Tips Diet OCD Untuk Pemula

Tips Diet OCD Untuk Pemula

Ada banyak jenis Diet ada diet alkaline, diet paleo, diet mayo, diet dukan, diet 5:2 dan yang lainnya. OCD adalah sejenis program diet yang terkenal dan dipopulerkan oleh artis asal Indonesia. OCD adalah kependekan dari Obsessive Corbuzier’s Diet (OCD) yang dipopulerkan dan dikenalkan oleh Deddy Corbuzier, mentalist Indonesia. Diet ini mulai diperkenalkan pada tahun 2013 yang silam dan banyak menuai kontra, tapi ternyata sekarang ini semakin banyak orang yang menjalankan diet OCD dan memberikan testimoni yang positif tentang program diet OCD ini.

Karena banyak testimoni atas keberhasilan yang diraih oleh para penganut diet OCD, dan fakta dari seorang artis yaitu Deddy sendiri, kini diet OCD menjadi terkenal dan menjamur di seluruh nusantara. Deddy menjelaskan bahwa dengan menjalankan diet OCD yang telah dia ciptakan ini sama saja dengan menjalankan puasa. Bedanya jika berpuasa untuk menambah pahala, sedangkan menjalankan diet OCD untuk menurunkan berat badan. Diet OCD unik bila dibandingkan dengan jenis diet terkenal lainnya. Bila biasanya diet adalah menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi dan jatah makan, sedangkan diet OCD adalah kebalikannya. Pada waktu tertentu, Anda tetap diperbolehkan makan sesuka hati namun tetap dalam batas normal (tidak makan berlebihan). Berikut ini adalah Tips Diet OCD Untuk Pemula :

1. Tidak Boleh Sarapan

Tips Diet OCD (Obsessive Corbuzier Diet) Untuk Pemula yang pertama adalah tidaj disarankan untuk mengkonsumsi apapun sebagai menu makan sarapan. Berbeda dengan anjuran dan saran pada saat kita menjalankan program diet pada umumnya yang menyarankan agar kita mengkonsumsi makanan pada pagi hari, OCD justru melarang sarapan. Pada saat bangun tidur pada pagi hari, kamu tidak boleh sarapan terlebih dahulu setidaknya selama 3 sampai 4 jam sesudahnya. Ini dapat membuat anda menghabiskan sisa energi yang dipunya. Namun saat diperbolehkan untuk makan, dilarang keras pula untuk makan dalam jumlah yang banyak atau melebihi porsi.

2. Jeda Makan

Makan hanya pada jeda makan yaitu 8, 6 atau 4 jam dalam sehari. Selain dari waktu tersebut kamu hanya boleh minum air putih dan teh tawar. Berikut ini adalah penjelasannya

  • Jeda makan 8 jam

Saat ini kamu punya waktu makan selama 8 jam, jadi misalnya kamu memilih untuk memulai jeda makan pada jam 12 siang, kamu bebas makan apa saja sampai jam 8 malam dan sesudahnya sejak jam 8 malam kamu hanya boleh minum saja. Ingatlah bahwa minuman yang diperbolehkan hanya minuman tanpa kalori.

  • Jeda makan 6 jam

Sama seperti di atas, tapi sekarang waktu makan kamu hanya diperbolehkan selama 6 jam saja. Mengambil contoh dari atas, kalau kamu memulai jeda makan pada pukul 12 siang, maka kamu hanya boleh mengkonsumsi makanan sampai jam 6 sore. Selepas dari itu, kamu hanya boleh minum air putih tau teh tawar saja.

  • Jeda makan 4 jam

Peraturannya tetap sama, hanya kini waktu makan kamu bertambah singkat lagi, menjadi hanya 4 jam saja.

  • Puasa 24 jam

Ini adalah puncaknya, di mana kamu hanya boleh makan satu kali saja selama 24 jam. Kamu bisa menerapkan puasa ini secara berkala 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Sebagi perkecualian, selama puasa 24 jam ini, kamu boleh minum minuman selain air putih dan susu. Sangat disarankan bagi kamu untuk meminum minuman yang kaya akan ion dan susu untuk menjaga agar tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik. Contohnya adalah bila kamu makan pada hari Senin pukul 2 siang, maka kamu baru boleh makan lagi pada hari Selasa jam 2 siang juga.

3. Panduan Diet OCD

Pada saat memulai program diet OCD ini ada baiknya sebagai pemula kamu mengikuti panduan ini karena dapat menjadi penduan anda secara lengkap.

