Cara Diet Penderita Maag

Cara Diet Penderita Maag

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Pantangan Makanan Diet OCD , Cara Diet Untuk Anak Obesitas , Membentuk Otot Lengan Dalam 10 Menit , Tips Diet Sehat Melalui Makanan dan Olahraga , Fakta Tentang Diet Karbohidrat , Buah Diet Khusus Menurunkan Berat Badan , Daftar Makanan Diet Bersifat Alkali , Cara Diet Penderita Maag , Ramuan Alami Untuk Mengecilkan Perut , Jamu Untuk Menurunkan Berat Badan , Cara Diet Detox Secara Alami , Cara Menahan Lapar Tanpa Makan , Khasiat Es Batu Untuk Diet , Cara Membentuk Otot Perut Di Rumah

Cara Diet Penderita Maag

Anda mungkin pernah berulang kali mencoba untuk diet, tapi tidak pernah berhasil karena punya penyakit maag. Terlambat makan sedikit saja, gejala asam lambung langsung kambuh dan bikin perut terasa perih. Padahal, Anda mungkin ingin diet untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Sebenarnya, apakah orang dengan sakit maag benar-benar tidak boleh diet? Kalau boleh, bagaimana cara amannya? Yuk, cari tahu lewat ulasan berikut ini mengenai Cara Diet Penderita Maag :

Cara Diet Penderita Maag

Apalagi diet merupakan program kesehatan yang mengatur pola asupan makan sehari-hari dan identik dengan mengurangi atau menahan rasa lapar. Dengan demikian, maka lambung akan terjadi gangguan karena lambung yang dipaksa untuk diisi segera oleh asupan makanan. Lambung akan susah untuk berproduksi hingga membuat asam lambung terus meningkat. Pencernaan yang mengalami gangguan akan menyebabkan perut kembung, sakit ulu hati, dan gangguan lainnya yang dipicu oleh asam lambung. Selain itu, dinding mukosa dalam lambung juga akan mengalami iritasi hingga membuat rasa mual, perih, dan sakit, diet pun gagal dilakukan. Karena program diet itu suatu kegiatan yang relatif sulit dilakukan.

Padahal lambung sangat penting bagi tubuh yang mampu memproduksi asam lambung untuk membantu mencerna makanan. Namun, jika lambung memproduksi asam lambung secara berlebih, maka menyebabkan masalah pada pencernaan. Karena tubuh akan membutuhkan asam lambung sesuai dengan kebutuhannya.

Berikut ini beberapa cara diet penderita maag dengan aman dan mudah.

1. Menu Diet

Untuk Anda yang memiliki gangguan pencernaan seperti maag, ketika Anda menjalankan program diet, ubah menu makanan Anda. Menu diet untuk maag adalah dengan makan nasi porsi kecil setiap tiga jam sekali dan mengganti camilan dengan buah-buahan yang rendah kalori seperti semangka, melon dan pepaya.

Walaupun diet Anda tidak dianjurkan untuk menunda makan, karena membuat lambung mencerna lapisan dinding lambung yang disebabkan kosongnya perut hingga terjadi tukak atau iritasi lambung. Inilah yang menyebabkan mual dan perih di perut.

2. Hindari Makanan yang Sulit Dicerna

Jika Anda memiliki penyakit maag, tapi Anda ingin melakukan program diet, ada baiknya Anda menghindari makanan yang sulit dicerna seperti makanan dengan kadar lemak yang tinggi yang di antaranya gorengan, cokelat, dan kue tart; makanan pedas seperti cabai paprika, lada, atau merica; dan makanan yang mengandung banyak krim seperti keju, juga makanan lain seperti nangka, sawi, kedondong, pisang ambon, kol, dan buah-buahan yang sudah melalui proses pengeringan. Karena makanan yang keras akan membuat lambung Anda untuk bekerja lebih keras lagi dan membuat lambung tidak bekerja secara optimal. Jika lambung tidak bekerja optimal, maka proses pengosongan perut akan semakin sulit.

Selain itu Anda juga perlu menghindari minuman yang mengandung gas atau soda. Selain minuman gas soda, Anda juga perlu menghindari kopi dan alkohol walau sebatas anggur putih. Juga minuman sari buah sitrus yang keasamannya membuat asam lambung akan semakin naik. Hindari juga buah-buah yang mengandung asam seperti mangga, manggis, dan lain sebagainya.

