Tips Sehat Untuk Diet Rendah Garam

Tips Sehat Untuk Diet Rendah Garam

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Pantangan Makanan Diet OCD , Cara Diet Untuk Anak Obesitas , Makanan Karbo Komplex , Cara Membuat Bubur Kentang Untuk Diet , Cara Diet Dengan Susu , Cara Diet Dengan Susu Kedelai , Jamu Untuk Menurunkan Berat Badan , Manfaat Teh Pahit Untuk Diet , Manfaat Garcia Untuk Diet , Khasiat Mengkudu Untuk Diet , Buah Yang Mengenyangkan Saat Diet , Khasiat Mangga Untuk Diet , Manfaat Olahraga Side plank , Makanan Rendah Kalori Tinggi Protein , Khasiat Daun Jati Cina Untuk Diet , Diet Tanpa Olahraga , Khasiat Daun Peterseli Untuk Diet , Diet Puasa Untuk Menurunkan Berat Badan , Khasiat Daun Singkong Untuk Diet , Diet Raw Food , Manfaat Edamame Untuk Diet Sehat , Fakta Minyak Kelapa Untuk Diet , Khasiat Buah Delima Untuk Diet , Ragam Olahraga Untuk Diet Yang Maksimal , Tips Mengecilkan Perut Dalam Waktu Singkat , Diet Yang Menyehatkan Dan Menurunkan BB , Rahasia Diet Member BLACKPINK , Efek Samping Diet Lemon , Metode Cepat Turunkan BB Dalam 7 Hari , Cara Diet Sehat ala Anak Kos , Pilihan Terbaik Sayuran Untuk Diet , Cara Menghilangkan Lemak Di Leher , Makanan Penurun Berat Badan Super Cepat , 20 Olahraga Menurunkan Berat Badan , 20 Olahraga Mengecilkan Perut , 10 Makanan Yang Bikin Gemuk , 10 Olahraga Mengecilkan Paha , Olahraga Mengecilkan Lengan , Bahaya Obesitas Terhadap Kesehatan , Penyakit Akibat Kekurangan Lemak , Bahaya Korset Pelangsing , Bahaya Sedot Lemak Bagi Tubuh , Akibat Kelebihan Lemak Dalam Tubuh , Efek Kelebihan Protein Pada Tubuh , Sayuran Untuk Diabetes , Makanan Untuk Mencegah Diabetes , Efek Samping Obat Pelangsing , Bahaya Lemak Di Perut Bagi Tubuh ,  Bahaya Obesitas Terhadap Kesehatan , Bahaya Korset Pelangsing , Tips Sehat Untuk Diet Rendah Garam , Diet DASH Untuk Penderita Hipertensi , Manfaat Kacang Tanah Diet , Cara Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu

Tips Sehat Untuk Diet Rendah Garam

Diet rendah garam adalah untuk membantu mengurangi penimbunan garam dan air dalam tubuh. Meskipun sangat penting untuk kesehatan, garam makanan terkadang perlu dibatasi dalam keadaan tertentu, yang biasanya diresepkan untuk orang dengan kondisi medis tertentu, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), gagal jantung, dan penyakit ginjal.

Sodium atau natrium (NaCl) adalah mineral penting yang memiliki banyak fungsi untuk tubuh, termasuk fungsi seluler, pengaturan cairan, keseimbangan elektrolit, dan menjaga tekanan darah.

Natrium atau nama awamnya dikenal dengan garam ini sebagian besar ditemukan secara alami dalam makanan seperti buah, sayuran, daging, dan susu, meskipun dalam jumlah yang jauh lebih rendah. Natrium juga merupakan komponen utama garam meja (natrium klorida). Mineral ini sangat penting bagi tubuh, karena ginjal mengatur kadarnya dengan ketat berdasarkan konsentrasi (osmolaritas) cairan dalam tubuh.

Garam paling banyak dalam makanan olahan dan kemasan seperti keripik, makan beku dan makanan cepat saji, karena garam ditambahkan selama proses untuk meningkatkan cita rasa makanan. Ditambah lagi, biasanya garam akan ditambahkan pada makanan sebagai bumbu masakan.

