Vitamin Yang Mampu Mengurangi Nafsu Makan

Vitamin Yang Mampu Mengurangi Nafsu Makan

Selain makronutrien seperti protein, karbohidrat, dan lemak, kamu tentunya juga mengenal mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Vitamin punya peranan penting dalam mendukung agar tubuhmu berfungsi sebagaimana mestinya. Kurangnya asupan vitamin tertentu jelas bisa berdampak bagi tubuh kita, bahkan memicu beberapa masalah kesehatan.

Di samping perannya yang penting, vitamin tertentu ternyata memiliki kemampuan untuk mendukung dietmu. Antara lain dengan cara mengurangi nafsu makan, meningkatkan metabolisme, sampai ikut berperan dalam mengurangi kadar lemak tubuh. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa informasi mengenai Vitamin Yang Mampu Mengurangi Nafsu Makan.

1. Asam Lemak Omega-3 tak cuma baik bagi jantung, ia juga dapat membuat nafsu makanmu pergi jauh-jauh.

Salmon yang kaya Omega-3 via tentree.com

Salah satu mikronutrien yang sangat bermanfaat untuk mengurangi nafsu makan dan mengelola berat badanmu adalah asam lemak Omega-3. Omega-3 menyediakan nutrisi esensial yang diperlukan ketika kamu mengurangi asupan kalori. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan Omega-3 dapat membantumu untuk mengurangi nafsu makan secara signifikan. Kamu pun juga jadi gak mudah lapar.

Tak hanya itu, Omega-3 juga baik untuk mendukung kesehatan sistem kardiovaskular dan saraf, meningkatkan mood dan fungsi kognitif, serta membuat kulitmu lebih segar, Dapatkan asam lemak Omega-3 dari ikan laut seperti sarden, tuna, dan salmon.

2. Ketika tengah berusaha mendapatkan berat badan ideal, vitamin B komplek layak kamu andalkan.

Vitamin B kompleks dari daging via rachelzwaltondotcom.wordpress.com

Jangan remehkan peranh vitamin B kompleks bagi dietmu. Vitamin B seperti B1, B3, B5, dan B6 mampu membantumu mengabaikan makanan yang tampak menggoda.

Vitamin B3 menjadi komponen dalam mengatur toleransi glukosa dan menstabilkan naik turunnya kadar gula darah, sehingga dapat menormalkan nafsu makanmu. Vitamin B5 memainkan peran penting dalam produksi energi dan fungsi adrenal untuk meningkatkan efek penurunan berat badan saat diet.

Sementara, vitamin B6 berkontribusi dalam produksi serotonin yang membantu mengontrol rasa lapar. Pastikan kamu mendapatkan asupan vitamin B yang cukup dengan mengkonsumsi daging, gandum utuh, serta kacang-kacangan.

3. Selain menghalau sariawan, vitamin C ternyata mampu mengurangi nafsu makan dan mencegah kecanduan makanan.

Vitamin C via www.wedio.in

Seperti halnya vitamin B6, vitamin C juga berperan dalam produksi serotonin yang mengatur rasa lapar. Bahkan suplemen vitamin C yang juga mengandung kalsium dan magnesium ternyata dapat membantu mencegah kecanduan terhadap makanan.

Kamu bisa mencukupi asupan vitamin C harian dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk, jeruk bali, kiwi, serta sayur-sayuran seperti cabai, brokoli, bayam, tomat, dan polong-polongan.

4. Kekurangan asupan vitamin D ternyata juga berpengaruh terhadap rasa laparmu.

Sun bathing in the morning

Menurut penelitian, kekurangan vitamin D ternyata bisa bikin kamu gampang lapar, lho. Tingkat vitamin D yang rendah berhubungan dengan tingginya kadar leptin, yaitu hormon yang dapat menekan rasa lapar. Nah, kadar leptin yang terlalu tinggi ternyata bisa menyebabkan tubuhmu resisten terhadap hormon tersebut, yang menyebabkan makanmu jadi gak terkendali.

Makanya, sebelum itu terjadi, pastikan kamu memperoleh asupan vitamin D yang cukup dari susu dan yogurt yang telah diperkaya, kuning telur, dan ikan lemak seperti salmon. Plus, rajin-rajinlah berjemur tiap pagi!

Nah, kehadiran vitamin-vitamin di atas dalam dietmu tentunya gak boleh diremehkan, ‘kan? Semoga bermanfaat