Tips Diet Tanpa Olahraga

Tips Diet Tanpa Olahraga

Image result for Tips Diet Tanpa Olahraga

Apakah saat ini kamu sedang menjalani program penurunan berat badan? Apakah kamu rutin menjadwalkan olahraga? Jika ya, berhasilkah cara itu? Terkadang kita sudah berusaha keras untuk menurunkan berat badan, seperti rutin melakukan olahraga kardio, tetapi untuk turun 1 kg saja rasanya sulit. Wajar jika banyak orang mencari berbagai cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Jika ada cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, kamu pasti ingin mencobanya, bukan? Memang tanpa olahraga berat badan tidak akan serta merta mengalami penurunan yang drastis. Namun, bagi yang tidak memiliki waktu berolahraga, Berikut adalah beberapa Tips Diet Tanpa Olahraga :

1. Kurangi Komsumsi Karbohidrat dan Gula

Cara diet tanpa olahraga dalam seminggu bisa anda lakukan dengan mengurangi konsumsi gula dan karbo, ini super ampuh. Jika anda sering sekali banyak mengkomsusmsi nasi dan makanan manis yang mengandung banyak gula, secepatnya anda harus cepat mulai menguranginya sekarang.

Ini disebabkan karbohidrat dan gula bisa menambah hormon insulin. Meskipun hormon insulin berguna untuk menstabilkan gula darah. Namun, jika anda terlalu banyak dan berlebihan mengkonsumsi karbohidrat dan gula berlebihan secara terus-menerus, lemak akan semakin banyak tertumpuk. Dengan mengurangi karbohidrat dan gula anda bisa menjauhkan dari berbagai macam penyakit seperti gula, jantung, ginjal.

2. Mengkonsumsi Sayur dan Buah-buahan

Mengkonsumsi lebih banyak sayuran juga bisa menjadi salah satu cara menguruskan badan dalam 1 minggu. Beberapa jenis sayuran seperti mentimun, selada, kubis, seledri, bunga kol, brokoli, dan bayam mampu membantu anda melancarkan program diet dan juga menjaga kesehatan tubuh. Meskipun anda mengkonsumsi sayuran dalam jumlah yang cukup banyak, namun anda tidak perlu khawatir karena Anda tidak akan mengalami kegemukan atau obesitas.

3. Banyaknya Meminum Air Putih

Air merupakan salah satu komponen dalam tubuh kita yang sangat penting. Rata-rata orang harus meminum air putih minimal 2 liter dalam satu hari untuk orang dewasa. Kurangnya minum air putih dapat menyebabkan berbagai penyakit. Metabolisme tubuh yang lancar akan menyebabkan berat badan bergerak ke arah berat ideal. Cobalah, meminum 8 gelas perhari, ini dapat membantu metabolisme tubuh agar kembali lancar.

4. Mengubah Karbohidrat Dengan Karbohidrat Kompleks

Mungkin banyak orang yang masih menkonsumsi nasi putih, padahal nasi putih dapat digantikan dengan nasi merah atau yang kita sebut beras merah. Kandungan beras merah yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anda. Riset, membuktikan bahwa kandungan dari beras merah banyak sekali seratnya dari pada nasi putih yang hanya banyak karbohidratnya dibandingkan serat yang dikandung dalam dalam beras merah. (Baca juga: Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi Dan Penyakitnya)

5. Mengatur Pola Makan

Mungkin sebagian orang bilang mengatur pola makan sangat susah atau rumit, ini dikarenakan banyak orang yang terlalu makan yang banyak pada awal sarapan. Agar berat badan dapat turun secara cepat. Kita harus mengkonsumsi makanan 300-400 kalori. Berikut 7 pola hari makan kita yang dapat dilakukan setiap hari:- hari pertama mengkonsumsi makanan sehat dan ringan, seperti buah-buahan

  • hari kedua mengkonsumsi sayuran yang sehat dan segar
  • hari ketiga mengkonsumsi sayuran dan buah dengan cara di kombinasikan menjadi satu
  • hari keempat menkonsumsi buah pisang dan susu saja
  • hari kelima mengkonsumsi semangkuk nasi merah dengan ditambah tomat
  • hari keenam mengkonsumsi yogurt, dan salad
  • hari ketujuh mengkonsumsi jus kombinasi seperti pepaya, jambu, strawberry.

6. Hindari Minuman Bersoda

Hampir semua orang sangat suka meminum- minuman bersoda apalagi salah satunya adalah wanita. Wanita yang terlalu sering minum minuman bersoda akan lebih besar kemungkinannya terkena obesitas, diabetes atau osteoporosis. Ini karena, minuman bersoda yang banyak sekali gula dalam minumannya.

