Cara Diet Nasi Yang Benar

Cara Diet Nasi Yang Benar

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Pantangan Makanan Diet OCD , Cara Diet Untuk Anak Obesitas , Makanan Karbo Komplex , Cara Membuat Bubur Kentang Untuk Diet , Cara Diet Dengan Susu , Cara Diet Dengan Susu Kedelai , Jamu Untuk Menurunkan Berat Badan , Manfaat Teh Pahit Untuk Diet , Manfaat Garcia Untuk Diet , Khasiat Mengkudu Untuk Diet , Buah Yang Mengenyangkan Saat Diet , Khasiat Mangga Untuk Diet , Manfaat Olahraga Side plank , Makanan Rendah Kalori Tinggi Protein , Bahaya Diet Atkins , Fungsi Karbohidrat Untuk Otot  Manfaat You C1000 Untuk Diet , Manfaat Olahraga Kardio , Olahraga yang Tepat untuk Menurunkan BB , Jenis Jenis Sit Up , Aturan Diet Mediterania , Diet Makanan Rebus , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Khasiat Pir Untuk Diet Sehat , Cara Diet Fat Loss , Fungsi Karbohidrat Kompleks , Buah Yang Mengenyangkan Untuk Diet , Khasiat Buah Langsat Untuk Diet , Cara Diet Nasi Yang Benar , Makanan Yang Bikin Gagal Diet , Khasiat Daun Sirih Untuk Diet , Khasiat Daun Binahong Untuk Diet , Pantangan Diet Vegetarian , Menu Dan Resep Masakan Vegetarian , Cara Diet Frutarian , Khasiat Roti Tawar Untuk Diet , Manfaat Body Pump , Pantangan Diet Mengecilkan Perut

Cara Diet Nasi Yang Benar

Nasi adalah beras (atau kadang-kadang serealia lain) yang telah direbus (dan ditanak). Proses perebusan beras dikenal juga sebagai ‘tim’. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lunak tetapi tetap terjaga konsistensinya. Pembuatan nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur.

Warna nasi yang telah masak (tanak) berbeda-beda tergantung dari jenis beras yang digunakan. Pada umumnya, warna nasi adalah putih bila beras yang digunakan berwarna putih. Beras merah atau beras hitam akan menghasilkan warna nasi yang serupa dengan warna berasnya. Kandungan amilosa yang rendah pada pati beras akan menghasilkan nasi yang cenderung lebih transparan dan lengket. Ketan, yang patinya hanya mengandung sedikit amilosa dan hampir semuanya berupa amilopektin, memiliki sifat semacam itu. Beras Jepang (japonica) untuk sushi mengandung kadar amilosa sekitar 12-15% sehingga nasinya lebih lengket daripada nasi yang dikonsumsi di Asia Tropika, yang kadar amilosanya sekitar 20%. Pada umumnya, beras dengan kadar amilosa lebih dari 24% akan menghasilkan nasi yang ‘pera’ (tidak lekat, keras, dan mudah terpisah-pisah).

Nasi dimakan oleh sebagian besar penduduk Asia sebagai sumber karbohidrat utama dalam menu sehari-hari. Nasi sebagai makanan pokokbiasanya dihidangkan bersama lauk sebagai pelengkap rasa dan juga melengkapi kebutuhan gizi seseorang. Nasi dapat diolah lagi bersama bahan makanan lain menjadi masakan baru, seperti pada nasi goreng, nasi kuning atau nasi kebuli. Nasi bisa dikatakan makanan pokok bagi masyarakat di Asia, khususnya Asia Tenggara. Nah berikut ini kami akan memberikan anda Cara Diet Nasi Yang Benar :

  • Cari Tahu Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan

Selain nasi, anda juga harus mencari tahu makanan lain yang boleh dan tidak boleh dimakan. Pastikan anda untuk mencari sumber makanan lain yang cukup untuk menunjang gizi anda. Beberapa sayuran segar, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, makanan sumber protein, dan makanan rendah lemak menjadi daftar makanan yang boleh anda santap.

Anda harus mencari makanan yang dapat mengenyangkan anda selama menjalani proses diet, seperti sayuran pengganti nasi dan sumber makanan yang mengandung karbohidrat, seperti jagung atau ubi.

Perhatikan juga makanan seperti gorengan yang menjadi pantangan dalam diet nasi. Bahaya gorengan untuk diet adalah bisa membuat lemak di dalam tubuh meningkat karena gorengan mengandung banyak lemak.

  • Jangan Mengonsumsi Alkohol

Cara diet nasi yang benar dilakukan dengan tidak mengkonsumsi alkohol. Alkohol bisa mengganggu proses metabolisme di dalam tubuh yang membuat tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan saat diet. Selain itu, alkohol juga mengganggu proses pembakaran lemak di dalam tubuh anda.

  • Tetapkan Porsi Makanan yang Dimakan

Cara diet nasi yang benar berikutnya adalah menetapkan banyaknya jumlah makanan yang boleh anda konsumsi setiap hari. Anda mungkin akan mengalami efek samping diet tidak makan nasi, seperti kelelahan. Hal ini wajar jika anda sudah terbiasa makan nasi sehari-hari. Meskipun tidak makan nasi, pastikan anda untuk mendapatkan sumber karbohidrat pengganti nasi yang sesuai.

Anda juga harus tetap membatasi jumlah konsumsi makanan tersebut agar tidak sampai menyebabkan berat badan anda naik. Anda bisa mengkonsumsi gandum, sereal, ubi-ubian, dan makanan lainnya sebagai pengganti nasi. Perbanyak juga makanan yang mengandung serat tinggi untuk membuat anda tetap kenyang, namun tidak menaikan berat badan anda.

  • Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Diet nasi umumnya disarankan untuk anda yang menderita diabetes atau hipertensi. Diet ini menjadi bagian dari pengobatan penyakit yang anda lakukan. Normalnya, pakar kesehatan akan menyarankan anda untuk membakar kalori 800-1200 per harinya selama proses diet. Jumlah kalori yang akan anda konsumsi adalah sekitar 2000 kalori.

Jika anda ingin mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori kurang dari 1200, anda harus berkonsultasi dan menjalani diet di bawah pengawasan profesional kesehatan. Mereka akan menyarankan cara diet nasi yang benar agar kesehatan anda tetap prima. Karena bahaya diet yang salah bisa membuat anda mengalami berbagai gangguan kesehatan serius.

Selain dengan beberapa cara tersebut, anda juga harus melakukan olahraga selama menjalankan diet nasi. Bagi anda yang sudah terbiasa mengonsumsi nasi, penting untuk mencari cara mengurangi makan nasi agar tubuh anda tidak terlalu stress dengan diet yang dijalankan. Salah satunya tentu dengan menemukan menu sehat untuk diet seperti makanan dari gandum dan jelai.