraksi dengan asam dan enzim yang terdapat di dalam perut sehingga membantu pencernaan menjadi lebih sehat serta merubah lemak menjadi energi
  • Jeruk nipis kaya akan kandungan serat yang dapat memperlambat laju pencernaan dan menahan rasa lapar serta menjaga kestabilan tingkat gula darah dalam tubuh
  • Jus jeruk nipis dapat menetralisir racun pada tubuh dan meningkatkan kerja metabolisme dalam tubuh
  • Aroma pada jeruk nipis membuat mulut menghasilkan air liur yang sehingga membantu pencernaan
  • Asam yang alami pada jeruk nipis juga dapat memecah molekul makro pada makanan
  • Senyawa flavonoid hasil ekstrak senyawa wangi pada jeruk nipis dapat merangsang sistem pencernaan serta meningkatkan sekresi pada organ-organ pencernaan

Tips-Tips Diet Cepat Dengan Jeruk Nipis

Ada beberapa tips yang dapat dipraktekkan dengan menggunakan jeruk nipis sebagai media diet yang paling ampuh dan cepat.

Tips-tips tersebut antara lain :

1.Meminum air putih hangat yang diberi perasaan jeruk nipis pada pagi hari

Pagi hari merupakan saat dimana kondisi perut sedang dalam keadaan kosong. Sehingga kerja organ pencernaan berada pada kondisi yang optimal. Meminumnya tidak akan memberikan efek negatif pada tubuh malah akan sangat baik bagi penderita sakit maag. Selain lancarnya kerna pencernaan, juga dapat berefek pada sistem imunitas pada tubuh yang dapat bekerja maksimal. Meminum air putih hangat dengan tambahan perasan jeruk nipis juga dapat membantu menghilangkan perasaan eneg yang kerap timbul di pagi hari.

2. Menambahkan potongan jeruk nipis pada salad atau pada potongan steak daging/ayam

Menu diet terkadang membosankan dan tidak bergairah untuk dimakan. Karena kadang tidak menggunakan minyak yang banyak untuk mengolahnya, sehingga menimbulkan kesan pucat pada warna makanan. Hal tersebut yang membuat menu makanan diet dilabelkan sebagai makanan yang tidak enak. Citarasa masam kerap kali menimbulkan nafsu makan, terutama apabila ditambahkan pada makanan. Dan menambahkan potongan jeruk nipis pada makanan memberikan rasa segar dan menyenangkan pada mulut.

Tetapi jangan khawatir karena tidak menimbulkan penambahan lemak pada tubuh. Selain itu kandungan seratnya malah akan memberikan rasa penuh pada perut tanpa menambah kandungan kalori di dalamnya. Serat tersebut juga mengurangi risiko diabetes pada tubuh karena dapat menjaga kestabilan gula daram dalam tubuh. Potongan jeruk nipis dapat ditambahkan pada menu salad buah atau sayuran, juga saat memanggang steak daging atau steak ayam. Selain itu juga dapat ditambahkan saat mengukus ikan. Atau dalam sop ikan atau seafood.

3. Menambahkan madu pada perasan jeruk nipis

Citarasa madu yang manis dapat membuat ramuan perasan jeruk nipis untuk diet menjadi lebih terasa enak. Selain untuk memberikan variasi pada minuman jeruk nipis, madu juga dapat memberikan khasiat yang lebih karena kandungan nutrisi di dalamnya. Dalam 1 sendok madu juga sudah mengandung 17 gram karbohidrat sehingga telah memenuhi asupan karbohidrat yang ditubuhkan sehingga baik untuk menu diet.

Madu juga dapat menggantikan fungsi gula akan tetapi tidak seperti gula pada umumnya karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Sehingga tetap baik untuk menjaga kandungan lemak pada tubuh agar tetap stabil. Dan asupan gula dan karbohidrat yang ditubuhkan tubuh tetap terpenuhi. Cobalah meminum minuman hangat yang terbuat dari segelas air hangat, dua sendok perasan jeruk nipis dan dua sendok madu murni. Campur ketiga jenis bahan itu dan minumlah pada saat pagi hari, makan siang, atau makan malam.

4. Rutin Berolahraga 

Tidak ada pola diet yang dapat menurunkan berat badan secara instan dan dalam jangka waktu cepat. Begitu pula dengan diet menggunakan jeruk nipis tetap membutuhkan pembakaran kalori berupa olahraga yang membutuhkan kerja fisik secara lebih. Cobalah untuk meluangkan waktu ekstra kira-kira setengah jam atau satu jam untuk berolahraga setiap harinya. Latihan fisik yang bisa dipraktekkan seperti jalan cepat, berlari, bersepeda, zumba, yoga, push up, squat jump, sit up dan lain lain.

Untuk pekerja kantoran yang biasa bekerja hampir 12 jam hingga lebih di depan komputer dapat mencoba beberapa tips berolahraga ringan sebagai berikut :

  1. menggunakan tangga daripada lift
  2. berjalan kaki dari stasiun/terminal terdekat sampai ke kantor
  3. memanfaatkan fasilitas kantor seperti gym dengan rutin beraktifitas disana,
  4. berjalan kaki menuju lokasi makan siang
  5. lakukan gerakan push up sederhana dengan bertumpu pada meja kerja
  6. lari kecil di tempat selama kurang lebih 5 menit atau lebih
  7. merentangkan tangan di atas tangan selama kurang lebih satu menit, lalu merenggangkannya ke kiri dan ke kanan, ulangi selama beberapa kali
  8. lompat tali atau skipping selama kurang lebih 10 menit

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Cepat ternyata dapat memberikan efek samping yang positif untuk kesehatan selain dapat menurunkan berat badan secara cepat. Beberapa gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, ambeien, maag, masalah pencernaan juga dapat menjadi sembuh atau berkurang dengan terapi jeruk nipis tersebut. Untuk itu tidak ada salahnya mencoba diet dengan jeruk nipis. Karena hasil yang didapatkan tubuh berkali-kali lipat banyaknya.