Makanan Diet Untuk Penderita Diabetes

Makanan Diet Untuk Penderita Diabetes

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Fungsi Karbohidrat Untuk Otot , Makanan Diet Untuk Penderita Diabetes , Manfaat Mayones Untuk Diet , Daftar Sayuran Untuk Diet Yang Menyehatkan , Cara Menentukan DIet Terbaik Untuk Tubuh , Daftar Makanan Diet Penderita Maag , Daftar Minuman Sehat Untuk Diet , Daftar Makanan Untuk Diet Golongan Darah A , Cara Diet Untuk Badan Yang Susah Kurus , Makanan Untuk Diet Golongan Darah O , Ramuan Alami Mengecilkan Perut , Daftar Makanan Diet Rendah Kalori , Daftar Makanan Sehat Untuk Diet Cepat , Cara Membuat Yoghurt Untuk Diet , Daftar Makanan Untuk Diet Golongan Darah B , Cara Diet Aman Menurunkan Berat Badan

Makanan Diet Untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes menjadi momok bagi banyak orang. Tak hanya orangtua saja, kini diabetes juga banyak menyerang anak muda. Penyakit diabetes sejatinya bisa dikurangi dengan pola hidup sehat.

Banyak yang beranggapan makanan untuk penderita diabetes itu tidak enak, karena sedikitnya kandungan gula. Eitss itu salah, banyak kok makanan enak yang aman untuk penderita diabetes, asal kamu pintar mengolahnya. Berikut adalah Makanan Diet Untuk Penderita Diabetes :

1. Brokoli

Dalam salah satu jenis sayuran yakni brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang dapat melindungi  sekaligus memperbaiki dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular yang disebabkan oleh penyakit diabetes. Anda bisa mencoba Cara Memasak Brokoli untuk Menu Diet sebagai pelengkap menu anda.

Sulforaphane ini juga memiliki zat anti inflamasi, mengontrol kadar glukosa darah, lebih meningkatkan mekanisme detoksifikasi alami dalam tubuh sekaligus meningkatkan produksi enzim yang mengendalikan senyawa kimia berbahaya yang menjadi penyebab dari kanker. Selain itu juga, dalam brokoli mengandung kromium  yang bisa lebih meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh sehingga membuat brokoli ini sangat baik dikonsumsi untuk diet penderita diabetes. Namun saat anda mengolah brokoli, perhatikan pula Tips Memasak Brokoli.

2. Steel Cut Oatmeal

Sumber karbohidrat yang baik sangat penting untuk para penderita diabetes sebab akan mempengaruhi kadar gula di dalam darah. ADA memberikan rekomendasi untuk mengkonsumsi gandum utuh seperti oatmeal dimana mengandungkarbohidrat kompleks serta serat larut dalam kadar yang tinggi.

Serat ini akan berguna untuk memperlambat proses pencernaan sehingga kadar glukosa di dalam tubuh bisa dikendalikan dengan baik. Dalam oatmeal juga mengandung  magnesium yang akan membuat tubuh bisa memanfaatkan glukosa serta sekresi insulin dengan sangat baik. Untuk jenis oatmeal yang disarankan bagi diet penderita diabetes adalah steel cut oats karena kadar glikemiksnya lebih rendah jika dibandingkan dengan oatmeal instan yang juga akan membuat perut merasa kenyang lebih lama.

3. Ikan

Tidak hanya sebagai sumber protein yang baik dan membuat perut merasa kenyang lebih lama, namun ikan juga mengandung asam lemak omega 3 tinggi yang bisa menyembuhkan peradangan di dalam tubuh. Jika seseorang memiliki tingkat inflamasi yang buruk, maka akan memperparah kondisi diabetes dan juga timbul masalah berat badan.

Dengan mengkonsumsi ikan sebagai salah satu menu diet diabetes, maka kamu akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti stroke yang merupakan komplikasi dari penyakit diabetes. Untuk cara mengolahnya, hindari memasak ikan dengan cara menggoreng atau ikan cepat saji dan lebih baik mengolahnya dengan cara kukus atau panggang. Beberapa Jenis Ikan Yang Baik Untuk Diet juga bisa anda coba.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau olive oil juga menjadi asupan baik untuk diet diabetes sebab bisa mencegah resistensi insulin, menumpuknya lemak di area perut dan juga menurunkan adiponektin. Minyak zaitun ini bisa kamu gunakan untuk mengganti margarin, mentega dan juga jenis lemak lainnya. Minyak zaitun juga memiliki kadar antioksidan yang akan melindungi sel tubuh dari kerusakan karena radikal bebas sekaligus mencegah timbulnya penyakit jantung.

5. Kacang Cannellini

Makanan Diet Untuk Diabetes selanjutnya adalah kacang cannellini. Hampir semua jenis kacang-kacangan memang mempunyai indeks glikemik yang rendah serta tinggi akan kandungan protein serta serat yang sangat dibutuhkan penderita diabetes.

Akan tetapi, salah satu jenis kacang yakni cannellini yang sering digunakan dalam masakan Italia ini mempunyai kadar indeks glikemik terendah dari semua jenis kacang sehingga sangat baik untuk masuk dalam menu diet penderita diabetes. Dengan mengkonsumsi jenis kacang ini setiap hari, maka dalam beberapa bulan akan terjadi penurunan tingkat kadar gula darah sampai dua kali lebih banyak.

6. Bayam

Salah satu sayuran berwarna hijau yakni bayam memiliki kandungan mineral penting yang dibutuhkan para penderita diabetes. Beberapa kandungan mineral penting yang ada dalam bayam adalah potasium, vitamin K, folat, magnesium, fosfor, seng, senyawa lutein, zeaxanthin dan banyak flavonoid lainnya. Para penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi lebih dari 1 porsi bayam dalam sehari agar penurunan resiko diabetes bisa turun dengan baik.

