Tips Diet Paleo

Tips Diet Paleo

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Pantangan Makanan Diet OCD , Cara Diet Untuk Anak Obesitas , Makanan Karbo Komplex , Cara Membuat Bubur Kentang Untuk Diet , Cara Diet Dengan Susu , Cara Diet Dengan Susu Kedelai , Jamu Untuk Menurunkan Berat Badan , Manfaat Teh Pahit Untuk Diet , Manfaat Garcia Untuk Diet , Khasiat Mengkudu Untuk Diet , Buah Yang Mengenyangkan Saat Diet , Khasiat Mangga Untuk Diet , Manfaat Olahraga Side plank , Makanan Rendah Kalori Tinggi Protein , Khasiat Kayu Manis Untuk Diet , Manfaat Jahe Dan Sereh Untuk Diet , Gerakan Pilates Untuk Pemula , Olahraga Mengecilkan Perut Di Rumah , Daftar Makanan Berkalori Rendah , Cara Makan Sehat Untuk Pekerja Kantoran , Cara Menghitung Kalori Makanan , Manfaat Diet Alkaline , Fakta Dan Mitos Diet Sehat , Khasiat Lada Hitam Untuk Diet , Bahaya Diet Mayo , Jenis Diet Berbahaya Yang Jarang Diketahui , Manfaat Kangkung Untuk Diet , Manfaat Bengkoang Untuk Diet , Cara Diet yang Benar Dan Sehat , Menu Sarapan Pagi Sehat Untuk Diet , Penyebab Obesitas Pada Remaja , Efek Samping Diet Air Putih , Cara Diet Untuk Orang Malas , Kesalahan Dalam Diet Yang Sering Terjadi , Penyakit Yang Timbul Karena Tidak Makan Nasi , Efek Samping Diet Ekstrim , Tips Diet Dengan Jeruk Nipis , Tips Diet Mayo , Tips Diet Paleo , Efek Samping Diet Mayo

Tips Diet Paleo

Pernahkah Anda mendengar tentang paleo diet? Mungkin Anda sering mendengar tentang berbagai jenis diet dengan tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan menurunkan berat badan. Salah satu jenis diet yang terkenal adalah paleo diet. Apa bedanya dengan diet lain? Untuk mengetahuinya, silahkan simak penjelasan berikut ini mengenai Tips Diet Paleo  :

Jenis Makanan Untuk Diet Paleo

Jenis makanan yang di sarankan saat melakukan diet paleo adalah makanan atau minuman yang masih alami tanpa campuran bahan kimia. Seperti contoh :

1. Sayur-sayuran
2. Buah-buahan
3. Kacang-kacangan
4. Daging rendah lemak
5. Ikan
6. Teh hijau
7. Minyak Zaitun
8. Madu asli
9. Telur

Jenis Makanan yang Dilarang Saat Diet Paleo

Selain makanan yang disajikan diatas, ternyata dalam menjalani diet paleo juga memiliki beberapa makanan dan minuman pantangan, seperti :

1. Nasi
2. Gula
3. Garam
4. Aneka produk susu
5. Minuman bersoda
6. Makanan cepat saji atau junkfood
7. Kopi
8. Mie Instan
9. Sereal
10. Alkohol

Manfaat Diet Paleo

1. Terhindar dari penyakit kardiovaskular 

Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang berkaitan dengan kerusakan pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit kardiovaskular disebabkan oleh tekanan darah tinggi, merokok, obesitas atau kegemukan, diet tidak seimbang, minum minuman yang mengandung alkohol tinggi secara berlebihan. Penyakit kardiovaskular dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, tidak merokok, tidak minum minuman yang mengandung alkohol, banyak gerak dan diet yang terjaga.

2. Terhindar dari penyakit diabetes 

Diet paleo bermanfaat untuk menghindarkan dari penyakit diabetes. Karena dalam program diet paleo dilarang untuk mengkonsumsi gula yang berlebih. Karena gula dalam tubuh selain meyebabkan diabetes juga dapat menyebabkan obesitas atau bertambahnya berat badan.

3. Menurunkan tekanan darah 

Tekanan darah tinggi disebabkan oleh obesitas atau kegemukan, mengkonsumsi garam dalam jumlah banyak, kurang mengkonsumsi sayur dan buah, terlalu banyak minum kopi, jarang olahraga dan terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Jadi diet paleo ini dapat menurunkan tekanan darah karena mengkonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan segar dan alami.

