Gerakan Yoga Untuk Pemula

Gerakan Yoga Untuk Pemula

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Pantangan Makanan Diet OCD , Cara Diet Untuk Anak Obesitas , Makanan Karbo Komplex , Cara Membuat Bubur Kentang Untuk Diet , Cara Diet Dengan Susu , Cara Diet Dengan Susu Kedelai , Jamu Untuk Menurunkan Berat Badan , Manfaat Teh Pahit Untuk Diet , Manfaat Garcia Untuk Diet , Khasiat Mengkudu Untuk Diet , Buah Yang Mengenyangkan Saat Diet , Khasiat Mangga Untuk Diet , Manfaat Olahraga Side plank , Makanan Rendah Kalori Tinggi Protein , Cara Membentuk Bokong Yang Indah , Manfaat Senam Body Language Bagi Wanita , Penyebab Gendut Yang Mengerikan , Efek Samping Diet Dash , Cara Membuat Yoghurt Untuk Diet , Efek Samping Teh Hijau Untuk Diet , Efek Samping Cuka Apel Untuk Diet , Cara Diet Hipnoterapi Diri Sendiri , Tips Diet Pisang , Cara Diet Dengan Buah Nanas , Urutan Gerakan Fitnes Bagi Pemula , Cara Melatih Otot Perut , Makanan Mengenyangkan Selain Nasi , Makanan Penambah Massa Otot , Gerakan Yoga Untuk Pemula , Cara Memperbesar Pergelangan Tangan , Makanan Pembakar Lemak , Daftar Sayuran Pengganti Nasi , Cara Menggemukan Badan Pria , Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Pria , Khasiat Quaker Oat Untuk Diet , Khasiat Beras Perang Untuk Diet , Cara Mengencangkan Bokong , Makanan Sehat Untuk Diet Kolesterol , Daftar Makanan Vegetarian Untuk Diet , Khasiat Temulawak Untuk Diet

Gerakan Yoga Untuk Pemula

Gerakan yoga dapat dipelajari oleh semua orang, termasuk Anda yang sibuk bekerja dan membutuhkan olahraga sederhana.

Yoga memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Selain dapat mengecilkan perut, yoga juga dipercaya dapat mengurangi stres dan membuat tubuh jadi lebih rileks. Beberapa penelitian, seperti yang dilansir dari everydayhealth.com, gerakan yoga juga dapat mengurangi gejala rasa cemas dan penyakit kronis lainnya. Nah, untuk Anda yang tertarik dengan yoga, Anda bisa mempelajari beberapa gerakan sederhana ini di rumah lho. Berikut ini adalah Gerakan Yoga Untuk Pemula :

Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, orang tidak perlu lagi pergi ke gym maupun kelas olahraga dan kebugaran untuk mengikuti senam yoga. Melainkan kita dapat mencari sendiri berbagaimembuat berbagai gerakan yoga sangat mudah untuk dicari sekalipun untuk pemula. Hal tersebut dapat terjadi jika kita memanfaatkan internet sebagai media untuk mengakses informasi termasuk gerakan yoga untuk pemula ini.
Pada dasarnya sebelum kita melakukan yoga, terlebih dahulu kita harus menetapkan tujuan kita melakukan gerakan tersebut karena setiap gerakan yoga memiliki fungsi dan manfaat sendiri sendiri. Seperti contoh jika kita melakukan gerakan yoga untuk mengecilkan perut tentunya akan berbeda dengan melakukan gerakan yoga untuk relaksasi dan menghilangkan stress.
Maka dari itu sangat disarankan untuk mempelajari berbagai gerakan yoga untuk pemula sebelum melakukan gerakan dasar yoga untuk berbagai tujuan. Lalu ada berapa gerakan yoga yang harus dipelajari oleh pemula? adakah ilustrasi atau gambar gerakan yoga tersebut? tentu saja ada dan kita akan membahasnya dalam artikel dibawah ini.