  • Minggu ke 1

Jangan mencoba untuk memulai program diet ini dengan hal yang sulit. Oleh karena itu mulailah dengan berpuasa selama 16 jam dan jeda makan selama 8 jam. Sebagai pemula lakukanlah hal ini selama 1-2 minggu sampai badan kamu dapat beradaptasi sebelum kamu melanjutkan ke tahap berikutnya.

  • Minggu ke 2

Bila tubuh kamu sudah mulai terbiasa dengan berpuasa selama 16 jam, cobalah untuk meningkatkan masa puasanya menjadi 18 jam. Dengan demikian waktu jeda makan kamu menjadi hanya 6 jam saja.

  • Minggu ke 3

Kini cobalah untuk meningkatkan durasi puasa kamu selama 2 jam menjadi 20 jam. Nah, di saat inilah boleh dikatakan merupakan saat yang terberat bagi kebanyakan orang. Kalau kamu gagal, coba kembali ke puasa 18 jam. Tetapi jangan putus asa dan cobalah kembali segera keesokan harinya sampai kamu bisa berpuasa selama 20 jam.

  • Minggu ke4

Kalau kamu sudah sukses dengan puasa 20 jam selama 1 minggu berturut turut, maka kamu bisa meneruskannya diselingi dengan 1 kali puasa selama 24 jam.

  • Minggu ke5

Saat kamu sudah berhasil melakukan program diet OCD pada minggu keempat, maka kamu sekarang sudah bisa melakukan diet OCD secara fleksibel dengan menggabungkan puasa selama 20 jam dan 1 atau 2 kali puasa selama 24 jam.

4. Tidak Ada Pantangan Makan

Jangan lupa kalau selama menjalani program diet OCD ini kamu boleh mengkonsumsi makanan apa saja asal tidak berlebihan dan tidak mengubah pola makan kamu. Kalau kamu adalah penggemar gorengan, makanan bersantan ataupun junk food, OCD adalah program diet yang cocok buat kamu.

Karena apabila anda memiliki makanan pantangan, maka nutrisi yang masuk dalam tubuh anda tidak akan lengkap. Maka yang akan terjadi adalah anda akan semakin lemas dan pucat. Apabila anda mengalami tersebut yang akan terjadi hanyalah anda akan semakin banyak mengkonsumsi makanan.

5. Berolahraga Dengan Teratur

Kombinasikan diet dengan olah raga untuk membantu kamu mendapatkan bentuk tubuh ideal yang kamu inginkan dengan lebih cepat. Ingatlah bahwa diet OCD ini akan membantu merangsang HGH atau Human Growth Hormon seperti yang telah kita ketahui di atas. HGH merupakan hormone yang penting untuk membantu pembentukan otot, maka alangkah baiknya pada saat melakukan OCD ini kamu juga berolah raga untuk membantu pembentukan otot secara lebih maksimal. Tentunya olah raga yang dilakukan tidak boleh berlebihan. Olah raga seperti jogging, bersepeda atau yoga merupakan pilihan yang sangat tepat buat kamu yang menjalankan program diet OCD.

Cara melakukan Diet OCD (Obsessive Corbuzier Diet)

Lalu bagaimanakah cara untuk melakukan diet OCD ini? Diet OCD sendiri menekankan pada metode puasa. Durasi puasa ada yang 16 jam, 18 jam, 20 jam dan bahkan 24 jam. Dengan demikian berarti bila kamu memilih puasa 16 jam, berarti kamu hanya boleh makan selama 8 jam. Demikian juga jika kamu berpuasa 18 jam, berarti waktu makan kamu adalah 6 jam dan seterusnya, hingga kamu hanya makan satu kali untuk sehari. Puasa ini dapat dilakukan dengan bertahap dalam meningkatkan durasi masa puasa untuk member waktu adaptasi bagi tubuh.

Perlu juga diingat adalah bahwa pada saat kamu melakukan diet OCD ini, kamu bebas makan makanan apa saja  selama itu tidak berlebihan. Wah, rasanya sangat mudah dan mengasyikkanya bila kita sedang dalam program diet tetapi tidak harus membatasi jenis makanan yang kita makan. Tentunya dalam hal ini yang dimaksud oleh Deddy Corbuzier adalah kita dapat melakukan diet ini tanpa mengubah pola makan biasa kita sehari hari.

Image result for Tips Diet OCD Untuk Pemula