7. Berhenti mengkonsumsi Junk Food

Makanan cepat saji akan kalori yang kebanyakan berasal dari lemak. Bahkan, satu porsi makanan cepat saji terutama yang jenis junk food mengandung seluruh jumlah kalori yang kita butuhkan dalam satu hari. Jangan konsumsi makanan cepat saji dan berat badan Anda akan berkurang dalam seminggu. Junk food dapat digantikan dengan makanan ayam yang direbus lalu di tumis.

8. Hindari Makanan yang digoreng atau Mengandung banyak minyak

Makanan yang digoreng atau yang mengandung banyak minyak dapat menyimpan lemak trans. Hal, ini dapat menyebabkan kita bisa meningkatkan penyakit kolesterol. Cara menggatinya usahakan dalam memasak menggunakan sedikit minyak.

9. Hindari Makan Malam atau Menjelang Waktu Tidur

Banyak orang yang sering makan malam menjelang itu, padahal itu sangat tidak dianjurkan oleh dokter. karena makanan yang tertimbun di tubuh kita tidak dibakar untuk menjadi aktivitas, ini akan menyebabkan timbulnya lemak yang timbul disekitar tubuh kita. Mengganti makan malam dengan sayur yang direbus tanpa nasi.

10. Hindari Camilan

Hampir semua orang pasti sangat suka dengan camilan apalagi wanita, dikarenakan camilan mampu menganjal lapar kita sementara. Tapi tahukah kalian kalori yang ada di camilan hampir sama besarnya jika kita memakan nasi. Itu disebabkan banyak sekali orang yang bertubuh berlebih sering mengkonsumsi camilan. Mengganti camilan dengan buah.

11. Makan Dalam Porsi Kecil

Makan dalam jumlah porsi yang sedikit ini dapat membantu anda yang ingin diet tanpa olahraga, karena kalori yang kita makan akan berkurang didalam tubuh. Dan kalori yang berlebihan akan tertimbul lemak.

12. Mengunyah Makan Dengan Halus

Karena makanan yang sebelum masuk pencernaan akan dikunyah oleh gigi terlebih dahulu. Mengunyah dengan halus sangat bermanfaat untuk tidak sakit perut, dan baik juga untuk pencernaan kita karena dapat mengenyangkan makanan kita lebih lama.

13. Berjalan Kaki

Bagi anda yang tidak suka dalam berolahraga, mungkin tips berjalan kaki dapat dilakukan banyak orang, terutama orang yang bekerja. Itu dikarenakan mereka yang tidak ada waktu untuk berolahraga. Berlari juga merupakan salah satu latihan yang cocok untuk menurunkan berat badan.

14. Memakan Makanan Yang Banyak Serat

Makanan serat juga berperan penting untuk menurunkan berat badan kita. Untuk mendapatkan serat, kita bisa mendapatkannya dari sayur-sayuran, buah-buahan, serta beras merah yang banyak sekali mengandung serat.

15. Kurangi Makanan Yang Manis

Cara diet tanpa olahraga tanpa mengurangi makan adalah dengan mengurangi asupan makanan manis. Makanan manis memberikan energi yang lebih besar dari pada kalori atau pun protein. Namun, meningkatkan glukosa dalam tubuh akibat makanan manis juga tidak baik bagi kesehatan, khususnya untuk berat badan kamu. Sebaiknya mulai sekarang kurangi makanan yang manis-manis. Sebut saja seperti teh manis, kue brownies, donat, minuman bersoda, dan sejenisnya.

16. Makanan Yang Mengandung Lada atau Merica

Lada atau merica dapat membantu membakar lemak berlebihan yang ada di usus besar saat kita tidur. Khasiat pembakaran ini juga berlaku untuk cabe, karena mereka sama-sama menimbulkan sensasi pedas dan panas. Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin menguruskan badan tak ada salahnya mencampur lada dan bubuk cabe ke setiap makanan yang hendak dikonsumsi. Namun, apabila terlalu banyak mengkonsumsi ini dapat menyebabkan peradangan di usus.

Menu Makanan Diet Tanpa Olahraga

Makanan merupakan salah satu dari kebutuhan makhluk hidup setiap hari. Apabila anda menghindari makanan anda atau mengurangi sarapan anda, ini juga dapat menyebabkan penyakit bagi tubuh anda. Cara yang terbaik adalah dengan tetap melakukan makan, namun tetap dikurangi batas kalorinya. Namun, berbeda bagi orang diet, ini dikarenakan mereka pasti mempunyai tips-tips makan yang di konsumsi untuk diet. Karena apabila mereka salah memilih menu yang mereka makan ini dapat berbahaya bagi mereka. Nah, berikut tips makanan yang sangat bagus dikonsumsi untuk yang sedang menjalankan diet.

