Makanan Karbo Komplex

Makanan Karbo Komplex

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Pantangan Makanan Diet OCD , Cara Diet Untuk Anak Obesitas , Makanan Karbo Komplex , Cara Membuat Bubur Kentang Untuk Diet , Cara Diet Dengan Susu , Cara Diet Dengan Susu Kedelai

Makanan Karbo Komplex

Karbohidrat adalah salah satu jenis asupan yang paling dihindari ketika seseorang sedang menjalani diet. Sebagian besar orang bahkan mengganti karbohidrat dengan asupan lain seperti memperbanyak protein.

Meski demikian tubuh sejatinya tetap membutuhkan karbohidrat. Jenis karbohidrat terbaik yang dianjurkan untuk dikonsumsi yaitu karbohidrat kompleks. Berbeda dengan karbohidrat biasanya, karbohidrat kompleks tidak menaikkan gula darah dengan cepat. Berikut adalah Makanan Karbo Komplex :

1. Kentang

Selain nasi putih, kentang kerap dijadikan sarapan oleh banyak orang. Cara memasak yang baik yaitu direbus dan dimakan beserta kulitnya cukup praktis daripada menanak nasi dan membuat lauk. Dalam memasak kentang, Anda harus menghindari cara menggoreng karena menghasilkan lemak jahat dari minyak goreng. Salah satu saran yang dapat diterapkan untuk mengolah kentang ialah cara membuat bubur kentang untuk diet karena mudah dan praktis.

2. Beras merah

Dengan kandungan serat lebih tinggi dari beras putih, beras merah cocok dipilih oleh pelaku diet dan tidak tergolong dalam pantangan diet food combining.  Pelaku diet pemula juga cocok memilih beras merah untuk pembiasaan pola pikir “harus makan nasi”. Hanya saja nasi putih diganti menjadi nasi merah sehingga Anda tidak akan stress karena merasa belum makan nasi.

3. Roti gandum

Daripada roti putih, kandungan serat pada roti gandum lebih tinggi kadarnya. Roti gandum juga mudah ditemui dan sama lezatnya dengan roti putih. Roti berwarna kecoklatan ini memiliki kualitas terbaik jika terbuat dari tepung biji gandum utuh dan bertekstur kasar yang disebut whole wheat bread. Hal ini karena roti gandum memiliki senyawa alami untuk mencegah kanker dan rendah lemak.

4. Pasta gandum

Sama halnya dengan roti gandum, pasta gandum juga mengandung serat lebih banyak dari pasta putih. Namun pasta gandum relatif instan sulit ditemukan di pasaran sehingga ada baiknya Anda membuat pasta gandum sendiri. Maka hasilnya akan lebih menyehatkan sekaligus meningkatkan kemampuan memasak Anda.

5. Buah-buahan

Karbohidrat kompleks pada buah-buahan ditemukan pada pisang, pir, apel, strawberry, dan raspberry. Tidak hanya dimakan secara langsung, buah juga cocok menjadi pelengkap yoghurt, salad, maupun oatmeal. Di samping rasa segar dan lezat buah-buahan, terdapat kalium dan vitamin C yang menyehatkan di dalamnya. Bahkan jika Anda melakukan diet salah satu jenis buah, maka makanan kaya karbohidrat harus dikurangi seperti aturan pantangan diet buah plum karena kandungan karbohidrat sudah mampu mengenyangkan.

6. Oatmeal

Selain membuat rasa kenyang bertahan lama, oatmeal juga mampu mengontrol kadar gula darah serta menurunkan kolesterol. Makanan pengganti sarapan ini populer di kalangan anak muda karena praktis dan lezat. Jika menambahkan makanan pendamping, Anda sebaiknya memilih makanan bergizi seperti buah-buahan bukannya makanan yang mengandung lemak jahat. Dalam mengonsumsi oatmeal, Anda harus berhati-hati karena oatmeal menjadi pantangan makanan diet DEBM yang kini sedang naik daun.

7. Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian yang kaya serat, protein, mineral, vitamin, dan lemak tak jenuh. Meskipun relatif susah dicari di pasaran, quinoa sangat baik dalam penyembuhan otot, menjaga kekuatan tulang, dan melawan radikal bebas. Cara memasak quinoa mirip dengan nasi tetapi lebih fleksibel baik untuk makanan pembuka dengan sayur, hidangan utama sebagai pengganti nasi, penutup, hingga camilan.

8. Ubi

Makanan yang murah, lezat, dan mudah diperoleh ini rupanya menjadi sumber karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi. Perlu diketahui bahwa ubi mengandung beta karoten untuk mencegah kanker dan gangguan jantung. Selain itu, makanan yang tergolong ke dalam 15 contoh makanan karbo komplex terlengkap ini juga mampu meningkatkan sistem imun karena mengandung vitamin C.

9. Kacang polong

Selain kaya karbohidrat kompleks, kacang polong memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin K, Vitamin A, dan folat. Selain menjadi makanan yang boleh dimakan saat diet Herbalife, kacang polong juga berguna bagi kesehatan seperti mampu menurunkan kolesterol, mengatasi konstipasi, mencegah alzheimer, dan mengontrol gula darah.

10. Kacang kedelai hitam

Tidak hanya protein, kedelai hitam juga mengandung serat dalam jumlah tinggi sebagai bagian dari karbohidrat kompleks. Dengan ratusan referensi cara memasak kedelai hitam dengan benar, Anda akan memeroleh manfaat seperti peningkatan sirkulasi darah, menjauhkan diri dari kanker dan penggumpalan darah, serta memperbaiki pengelihatan.

11. Jagung

Khasiat jagung untuk diet ialah dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama serta mudah diolah menjadi aneka makanan. Jagung dapat mencegah anemia, diabetes, hipertensi, alzheimer, hingga kanker. Cukup dengan direbus, Anda sudah bisa merasakan khasiat jagung rebus untuk diet yaitu rasa manis sekaligus kenyang dalam waktu yang lama.

12. Selada

Terkenal dengan rasa segar dan sering dijadikan pendamping makanan utama, rupanya selada memiliki banyak manfaat yang jarang diketahui. Contohnya ialah menyehatkan jantung, kulit, mata, sistem imun, dan mencegah pengeroposan tulang.

13. Buncis

Selain membuat rasa lapar tidak kunjung datang, buncis mampu memperkuat otot dan memperbaiki kinerja usus karena mengandung potasium. Adapun tips memasak buncis yang baik ialah setengah matang supaya nutrisi yang penting tidak hilang. Bahkan, buncis mengandung zat besi dua kali lipat dari bayam sehingga direkomendasikan untuk menjauhkan diri dari anemia.

14. Asparagus

Tidak hanya berasa lezat, asparagus juga mengandung serat dan banyak vitamin untuk menurunkan hipertensi, menstimulasi kerja jantung, hingga menetralisir racun. Makanan yang terkenal mengandung gizi paling lengkap dan seimbang ini cocok untuk Anda yang ingin merasa kenyang lebih lama.

15. Jamur

Kandungan gizi yang sehat seperti kalium, fosfor, natrium, asam amino, dan berbagai jenis vitamin membuat jamur cocok dimasak sebagai sumber karbohidrat. Jumlah kalori rendah pada jamur dan aneka pilihan jenis jamur menjadi alasan dipilihnya jamur sebagai menu dalam cara diet setelah melahirkan caesar.

Ulasan mengenai 15 contoh makanan karbo komplex terlengkap dapat menjadi panduan Anda dalam melakukan diet maupun memilih menu yang menyehatkan. Selain memiliki rasa kenyang lebih lama, sumber karbohidrat kompleks juga memiliki beragam manfaat untuk jangka panjang. Selamat mencicipi kelezatan makanan karbo kompleks dan menjadi lebih sehat, ya!