Fakta Dan Mitos Diet Sehat

Fakta Dan Mitos Diet Sehat

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Pantangan Makanan Diet OCD , Cara Diet Untuk Anak Obesitas , Makanan Karbo Komplex , Cara Membuat Bubur Kentang Untuk Diet , Cara Diet Dengan Susu , Cara Diet Dengan Susu Kedelai , Jamu Untuk Menurunkan Berat Badan , Manfaat Teh Pahit Untuk Diet , Manfaat Garcia Untuk Diet , Khasiat Mengkudu Untuk Diet , Buah Yang Mengenyangkan Saat Diet , Khasiat Mangga Untuk Diet , Manfaat Olahraga Side plank , Makanan Rendah Kalori Tinggi Protein , Khasiat Kayu Manis Untuk Diet , Manfaat Jahe Dan Sereh Untuk Diet , Gerakan Pilates Untuk Pemula , Olahraga Mengecilkan Perut Di Rumah , Daftar Makanan Berkalori Rendah , Cara Makan Sehat Untuk Pekerja Kantoran , Cara Menghitung Kalori Makanan , Manfaat Diet Alkaline , Fakta Dan Mitos Diet Sehat , Khasiat Lada Hitam Untuk Diet , Bahaya Diet Mayo , Jenis Diet Berbahaya Yang Jarang Diketahui , Manfaat Kangkung Untuk Diet , Manfaat Bengkoang Untuk Diet

Fakta Dan Mitos Diet Sehat

Jalan menuju berat badan ideal memang tak semulus jalur sutera. Maka tak mengejutkan apabila banyak orang yang mencoba mengambil jalan pintas dengan harapan dapat mempercepat hasil yang diinginkan. Tetapi, beberapa cara diet populer yang sering dilakukan ternyata tidak semuanya baik bagi kesehatan. Bahkan banyak yang dapat membahayakan tubuh. Berikut ini adalah Fakta Dan Mitos Diet Sehat  :

1. Fakta atau Mitos , Diet tanpa nasi membuat kurus ?

Mitos ! Nasi merupakan sumber karbohidrat bagi tubuh dimana karbohidrat berfungsi untuk sumber energi ,membantu menyimpan protein jaringan, sebagai metabolisme primer, dan sebagai bahan bakar untuk sistem saraf pusat. Selain pada nasi, karbohidrat dapat diperoleh dari jagung, gandum, ubi jalar, ketela pohon, kentang, dam sagu.

Seseorang yang tidak makan nasi atau karbohidrat akan menyababkan masalah pada tubuhnya , karena karbohidrat merupakan salah satu komponen bagi tubuh. Jadi , melakukan diet tanpa mengkonsumsi nasi sangat tidak dianjurkan , karena tubuh tidak menjadi kurus melainkan menimbulkan berbagai masalah pada tubuh seperti kekurangan gizi .

     2.Fakta atau Mitos, minum air dingin bikin gemuk ?

Mitos ! Air dingin sangat cocok untuk diminum pada siang hari apalagi cuaca yang panas , hal ini membuat rasa segar pada tubuh saat meminumnya. Akan tetapi banyak yang berpendapat pada saat melakukan diet tidak boleh mengkonsumsi air dingin karena memicu kegemukan. Hal tersebut tidak benar, karena pada dasarnya air dingin itu terdapat 2 unsur yaitu air dan es batu , di mana es batu merupakan air yang dibekukan dan menjadi es, Jika kita mengkonsumsi es batu sama halnya kita mengkonsumsi air biasa.

Jadi tidak benar jika kita mengkonsumsi air dingin akan menjadi kegemukan , kecuali mengkonsumsi air dingin yang sudah dicampur dengan berbagai jenis gula , seperti  es campur . Karena es campur mengandung gula yang sangat tinggi dimana gula menimbulkan penimbunan lemak yang lebih apabila dikonsumsi pada jumlah yang besar.

     3.Fakta atau Mitos, Mengkonsumsi garam bikin gemuk ?

Mitos ! Garam merupakan salah satu yang tidak asing pada kehidupan sehari-hari apalagi bagi ibu rumah tangga. Akan tetapi banyak yang beranggapan bahwa mengkonsumsi garam membuat gemuk . Hal tersebut tidaklah benar, karena garam salah satu yang dibutuhkan untuk tubuh.

Garam mampu menahan air dalam tubuh kita agar tidak keluar , maka kita tidak kekurangan cairan . apabila kita kekurangan garam akan menyebabkan tubuh mudah dehidrasi . Perlu digaris bawahi , meskipun garam tidak menimbulkan kegemukan dianjurkan untuk mengkonsumsi secukupnya saja , karena kelebihan kandungan garam tidak baik untuk kesehatan jantung.

4.Mitos atau fakta ,  Gemuk karena keturunan ?

Mitos ! Banyak yang mengira bahwa keluarga yang gemuk akan mempunyai keturunan yang gemuk pula. Hal tersebut bukanlah pemicu kegemukan yang paling dasar , meskipun faktor keturunan juga mempengaruhi . Akan tetapi persentase untuk hal tersebut sangat kecil 25-30% saja , jadi faktor keturunan tidak berpengaruh besar pada masalah kegemukan. Tubuh yang gemuk dipengaruhi oleh pola hidup yang tidak sehat , seperti makan berlebihan, kurang tidur,mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan tidak melakukan olahraga rutin.