1. Sarapan

Sarapan sangat penting untuk tubuh kita, karena sarapan penting dalam proses penurunan berat badan. Banyak orang yang berfikir bahwa sarapan sangat mempengaruhi badan akan melebar dan cepat sekali gemuk. Padahal sarapan mengawali dari kita puasa pada saat malam hari. Jadi, sebaiknya konsumsi sarapan pagi namun dengan kalori yang cukup dan sehat. Berikut menu sarapan untuk pagi:

  • 1/2 apel, jambu
  • 1/2 buah kiwi
  • satu ikat daun bayam
  • beberapa daun seledri segar
  • 1/2 pisang matang
  • susu almond
  • Blender bahan sampai halus, sampai perlahan-lahan.

2. Makan Siang

Pada makan siang banyak orang yang selalu makan berlebih karena untuk tidak makan malam, ini biasa dilakukan oleh para pencinta diet. Padahal, makan yang terlalu berlebih juga dapat kelebihan kalori dan akan menjadi tertimbun di badan. Berikut menu cara makan siang, dengan kenyang tanpa menggunakan nasi:

  • selada
  • wortel
  • tomat
  • paprika
  • mentimun
  • kecambah
  • daging ayam, sapi, ikan, telur (pilih salah satu menurut selera anda)

Masak dengan menggunakan bumbu yang anda siapkan seperti (bawang putih, bawang merah) lalu campur satu bahan sampai makanan siap dan matang.

3. Makan Malam

Bagi orang diet mungkin banyak sekali yang menghindari makan malam. Mereka akan menyebut jika makan malam akan membuat badan semakin melebar. Kali ini, punya tips untuk makan malam anda bisa liat menunya sebagai berikut:

  • bayam
  • sayur chard
  • zucchini (terong italia)
  • sayur peterseli
  • seledri
  • sayur arthichoke
  • kacang hijau

Setelah itu anda dapat bisa menambahkan oatmeal dalam makanan yang anda siapkan tadi. Oatmeal dapat mampu menggantikan peran nasi, peran oatmeal ini sangat bagus karena protein yang terkandung dalam nasi sama. Oatmeal juga mempunyai rendah lemak dan rendah kalori.

Penyebab Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Cara diet tanpa olahraga dalam seminggu dapat mengurangi resiko obesitas. Namun tahukah anda penyebab kegemukan banyak disebabkan oleh faktor makanan hidup kita sehari-hari. Anda mungkin anda sering bertanya-tanya dalam diri anda mengapa badan anda lebih besar dari pada orang-orang di sekeliling anda. Hal ini tentulah memerlukan perhatian khusus, sebab jika tidak maka akan sangat mempengaruhi kesehatan anda serta mengganggu dalam setiap aktivitas yang anda lakukan. Berikut faktor penyebab badan mulai membesar dan semakin melebar.

1. Genetik

Keturunan atau kita sering sebut dengan genetik ini, memang merupakan salah satu faktor kegemukan juga. Anda bisa melihat badan orang tua atau sanak saudara anda yang lain. Mungkin anda masih dapat merubah sejumlah variabel anatomi, namun tidak dengan yang lainnya.

2. Lemak

Lemak merupakan salah satu faktor utama dari masalah berat badan. Tubuh yang tidak ideal setiap harinya anda mengkonsumsi makanan yang berlemak. Pada akhirnya berat badan anda mulai melebar, dan semakin melebar.

3. Otot

Mengapa otot merupakan salah satu penyebabnya? Alasannya kemungkinan memang anda memiliki otot yang besar secara alami.

4. Akibat berdiri terlalu lama dan kurang gerak

Berdiri secara berlebihan hanya akan memberi beban pada otot betis dan memberinya paksaan untuk terus menerus menopang berat tubuh anda. Berikan peregangan dengan cara yang sederhana yaitu carilah tempat yang luas dan teduh lalu duduklah dengan santai agar otot betis merasa kendur dan tidak tegang lagi, agar terhindar dari betis yang besar.

5. Terlalu banyak duduk

Kebanyakan duduk yaitu, salah satu faktor yang menyebabkan badan semakin besar, tetapi betis pun dapat menjadi buncit atau besar. Ini, dikarenakan tulang belakang untuk kita duduk terhambat sehingga daerah sekitar tubuh bawah kita semakin membesar.

6. Menjelang Menstruasi Pada Wanita

Pada saat menjelang atau sedang mengalami menstruasi, hormon estrogen naik. Estrogen berfungsi sebagai insulin, gula darah gampang drop sehingga jadi jauh lebih mudah lapar. perempuan mengalami water retention yakni menahan air dalam jumlah lebih banyak dalam tubuh.

7. Tidur di siang hari

Tidur merupakan kebutuhan manusia untuk beristirahat, namun apabila kita tidur pada saat siang hari itu dapat berdampak dalam kegemukan. Ini terjadi dikarenakan pada tidur siang yang membawa sifat malas seseorang, sehingga orang tersebut menjadi malas dan tidak mau bergerak.

