Makanan Penambah Tenaga Sebelum Olahraga

Makanan Penambah Tenaga Sebelum Olahraga

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Makanan Yang Efektif Membakar Lemak , Menu Diet Setelah Melahirkan , Resep Jus Diet Malam Hari , Efek Samping Diet Air Putih , Cara Membuat Detox Lemon Water , Efek Samping Green Coffee , Manfaat Senam Perut , Makanan Penambah Tenaga Sebelum Olahraga , Efek Samping Diet Booster , Khasiat Pisang Rebus Untuk Diet

Makanan Penambah Tenaga Sebelum Olahraga

Cara mendapatkan tubuh langsing dan padat yang paling baik adalah melalui olahraga. Namun, kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga adalah mengurangi asupan makanan. “Mengurangi asupan makanan ini bukan cara yang tepat karena makanan adalah sumber energi untuk beraktifitas,” tukas Nancy Clarck, MS, RD, ahli gizi olahraga. Ditambahkan Nancy, agar bisa berolahraga dengan efektif dan mendapat hasil yang diinginkan, cara para atlet ini mengatur pola makannya patut ditiru. Nancy mengungkapkan bahwa para atlet melakukan diet seimbang dengan banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Biasanya mereka akan mengonsumsi karbohidrat kompleks sebelum latihan. Dan setelah latihan, mereka akan diberi asupan makanan yang mengandung glikogen, karbohidrat, protein tanpa lemak untuk perbaikan otot. Berikut ini adalah Makanan Penambah Tenaga Sebelum Olahraga :

1. Greek yogurt

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan olahraga maka Anda pasti mengalami cidera baik itu cidera kecil maupun besar. Biasanya cidera ini terjadi ketika Anda tidak sengaja melakukan gerakan yang salah ataupun Anda sedikit lalai.

Untuk menyembuhkan otot yang mengalami cidera setelah berolahraga Anda bisa coba untuk mengkonsumsi greek yogurt. Berbeda dengan jenis yogurt yang lain dimana di dalam greek yogurt ini memiliki kandungan protein dua kali lebih banyak sehingga otot yang cidera akan lebih mudah sembuhnya daripada mengkonsumsi yogurt biasa.

2. Buah bit

Bagi Anda yang memang menyukai kegiatan olahraga tentu sudah tidak asing lagi dengan buah bit. Buah yang memiliki banyak sekali manfaat baik untuk tubuh Anda. Buah bit juga di kenal sebagai buah yang bisa menambah energi tubuh Anda secara optimal ketika Anda sedang berolahraga.

Buah bit memang memiliki kandungan nitrat alami yang tinggi sehingga aliran oksigen yang ada di dalam tubuh menjadi lebih lancar. Jika aliran oksigen sudah lancar maka Anda tidak akan mudah lelah saat olahraga. Selain itu jika Anda mengkonsumsi buah bit kukus 75 menit sebelum berlari maka buah ini bisa mempercepat langkah Anda sebesar tiga persen hingga lima persen.

3. Buah pisang

Selain buah bit ternyata ada buah pisang yang juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh ketika Anda sedang berolahraga. Apalagi jika Anda sedang proses diet dan ingin berolahraga maka pisang bisa Anda jadikan sebagai buah pengganti nasi. Karena buah pisang bisa mengikat rasa lapar Anda sehingga Anda tidak akan mudah lapar.

Di dalam buah pisang memang mengandung kabohidrat yang tinggi sehingga bisa menggantikan nasi. Selain itu vitamin B6 akan menjaga tenaga Anda tetap ada dan tidak mudah habis. Kandungan potassium yang tinggi bisa mencegah kram otot saat olahraga. Ketika sedang olahraga maka konsumsi buah pisang setiap lima belas menit sekali.

4. Jus buah cherry

Gerakan olahraga yang tidak benar bisa memicu pembengkakan pada otot setelah Anda melakukan olahraga. Ini di sebabkan oleh gerakan yang salah ketika sedang berolahraga. Atau jika Anda tidak sengaja terjatuh maka akan mengakibatkan cidera pada otot yang jika tidak segera di atasi maka akan ada pembengkakan otot.

Untuk mengatasi pembengkakan dan rasa nyeri yang terjadi pada otot setelah olahraga maka Anda bisa mengkonsumsi jus cherry secara teratur setiap hari. Karena di dalam jus cherry terdapat kandungan pholyphenol tepatnya anthyocyanins dan flavanoid. Dimana kedua bahan ini memang terkenal ampuh menyembuhkan cidera pada otot.

5. Kismis

Makanan penambah tenaga sebelum olahraga yang menyehatkan selanjutnya adalah kismis. Makanan yang memiliki rasa manis namun ada campuran rasa masam ini ternyata sangat baik di konsumsi sesaat sebelum olahraga. Karena di dalam kismis terdapat kandungan kabohidrat yang cukup tinggi.

Seperti yang kita ketahui bahwa sumber energi utama di dalam tubuh berasal dari kabohidrat. Tetapi jika Anda mengkonsumsi nasi sebelum olahraga maka saat olahraga nantinya perut Anda bisa sakit karena nasi belum di cerna baik oleh lambung. Untuk menggantikan nasi maka satu jam sebelum olahraga Anda bisa mengkonsumsi kismis.

6. Sayur Hijau

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu jenis makanan yang mengandung banyak sekali vitamin hingga nutrisi yang baik untuk tubuh terdapat di berbagai macam jenis sayuran hijau. Bahkan pakar kesehatan sudah menetapkan untuk membiasakan anak menyukai sayuran hijau sejak dini agar badan lebih sehat tentunya.

Untuk jenis olahan sayur yang bisa Anda konsumsi sebelum berolahraga adalah salad. Dimana salad kaya akan kandungan vitamin E dan beta katoren yang bisa menurunkan resiko cidera dan kram pada otot saat berolahraga. Usahakan konsumsi salad dua jam sebelum berolahraga sehingga ketika sudah mulai berolahraga salad sudah di proses oleh lambung.

7. Tomat

Tomat adalah sayur yang kaya akan beberapa vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Jika tomat di buat jus maka akan ada kandungan lycopne yang sangat baik di konsumsi setelah berolahraga. Karena zat lycopne ini bisa menyembuhkan rasa nyeri yang Anda rasakan akibat cidera pada otot Anda ketika sedang berolahraga.

8. Buah Apel

Apakah Anda pernah membaca kisah diet sukses hanya dengan mengkonsumsi apel saja? Ternyata ini bukan hanya isapan jempol! Sebab di dalam buah apel tidak hanya ada vitamin yang baik untuk tubuh tetapi juga ada nutrisi yang bisa menggantikan peran nasi sehingga untuk Anda yang ingin turun berat badan dengan cepat Anda bisa menggunakan buah apel ini.

Selain bisa menurunkan berat badan jika Anda mengkonsumsi buah apel sebelum olahraga maka energi Anda akan bertambah cukup banyak. Sebab di dalam buah apel terdapat kandungan quercetin yang tidak hanya bisa menambah tenaga pada tubuh saja tetapi juga bisa meningkatkan sistem metabolisme untuk tubuh.