Mountain pose (gerakan menyerupai gunung)

Gerakan yoga untuk pemula yang pertama adalah mountain pose yang notabennya merupakan gerakan dasar yoga yang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Dengan melakukan gerakan ini secara benar maka dapat meningkatkan keseimbangan dan memperbaiki postur tubuh. gerakan yoga ini umumnya dimanfaatkan untuk mendapatkan ketenangan, namun secara medis gerakan ini dapat memperlancar peredaran darah sehingga membuat tubuh kita menjadi lebih tenang dan siap untuk melakukan berbagai gerakan dasar yoga yang lain.
Cara melakukan pose yoga pemula yang satu ini adalah:

  1. Berdiri tegak dan posisikan jari kaki kita menyentuh lantai dengan tumit sedikit terpisah atau tidak saling bersentuhan satu sama lain.
  2. Bayangkan bahwa anda akan mengangkat tubuh anda sendiri.
  3. Tarik bahu ke bawah lalu rentangkan kaki anda.
  4. Posisikan kepala kita agar sejajar dengan bahu (maksutnya adalah tidak terlalu maju dan tidak terlalu mundur).
  5. Usahakan punggung dan panggul lurus dan tidak bolek melengkung.
  6. Tahan posisi ini setidaknya selama 1 menit.
Downward facing dog
Gerakan yoga untuk pemula yang satu ini berfokus pada aktivitas tubuh bagian atas denganc ara merenggangkan otot otot lengan, otot dada, otot kaki, hingga otot punggung. Banyak sekali manfaat melakukan gerakan dasar yoga pemula ini, hal ini juga dibuktikan dengan banyaknya orang fitnes yang memanfaatkan gerakan ini sebagai pemanasan sebelum membentuk otot lengan, otot dada, hingga membentuk punggung bersayap.
Cara melakan pose yoga downwaed facing dog adalah sebagai berikut:
  1. Posisikan tubuh hendak merangkak.
  2. Posisikan tangan anda sedikit ke depan bahu, dengan telapak beserta jari kaki ditekan ke lantai.
  3. Ambil nafas lalu buang dan mulailah meluruskan kedua kaki kita. Biarkan tumit kita terpisah dari lantai secara perlahan.
  4. Setelah itu angkat pantat ke atas lalu dorong kembali tumit agar menyentuh lantai.
  5. Secara perlahan luruskan lengan anda sembari menarik bahu anda ke arah bawah.
  6. Cobalah untuk bersantai dan tidak terlalu tegang.
  7. Tahan gerakan yoga ini selama kurang lebih 2 hingga 3 menit.
Warrior
Gerakan yoga untuk pemula selanjutnya adalah warior yang merupakan gerakan dasar yoga untuk relaksasi dan melatih kelenturan tubuh. Karena gerakan ini berfungsi untuk melatih kelenturan tubuh, maka pose yoga warrior banyak sekali digunakan dan diterapkan di berbagai kelas olahraga hingga gym untuk proses pendinginan setelah melakukan latihan.
Cara melakukan gerakan yoga warrior untuk pemula adalah:
  1. Berdiri dengan menjaga jarak kaki sebanyak 4 langkah satu sama lain.
  2. Tekuk kaki kanan kita hingga membentuk sudut 90 derajat.
  3. Selanjutnya taruh tangan kita ke pinggul dan cobalah untuk merilekskan bahu.
  4. Kemudian bentangkan lengan ke samping dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah.
  5. Lalu posisikan kepala menghadap ke arah tangan kanan kita.
  6. Tahan posisi ini selama kurang lebih 1 menit lalu ulangi dengan sisi yang berbeda.
Pose yoga tree pose
Sama seperti namanya, gerakan yoga untuk pemula yang satu ini mengharuskan tubuh kita untuk berpose hampir menyerupai sebuah pohon. meskipun terkesan sederhana namun gerakan ini sangat bermanfaat untuk mengurangi stress dan melancarkan peredaran darah. Selain itu gerakan ini juga dapat dilakukan di berbagai tempat bahkan di rumah sekalipun.