5.Mitos atau fakta, Makan buah banyak bikin kurus ?

Mitos ! Mengkonsumsi buah-buahan memanglah menyehatkan untuk tubuh , karena buah merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh , selain itu buah mempunyai berbagai manfaat seperti membuat kulit tampak lebih kencang dan sehat , sebagai sumber vitamin dimana vitamin dibutuhkan untuk meningkatkan metabolisme , dan membantu sistem pencernaan. Akan tetapi jika kita mengkonsumsi buah-buahan terlalu banyak akan menimbulkan berbagai masalah , seperti kelebihan kadar gula di dalam tubuh yang nantinya akan menumpuk menjadi lemak , karena buah mengandung gula yang tinggi dan merupakan jenis karbohidrat monosakarida yang dominan terasa manis.

6.Mitos atau fakta , Tidak boleh makan setelah jam 8 malam ?

Mitos ! Banyak yang beranggapan tidak boleh makan malam saat melakukan diet , sebenarnya bukannya tidak boleh . Hanya saja kita perlu tau makanan yang akan kita konsumsi pada saat malam hari , jika kita tepat dalam mengkonsumsi makanan pada malam hari maka tidak akan menimbulkan masalah kegemukan pada tubuh kita. Pada intinya kita harus mengetahui porsi yang sesuai , kecuali yang kita konsumsi  pada malam hari mengandung lemak tinggi seperti gorengan dan kue maka kedua makanan tersebutlah yang menyebabkan makan pada malam hari membuat tubuh menjadi gendut.

7.Mitos atau fakta , Olahraga berlebihan akan membuat badan cepat kurus ?

Mitos ! Meskipun olahraga baik bagi kesehatan tubuh dan mampu membantu menurunkan berat badan , olah raga yang dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan masalah dan tidak membantu dalam proses penurunan berat badan. Seseorang yang melakukan olahraga berlebihan biasanya sangat ambisius dalam penurunan berat badan dalam jangka pendek.

Hal ini tidaklah benar, karena diet yang tepat dan benar yaitu dengan cara mengatur pola makan dan diimbangi dengan olahraga yang teratur bukan olah raga yang berlebihan . Kita harus membedakan antara olahraga teratur dan olahraga yang berlebihan  ,  olahraga teratur maksudnya melakukan olahraga secara konsisten misalnya 3 kali dalam seminggu , sedangkan olahraga secara berlebihan misalnya jarang melakukan olahraga akan tetapi sekali melakukan olahraga dengan durasi berjam-jam.

8.Mitos atau fakta , tidak sarapan bikin kurus ?

Mitos ! Sarapan sangat penting bagi tubuh karena tubuh akan memulai aktivitas dimulai pada pagi hari sehingga pada saat inilah tubuh memerlukan asupan energi yang didapatkan  dari makanan yang kita konsumsi pada saat sarapan. Meskipun kita sedang menjalankan program diet , kita tidak dianjurkan untuk tidak sarapan. Karena pada  dasarnya sarapan tidak menyebabkan tubuh menjadi gemuk apabila sesuai porsi  yang benar.

9.Mitos atau fakta , Tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak akan menjadi kurus ?

Tidak selalu benar atau Mitos ! Karena lemak juga berperan di dalam tubuh. Peran lemak itu sendiri antara lain sebagai sumber energi , sebagai cadangan makanan ,melindungi organ vital, melarutkan vitamin, dan menyimpan panas tubuh. Dari fungsi lemak diatas  dapat kita ketahui , jika kita kekurangan lemak juga tidak baik. Akan tetapi kita juga harus tau porsi yang sesuai, karena jika kita kelebihan lemak akan menimbulkan masalah.  Lemak  tidak akan membuat tubuh kita menjadi gemuk apabila lemak dikonsumsi tidak berlebihan.

Tips Diet Yang Efektif

Setelah kita mengetahui berbagai Fakta dan Mitos Diet diatas ada beberapa tips dan solusi untuk melakukan diet yang efektif. Antara lain sebagai berikut:

  1. Mengkonsumsi makanan tidak berlebihan , dalam melakukan diet kita tetap harus mendapatkan asupan energi dari makanan , akan tetapi kita harus sesuaikan porsi antara karbohidrat , protein dan lemak yakni sekitar 45% karbohidrat, 25% protein, dan 20% lemak dalam mengkonsumsi makanan.
  2. Olahraga teratur, olahraga dapat meningkatkan pembakaran lemak saat proses metabolisme. jadi , sangat dianjurkan bagi yang melakukan diet untuk melakukan olah raga teratur
  3. Kurangi stres , Banyak orang yang melakukan diet mengalami stres karena merasa berat badannya belum tidak turun-turun dan akhirnya menjadi stres . Dimana pada saat stres tubuh akan merasa lapar dan memicu untuk makan tanpa berhenti.
  4. Hindari kekurangan tidur , Pola tidur yang baik dan benar yaitu 8 jam  dalam sehari , jika   kamlekita tidak kekurangan tidur maka tubuh akan lebih mudah untuk melakukan proses  metabolisme dimana tubuh akan membakar lemak dengan maksimal.