Penyakit Yang Timbul Dalam Berat Badan Yang Berlebih

Seseorang dikatakan mengalami obesitas saat jumlah lemak dalam badannya sudah mengalami kelebihan menurut ukuran ideal. Penyebab adalah karena penebalan zat omentum yang berada di rongga perut. Zat omentum sendiri sebenarnya berguna bagi tubuh untuk melindungi organ bagian dalam kita.Pria dikatakan obesitas ketika lemak tubuhnya mencapai minimal berlebih 25 persen dari ukuran ideal. Sementara pada wanita, disebut obesitas jika jumlah lemaknya mencapai lebih dari 30 persen dari takaran ideal.

Penyakit yang muncul seperti, diabetes militus, serangan jantung,hipertensi, sleep apnea, asam urat, kolesterol tinggi, GERD atau refluks asam, osteoarthritis, kanker, gagal jantung,obesitas, sindrom metabolisme, karies gigi. Namun, berapa pun pertambahan berat badan Anda dan menimbulkan obesitas, semua memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Pasalnya, obesitas memicu beragam penyakit di dalam tubuh.

1. Diabetes Militus 

Banyak studi mengungkapkan obesitas berkaitan dengan risiko diabetes. Bahkan, jika sudah kena penyakit ini maka bisa menjalar untuk mengalami komplikasi penyakit yang lebih serius. Misalnya serangan jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal, hingga kerusakan saraf yang berujung amputasi.

2. Serangan jantung

Penyakit ini yang disebabkan oleh penyumbatan dalam aliran darah, dikarenakan lemak yang tertimbun yang menghambat perjalanan aliran darah.

3. Hipertensi

Hipertensi penyakit ini disebabkan oleh makanan yang tidak teratur atau yang mengandung makanan yang banyak lemak. Penyakit ini juga sering disebut penyakit darah tinggi.

4. Sleep apnea

Penyakit sulit tidur nyenyak dan suka mengorok saat tidur. Ini adalah gangguan pernafasan yang membuat jalan udara seakan berhenti beberapa kali kala terlelap. Sleep apnea dikaitkan dengan kemunculan hipertensi, gagal jantung, dan penyakit lainnya.

5. Asam urat

Penyakit ini yang sering menyerang sendi yang diakibatkan tingginya kadar purin di daerah sendi. Sendi bisa bengkak, memerah, dan nyeri. Mengurangi berat badan bisa menjadi salah satu solusi.

6. Kolesterol tinggi

Kegemukan cenderung memicu tingginya kolesterol jahat (LDL) ketimbang kolesterol baik (HDL). Banyaknya kolesterol jahat menjadi penyebab penyakit kardiovaskular dan stoke.

7. GERD atau refluks asam

Obesitas meningkatkan refluks karena lemak perut memberikan tekanan pada cincin otot yang ada di bawah kerongkongan. Ukuran tabung cincin ini sekitar 10 inci yang menghubungkan tenggorokan ke perut. Dalam kondisi tidak obesitas, fungsinya mencegah kembalinya asam lambung ke kerongkongan.

8. Osteoarthritis

Kelebihan berat badan menyebabkan sendi mengalami tekanan berlebih untuk menopang tubuh. Akibatnya, dimungkinkan sendi mengalami osteoarthritis yang justru akan merusaknya dalam jangka panjang.

9. Kanker

Penyakit yang dialami oleh obesitas, seranggan jantung, dan hipertensi ini juga akan terus berdampak parah hingga menjadi penyakit kanker.

10. Gagal jantung

Gagal jantung penyakit yang diawali dengan seranggan jantung. Serangan jantung yang keseringingan akan menyebabkan gagal jantung

11. Obesitas

Komsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula yang terlalu tinggi ini dapat menyebabkan obesitas. Karbohidrat yang menyebabkan mudah lapar dan singkat kenyangnya singkat.

12. Sindrom Metabolisme

Penyakit ini sama dengan penyakit lain yang disebabkan oleh komsumsi karbohidrat dan gula yang berlebih. Penyakit Sindrom metabolisme ini menyebabkan darah yang ketal, kelelahan otot, dan asam urat.

13. Karies Gigi

Karies gigi merupakan salah satu penyakit jaring keras pada gigi. Akibat kelebihan karbohidrat dan saluran makanan yang tertinggal didalam gigi. Akibatnya saluran enamel hancur dengan sendirinya.

Banyakkan cara bukan yang dapat dilakukan diet tanpa olahraga, ini dapat menjadi tips bagi anda untuk melakukannya. Dan banyak juga manfaatnya yang dapat diperoleh dari diet tanpa olahraga, tapi dibalik ini juga artikel anda udah tahukan penyakit yang sering dialami bagi anda penderita berbadan berlebihan.