4. Menurunkan berat badan 

Ini adalah manfaat yang sering dicari banyak orang yaitu dapat menurunkan berat badan secara drastis. Karena dengan mengkonsumsi makanan sehat dan alami, tanpa mengkonsumsi nasi yang mengandung banyak karbohidrat. Karbohidrat dalam tubuh dicerna menjadi gula dan menyebabkan obesitas atau kegemukan jika dikonsumsi berlebihan.

5. Menjaga kebugaran tubuh 

Manfaat diet paleo selanjutnya dapat menjaga kebugaran tubuh. Ini terjadi karena dalam diet paleo ini juga dituntut untuk aktif bergerak. Diimbangi pula dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, tubuh menjadi lebih bugar, segar dan lebih bersemangat.

6. Mencegah timbulnya jerawat 

Jerawat terjadi ketika folikel rambut pada kulit tersumbat oleh campuran sel kulit mati, debu, kuman, dan sebum (zat yang memproduksi kelenjar minyak). Dengan mengkonsumsi makanan yang alami dan minum banyak air putih, diet paleo dapat mencegah timbulnya jerawat.

7. Menangkal Radikal Bebas 

Sayur-sayuran dan buah-buahan yang kita konsumsi saat melakukan diet paleo ini mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas.

8. Mencegah Peradangan 

9. Menetralkan kadar asam dalam tubuh 

10. Sistem pencernaan yang lebih lancar dan sehat 

Bahaya Diet Paleo

1. Kurangnya Nutrisi

Dalam diet paleo diharuskan mengkonsumsi makanan dan minuman yang berasal dari alam. Tetapi dilarang untuk mengkonsumsi nasi yang mengandung karbohidrat dan juga makanan yang mengandung lemak. Sedangkan karbohidrat dan lemak pula dibutuhkan untuk menambah energi dalam tubuh sehingga anggota tubuh bekerja dengan baik.

2. Mengalami kelebihan protein

Tubuh membutuhkan asupan gizi yang baik setiap harinya. Dalam diet paleo ini anda diharuskan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung protein. Protein sendiri memang baik untuk kesehatan seperti sebagai zat pembangun, sumber energi, dan sumber produksi hormon. Tetapi apabila asupan protein yang tinggi pada tubuh dapat menyebabkan penyakit seperti :

  • Berat badan meningkat atau obesitas
  • Merusak hati dan otak
  • Kerusakan pada ginjal
  • Meningkatkan kolesterol
  • Menyebabkan dehidrasi
  • Resiko kanker
  • Asam urat

3. Overhidrasi

Overhidrasi terjadi saat anda mengkonsumsi air putih terlalu banyak. Diet paleo ini mengharuskan anda minum 8 gelas air putih setiap hari tanpa meminum minuman yang lain seperti soda atau kopi. Jadi tubuh akan mengalami overhidrasi yang berakibat mual, pusing, perut terasa penuh dan kembung, bahkan bisa terjadi pembengkakan pada kaki dan tangan.

4. Terinfeksi bakteri

Diet paleo adalah diet yang fokus pada makanan yang berasal dari alam. Dengan melakukan diet ini besar kemungkinan anda akan terinfeksi bakteri. Seperti contoh anda memasak makanan tidak dengan masak maka bakteri yang menempel juga belum mati, mengkonsumsi ikan mentah juga dapat  menyebabkan tubuh beresiko terkena limbah pada air laut. Sebaiknya cuci dengan benar sayuran atau buah-buahan yang akan dimasak. Dengan begitu bakteri akan hilang terbawa air dan juga masak makanan hingga matang agar bakteri yang dikandung hilang.

5. Bau Badan

Bau badan saat melakukan diet paleo ini disebabkan oleh lemak yang mengalami perpecahan atau disebut dengan ketosis dan dari proses ketosis ini menghasilkan aseton. Aseton yang diproduksi secara berlebih dan menyebabkan bau badan.

6. Gejala hipotiroid

Hipotiroid adalah kondisi berkurangnya produksi tiroid pada tubuh. Hormon tiroid berfungsi mengontrol metabolisme dalam tubuh, mengolah makanan menjadi energi untuk kelangsungan kinerja tubuh. Hormot tiroid terletak dibagian depan leher. Gejala hipotiroid biasa ditandai dengan tubuh mengalami kelelahan, depresi, detak jantung rendah, tidak tahan terhadap suhu yang dingin.

Diet Paleo memang sangatlah banyak manfaatnya apabila dilakukan dengan benar. Dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan dalam waktu yang singkat. Tetapi apabila anda melakukan diet paleo ini secara berlebihan akan menimbulkan berbagai resiko. Maka lakukanlah diet dengan sewajarnya.