Efek Susu Murni Terhadap Tubuh

Efek Susu Murni Terhadap Tubuh

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.

Dewasa ini, susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Untuk umur produktif, susu membantu pertumbuhan mereka. Sementara itu, untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos. Susu secara alami mengandung nutrisi penting, seperti bermacam-macam vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan zinc, pendapat lain menambahkan bahwa susu mengandung mineral dan lemak. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan minum susu. Sekarang banyak susu yang dikemas dalam bentuk yang unik. Tujuan dari ini agar orang tertarik untuk membeli dan minum susu. Ada juga susu yang berbentuk fermentasi. Berikut ini kami akan memberitahukan anda apasaja Efek Susu Murni Terhadap Tubuh :

  • Efek Susu Murni Terhadap Otot
    Susu murni mengandung protein dengan kualitas yang baik dan sumber energi dalam bentuk lemak jenuh. Lemak jenuh dapat mencegah penguraian massa otot yang dapat digunakan sebagai  energi. Sedangkan protein yang terkandung di dalam susu murni dapat meningkatkan pertumbuhan massa otot dan membantu dalam memperbaiki otot. Bahkan menurut penelitian, dengan meningkatkan konsumsi susu selama berolahraga dapat meningkatkan kekuatan dan massa otot.
  • Efek Susu Murni Terhadap LDL
    Susu murni mengandung cukup banyak lemak jika dibandingkan dengan susu skim atau susu tanpa lemak. Sehingga konsumsi susu ini secara berlebihan dapat meningkatkan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Efek Susu Murni Terhadap Berat Badan
    Anda memiliki kesulitan menaikkan berat badan? Minumlah susu murni. Kandungan lemak dan kalori yang ada di dalam susu murni dapat membantu Anda dalam meningkatkan berat badan. Susu dapat ditambahkan dalam diet Anda terutama bila Anda baru saja selesai menjalani pengobatan kanker atau baru saja sembuh dari sakit yang menyebabkan berat badan turun drastis. Anda bisa mencampurkannya ke dalam kopi, atau makanan Anda.
  • Efek Susu Murni Terhadap Jantung
    Guna menurunkan risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung iskemik, memang diperlukan asupan kalium yang cukup tinggi atau sekitar 4000 mg per hari, menurut satu penelitian. Kalium dapat melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Susu sapi merupakan salah satu sumber kalium karena mengandung cukup tinggi kalium atau sekitar 132 mg. Tapi sayangnya, susu murni juga mengandung kolesterol dan lemak yang bisa membahayakan kesehatan jantung Anda. Jadi bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan jantung, disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi susu murni, untuk mengetahui takaran yang tepat dan tidak membahayakan fungsi jantung.
  • Efek Susu Murni Terhadap Penderita Gangguan Fungsi Ginjal
    Susu memang mengandung ragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi kandungan kaliumnya yang cukup tinggi dapat berbahaya bagi yang memiliki masalah fungsi ginjal. Ginjal yang bermasalah tidak dapat membuang kelebihan kalium dari dalam darah, dan ini dapat membahayakan jiwa.