cara melakukan gerakan yoga tree pose adalah sebagai berikut:
  1. Berdiri dan posisikan kedua tangan di samping tubuh.
  2. Tumpukan berat badan pada kaki sebelah kiri.
  3. Lalu angkat kaki kanan, dan gerakan hingga menyentuk paha kaki kiri.
  4. Usahakan pinggul tetap menghadap ke arah depan dan jagalah keseimbangan tubuh.
  5. Angkat tangan anda ke depan hingga menyerupai pose berdoa.
  6. Ketika hendak menarik nafas rentangkan kedua tangan kita ke atas dan posisikan kedua telapak tangan saling berhadapan antara satu dengan yang lain.
  7. Tahan posisi ini setidaknya selama 30 detik.
  8. Buang nafas dan kembalilah ke posisi semula.
Bridge pose (gerakan dasar yoga menyerupai jembatan)
Salah satu gerakan yoga untuk pemula yang mudah untuk dilakukan namun memiliki segudang manfaat adalah gerakan bridge pose. Gerakan ini menitikberatkan latihan pada otot lengan, otot perut dan otot bagian bawah (otot paha, otot betis, dan ujung kaki). Untuk wanita, gerakan ini sangat efektif digunakan untuk membakar lemak dan mengecilkan perut buncit. Selain itu gerakan bridge pose juga dapat membantu mengencangkan paha dan mengencangkan bokong dengan sangat cepat.
Cara melakukan gerakan yoga bridge pose adalah:
  1. Bentangkan tubuh untuk merenggangkan tulang kita.
  2. Posisikan tubuh berbaring di atas lantai dengan menekuk lutut serta meletakannya sejajar di atas tumit.
  3. Tempatkan kedua tangan kita di samping tubuh dengan posisi telapak tangan menghadap ke arah bawah.
  4. Angkat pinggul kita hingga paha sampai sejajar dengan lantai.
  5. Angkat dada hingga seperti hendak menyentuh dagu.
Triangle pose
Gerakan yoga untuk pemula selanjutnya adalah triangle pose yang memfokuskan latihan pada kelenturan otot bagian bawah tubuh yakni otot kaki dan pinggang. Gerkan ini sangat cocok untuk dijadikan gerakan pendinginan setelah kita melakukan berbagai latihan berat seperti sprint, jongging, dan squat.
Cara melakukan gerakan yoga traingle pose adalah:
  1. Berdiri dan posisikan kedua kaki terbuka setidaknya 3 langkah.
  2. Posisikan jari kaki kenan menghadap ke arah kanan dan jari kaki kiri menghadap ke depan.
  3. Rentangkan kedua tangan kita dengan posisi telapak tangan kita menghadap ke arah bawah.
  4. Turunkan tubuh kita ke kanan hingga membuat jari tangan sebelah kanan menyentuh ujung jari kaki kanan.
  5. Rentangkan tangan kiri ke atas, dan angkat kepala hingga menghadap ke langit lanit.
  6. Tahan posisi ini setidaknya selama 5 nafas.
  7. Lalu kembali ke posisi semula dan ulangi gerakan yoga ini dengan arah yang berbeda.
Cobra
Cobra merupakan gerakan yoga yang dapat dikatakan klasik dan mudah dilakukan pemula. Cobra yang merupakan gerakan yoga untuk pemula meniru gerakan ular kobra tekita hendak mengangkat kepalanya. Gerakan dasar yoga yang satu ini memfokuskan latihan pada kelenturan otot perut kita, sehingga gerakan ini sangat efektif digunakan untuk mengecilkan perut buncit dengan membakar lemak di sekitar perut.
Cara melakukan gerakan yoga cobra adalah sebagai berikut:
  1. Berbaringlah di lantai dengan posisi tertelungkup.
  2. Taruh kedua tangan di bawah bahu seperti hendak melakukan push up.
  3. Renggangkan kedua kaki kita hingga semua menyentuh lantai.
  4. Kunci perut dan kencangkan pinggul kita.
  5. Secara perlahan angkat bahu ke atas bersamaan dengan mendorong jari telunjuk serta ibu jari kita.
  6. Dada diarahkan ke depan.
  7. Usahakan tangan lurus dan sejajar  lantai.