Tips Olahraga Saat Berpuasa

Tips Olahraga Saat Berpuasa

Bulan Ramadan adalah bulan yang unik di mana umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Antara waktu tersebut, kurang lebih selama 13 jam, tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman dari luar.

Selain waktu makan, makanan yang dimakan saat bulan Ramadan biasanya berbeda dari biasanya karena terdapat tradisi makan makanan tertentu yang hanya ada di bulan Ramadan, seperti kolak, kurma, dan es blewah. Perubahan pola makan ini dapat mempengaruhi fungsi tubuh.

Banyak orang yang tetap melakukan olahraga untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap bugar di bulan Ramadan. Selain itu, juga ada atlit yang tetap melakukan latihan di bulan Ramadan untuk persiapan kompetisi. Olahraga memang membawa pengaruh positif pada tubuh, antara lain untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Nah berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Tips Olahraga Saat Berpuasa.

1. Pilih waktu yang tepat, sebelum berbuka puasa

5 Tips Olahraga Saat Berpuasa yang Bisa Kamu Coba

Menurut ahli gizi, waktu terbaik untuk berolahraga selama berpuasa adalah tepat sebelum matahari terbenam atau sebelum Magrib. Kamu bahkan dapat melakukan jenis latihan yang intens karena sebentar lagi akan berbuka.

Namun jika nggak dapat melakukannya di waktu tersebut, para ahli menyarankan alternatif waktu lainnya, yaitu satu jam setelah makan. Sebab pada waktu tersebut, tubuh telah mencerna sebagian makanan dan memiliki tenaga cukup.

Waktu yang nggak disarankan untuk berolahraga adalah siang hari. Namun jika hanya itu waktu senggang yang kamu miliki, coba berolahraga dengan melakukan jenis latihan ringan dan hanya selama 20-30 menit.

2. Lama waktu olahraga

5 Tips Olahraga Saat Berpuasa yang Bisa Kamu Coba

Jika ingin berolahraga satu jam sebelum atau setelah makan, kamu dapat berolahraga selama mungkin semampumu. Para ahli menyarankan untuk memulai olahraga dengan rentang waktu 30 menit di awal-awal berpuasa. Setelah melatih daya tahan tubuh, kamu dapat berolahraga dengan waktu yang lebih lama.

3. Memilih jenis latihan yang sesuai

5 Tips Olahraga Saat Berpuasa yang Bisa Kamu Coba

Menurut para ahli, Ramadan bukan waktu yang tepat untuk mendorong batas daya tahan tubuh atau mencetak rekor pribadi baru. Melainkan, ini menjadi waktu yang tepat untuk menjaga atau melanjutkan rutinitas latihanmu sebelumnya. Asalkan nggak melibatkan aktivitas fisik yang intens.

Kamu yang berpuasa disarankan untuk melakukan jenis latihan kekuatan dan kardio ringan. Jika ingin melakukan latihan kardio yang berat, disarankan untuk melakukannya setelah berbuka puasa. Kalau nggak terbiasa berolahraga sebelumnya, sebaiknya melakukan kegiatan fisik yang ringan seperti jalan atau perenggangan otot.

4. Makanan yang harus dikonsumsi

5 Tips Olahraga Saat Berpuasa yang Bisa Kamu Coba

Mengonsumsi makanan yang tepat berperan penting untuk kesehatan tubuh, terutama bagi kamu yang berolahraga. Sebab, makan akan memberikan tubuhmu energi yang cukup untuk berkegiatan sepanjang hari. Jadi, apa yang sebaiknya perlu dikonsumsi untuk kamu yang berolahraga?

Para ahli mengatakan kalau smoothies adalah jenis makanan yang cocok untuk kamu santap karena memiliki banyak nutrisi dalam satu porsinya. Pastikan melengkapi semangkuk smoothies dengan buah, sayuran, biji-bijian, dan peanut butter. Jangan lupa juga mengonsumsi jenis makanan yang kaya protein karena itu bermanfaat untuk mengisi energimu.

Selain itu, hindari makan berlebihan, terutama saat berbuka puasa. Makan sesuatu yang ringan dan sehat saat berbuka, dan santap makanan yang lebih berat setelah beribadah.

5. Menjaga hidrasi tubuh

5 Tips Olahraga Saat Berpuasa yang Bisa Kamu Coba

Tubuh akan mengalami dehidrasi setelah berolahraga, apalagi sedang berpuasa. Karena itu, para ahli menyarankan untuk meminum air kelapa setelah berolahraga. Lalu ketika berbuka, santap beberapa kurma dan dua gelas air.

Jangan menyantap terlalu banyak makanan hanya karena merasa lapar. Sebab, rasa haus terkadang sering diartikan tubuh sebagai rasa lapar. Jadi, minum air saat berbuka dapat mencegah makan berlebihan.

Selain itu, konsumsi makanan yang kaya zat air untuk menjaga hidrasi tubuh, seperti buah semangka dan salad. Sup juga merupakan makanan tepat untuk menjaga hidrasi tubuh, serta terdapat bahan makanan lain seperti sayuran dan daging sehingga dapat memberikan gizi baik lainnya yang dibutuhkan.

Itulah tips olahraga saat berpuasa yang dapat kamu coba. Kuncinya, pilih waktu yang tepat untuk berolahraga dan hindari jenis latihan fisik yang intens. Jaga pola makan dan minum sehingga energi tubuh tetap terjaga dan sehat selalu di bulan Ramadan ini. Selamat berpuasa dan selamat berolahraga!