7. Ubi Jalar

Penderita diabetes juga disarankan untuk mengkonsumsi ubi jalar karena mengandung antosianin sejenis pigmen alami yang memberikan warna oranye gelap pada ubi jalar. Senyawa ini masuk ke dalam jenis antioksidan yang bermanfaat sebagai anti radang, anti viral dan anti mikroba.

Selain itu, ubi jalar juga tinggi akan vitamin A serta serat dan memiliki indeks glukosa lebih rendah jikan dibandingkan dengan kentang. Ubi jalar ini bisa mengurangi HbA1c antara 0.3 sampai 0.57 persen sekaligus mempercepat proses glukosa darah antara 10 sampai 15 poin. Anda juga bisa memanfaatkan ubi jalar untuk Cara Diet Dengan Ubi Jalar.

8. Kacang Kenari

Makanan Diet Untuk Diabetes selanjutnya adalah kacang kenari. Kacang kenari atau walnut memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yakni alfa linolenik untuk menurunkan radang. Selain itu, dalam kacang kenari juga mengandung asam lemak omega 3, serat, vitamin E dan juga senyawa fitokimia yang berguna sebagai anti kanker, antioksidan, anti viral dan juga anti kolesterol tinggi.

Dengan beberapa manfaat yang ada dalam kacang kenari ini, maka sangat baik untuk mencegah diabetes kronis dan penyakit jantung semakin berkembang. Dengan mengkonsumsi kacang kenari sebanyak 56 gram dalam waktu 8 minggu, maka bisa memperbaiki fungsi dari pembuluh darah yang rusak pada penderita diabetes.

9. Kayu Manis

Dari sebuah studi yang ditulis dalam jurnal Diabetes Care tertulis jika para penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi 1 gram kayu manis atau lebih secara teratur setiap hari, maka bisa memperoleh penurunan kadar gula sebanyak 30 persen dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kayu manis.

Selain itu, kayu manis juga bisa menurunkan kadar trigliserida, kolesterol LDL dan juga total kolesterol sampai 25 persen pada penderita diabetes. Ini bisa terjadi karena dalam kayu manis mengandung kromium yakni sejenis mineral yang akan meningkatkan efek insulin. Dalam kayu manis juga mengandung polifenol yang merupakan jenis antioksidan untuk melawan radikal bebas serta bisa menurunkan inflamasi sehingga menjaga kesehatan penderita diabetes dan penyakit jantung.

10. Coklat Hitam

Coklat hitam atau dark chocolate yang memiliki rasa pahit ini sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes karena akan meningkatkan sensivitas insulin, mengurangi resistensi insulin, mempercepat proses mengolah glukosa dalam darah sekaligus mengurangi rasa lapar yang berlebihan.

Coklat hitam menjadi jenis coklat terbaik yang mengandung cocoa lebih banyak dan kandungan susu yang sedikit dibandingkan dengan jenis coklat lainnya. Dengan mengkonsumsi coklat hitam, maka keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis, asin dan berlemak akan jauh berkurang dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi coklat hitam.

11. Blueberry

Makanan Diet Untuk Diabetes selanjutnya adalah Blueberry. Blueberry merupakan buah yang tinggi akan kandungan serat tidak larut yang dapat meluruhkan lemak di dalam tubuh kamu, sedangkan kandungan serat larutnya akan diolah lebih lama yang membuat tubuh bisa mengendalikan kadar glukosa dalam darah.

Ini bisa terjadi karena dalam buah blueberry mengandung antosianin yang merupakan senyawa kimia alami untuk mengecilkan sel lemak sekaligus menstimulasi produksi adiponektin yang merupakan hormon pengatur kadar glukosa darah. Dengan kadar adiponektin yang semakin meningkat, maka kadar gula dalam darah bisa tetap stabil, mengatasi depresi sekaligus meningkatkan daya ingat dan sensitifitas tubuh terhadap insulin.

12. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang sudah digunakan sejak lama untuk menjaga kesehatan masyarakat India sebagai cara mereka dalam mencegah meningkatnya kadar gula dalam darah sesudah mengkonsumsi roti putih atau nasi putih.

Dalam kunyit mengandung zat curcumin yang bisa mengatur metabolisme lemak di dalam tubuh dan juga bekerja dalam beberapa organ tubuh yang lain seperti sel lemak, ginjal, pankreas dan sel otot untuk meredakan radang dan mencegah nekrosis tumor penyebab kanker serta interlukin 6. Dengan memasukkan kunyit dalam menu makanan penderita diabetes, maka akan mengatasi resistensi insulin, kolesterol dan juga kadar gula darah tinggi sekaligus mencegah terjadinya obesitas.

13. Tomat

Dari penelitian yang sudah dilakukan di Australia membuktikan jika mengkonsumsi jus tomat setiap hari bisa mengurangi resiko penggumpalan darah pada penderita diabetes. Cara Diet Dengan Tomat juga bisa kamu coba untuk menurunkan berat badan anda.

Penggumpalan darah bisa terjadi dan menjadi penyebab komplikasi seperti stroke, penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya. Selain itu, dalam tomat juga tinggi akan vitamin C, vitamin E, antioksidan dan zat besi yang sangat dibutuhkan penderita diabetes. Dalam tomat juga mengandung lutein dan likopen yang akan melindungi organ ginjal serta pembuluh darah dari kerusakan pada penderita diabetes.