3. Olahraga Secara Rutin

Cobalah untuk sering menggerakkan badan seperti olahraga kecil. Olahraga kecil pun bisa Anda lakukan dengan cara jalan kaki selama setengah jam setiap harinya. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari sebagai pembakar lemak dalam tubuh Anda. Namun jika Anda melakukan olahraga, semakin maksimal akan semakin membantu Anda dalam menjalankan program diet Anda. Olahrga selain lari kecil, Anda juga bisa melakukannya dengan bersepeda, jalan-jalan, atau melakukan gerakan-gerakan kecil di tempat.

4. Obat Maag

Selain menjalankan program diet dengan pola makanan atau menu diet yang sehat, Anda juga perlu mengobati penyakit maag Anda dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari biji-bijian seperti biji pepaya yang kaya akan serat. Caranya pun cukup mudah, cuku ambil biji pepaya secukupnya dan jemur hingga kering. Kemudian tumbuk sampai halus lalu diseduh. Anda minum air sarinya secara teratur setiap hari.

Namun, jika perut masih terasa sakit karena maag, Anda perlu mencobanya dengan menggunakan daun-daunan dan rempah-rempah dengan menyiapkan 5 gram daun pepaya, 10 gram daun seruni putih, 10 gram daun pegangan, 5 gram kencur, 5 gram sembung. Tumbuk bahan-bahan tersebut sampai halus, lalu minum sarinya.

5. Hindari Rokok

Cara diet bagi penderita maag yang selanjutnya adalah menghindari rokok. Diet merupakan program untuk menyehatkan badan sehingga menggunakan pola hidup sehat untuk melakukan program tersebut. Dengan kata lain Anda perlu mengatur pola hidup Anda dengan benar. Merokok merupakan pola hidup yang tidak sehat. Karena dapat memicu terjadinya asam dan gas yang berlebih dalam lambung yang menyebabkan kembung, mual, juga nyeri. Selain itu juga menambah sekresi asam lambung yang membuat penyakit maag semakin parah dan munculnya iritasi lambung.

6. Lakukan Bertahap

Dalam melakukan progam diet dengan kondisi memiliki penyakit maag sebaiknya Anda melakukannya secara bertahap bukan dengan melakukannya secara drastis yang membuat Anda memaksa diri Anda sendiri. Lakukan diet secara bertahap dengan target. Katakanlah di tahap pertama Anda menentukan turun berat badan dari 5 sampai 10 persen. Jika sukses lanjutkan ke tahap berikutnya dan lakukan secara konsisten.

7. Mengurangi Porsi Makan

Anda perlu mengurangi porsi makan Anda hingga sepertiga atau setengahnya dari porsi yang biasa Anda lakukan. Diperlukan juga sebagai tambahan Anda dapat meminym susu nonfat tanpa gula atau dengan minum teh hangat tanpa gula. Jangan makan makanan yang mengandung minyak dan santan.

8. Pola Tidur

Tidak hanya pola makan yang diatur, pola istirahat atau pola tidur pun juga perlu diatur dalam menjalankan program diet. Jangan sampai Anda terlalu terlena dengan mengatur pola makan Anda, tapi lupa dengan pola tidur Anda sendiri yang padahal juga menunjang bagi kesehatan dan lancarnya program diet. Dengan mengatur pola istirahat yang cukup dapat membantu program diet Anda berjalan dengan baik dan sehat. Karena perlu Anda ketahui bahwa penyakit maag juga bisa terjadi karena kurangnya pola tidur seseorang. Di mana ketika tidur, lambung bekerja secara lebih cepat, namun lambung bekerja secara cepat tidak sesuai dengan waktunya. Usahakan untuk tidur selama tujuh sampi delapan jam per harinya. Waktu itu sudah cukup bagi seseorang yang normal dalam menjalani pola hidup yang sehat. Sehingga, jangan sering begadang jika tidak diperlukan.

Mungkin hanya itu beberapa cara yang bisa kita sampaikan untuk Anda yang ingin menjalankan program diet namun terhambat karena penyakit maag yang Anda miliki. Selain sukses menjalankan program diet, cara-cara di atas Anda juga dapat mengobati penyakit maag Anda bukan?

Selain menggunakan cara-cara di atas, Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan obat maag atau program diet yang cocok untuk Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan obat herbal yang mulai marak di lingkungan kita dengan berbagai informasi yang terpercaya dan terbukti sumbernya.