Inilah alasan mengapa perlu diet rendah garam pada makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Dokter biasanya merekomendasikan diet ini untuk mengatasi kondisi penyakit seperti hipertensi dan penyakit jantung.Nah pada bahasan kita kali ini kami akan membahas mengenai Tips Sehat Untuk Diet Rendah Garam :

  • Pilih produk makanan dan minuman rendah garam

Anda bisa menghitung kandungan sodium pada daftar nutrisi yang tertera di label makanan atau minuman yang Anda beli. Bandingkan satu produk dengan produk lain yang ingin dibeli  dengan melihat kandungan sodium lebih rendah. Jika Anda makan di restoran, Anda bisa meminta agar jumlah pemakaian garam dikurangi.

  • Batasi penggunaan bumbu dan saus

Pilih rempah-rempah kering yang belum diberi tambahan garam sebagai bumbu masakan. Untuk menggantikan penambahan garam, Anda bisa menambahkan bumbu-bumbu seperti lada, ketumbar, jahe, daun timi, oregano, dan mustard kering secukupnya. Untuk melengkapi rasa, batasi pemakaian saus yang mengandung sodium seperti kecap, saus barbekyu, saus teriyaki, dan saus tiram.

  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Beberapa jenis sayur dan buah-buahan memiliki kandungan sodium yang rendah. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang segar seperti tomat, wortel, bayam, brokoli, seledri, selada, bawang bombay, apel, jeruk, jeruk nipis, dan pisang.

  • Kurangi pemakaian garam dalam resep masakan

Mulai sekarang, kurangi pemakaian garam ketika memasak hidangan di dapur. Untuk menghilangkan garam yang menempel pada makanan kaleng, cuci bahan-bahan sampai bersih sebelum mulai memasak. Gunakan mentega tanpa garam untuk memasak makanan tertentu, serta hindari penambahan garam saat menanak nasi atau merebus pasta.

Jika Anda memiliki waktu luang, tentu akan lebih mudah untuk menjalankan diet ini dengan memasak sendiri makanan Anda di rumah. Banyak jenis masakan yang bisa menjadi pilihan Anda untuk hidup lebih sehat. Berikut ini dua contoh variasi menu yang cocok bagi Anda yang ingin atau sedang menjalani diet rendah garam:

  • Oatmeal pisang kacang: Resep ini cocok untuk mengawali aktivitas pagi Anda. Siapkan ½ cangkir oatmeal (biji-bijian berserat tinggi), potongan walnut, pisang, kayu manis, dan air secukupnya. Kemudian, masukkan potongan pisang, walnut, oatmeal, kayu manis, dan air secukupnya ke dalam mangkuk. Lalu, panggang dengan oven pada tingkat panas yang tinggi selama 3 menit. Voila, Anda bisa menikmati sarapan sehat dengan total 310 kalori, 9 gram serat, dan minim kadar sodium.
  • Salad tomat panggang: Camilan sehat bisa didapatkan dari olahan tomat. Buah tomat diperkaya kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, serta vitamin E. Caranya, tumis paprika dan bawang putih dengan sedikit minyak zaitun kurang lebih empat menit. Lalu, tuang ke dalam mangkuk dan campurkan krim susu secukupnya. Setelah itu, panggang tomat, putih telur, dan panko atau tepung panir (sejenis tepung roti) hingga matang dan berwarna kecokelatan. Sajikan salad tomat dengan ditumpuk di atas piring. Renyah dan lezatnya tomat panggang mengandung 65 miligram sodium dan rendah kolesterol.

Perlu diketahui, kandungan garam juga bisa ditemui di beberapa suplemen vitamin dan obat penghilang rasa sakit. Jumlah yang paling sedikit mencapai satu gram garam per tablet. Untuk menghindari adanya risiko komplikasi saat menjalani diet rendah garam, konsultasikan terlebih dulu kepada dokter Anda untuk memperoleh solusi yang tepat.