Sayur Diet Yang Bagus Di Bulan Puasa

Sayur Diet Yang Bagus Di Bulan Puasa

Berpuasa bukan menjadi halangan untuk tetap menjalankan program diet. Meskipun, berpuasa menghabiskan waktu seharian penuh.Efeknya akan membuat nafsu makan kala buka puasa pun menjadi sangat tinggi. Untuk itu, kalian dianjurkan konsumsi beberapa jenis sayuran ini agar mendukung program diet dan berhasil. Berikut merupakan Sayur Diet Yang Bagus Di Bulan Puasa yang bisa anda coba.

1. Brokoli

8 Sayuran Hijau Ini Baik Untuk Diet di Bulan Puasa

Kalorinya yang rendah namun kaya akan serat membuat brokoli mampu mengenyangkan lebih lama sehingga cocok disantap saat sahur. Kandungan Indole-3-Carbinol (I3C) yang tinggi pada brokoli juga melawan xenoestrogen dan membakar lemak lebih cepat, serta mencegahnya kembali ke tubuh. Brokoli pun mengandung vitamin A, vitamin B6, dan riboflavin yang membantu merangsang proses metabolisme sehingga pembakaran kalori meningkat. Makanya, kamu bisa tetap diet saat berpuasa dengan mengonsumsi brokoli.

2. Bayam

8 Sayuran Hijau Ini Baik Untuk Diet di Bulan Puasa

Bayam kaya akan zat besi, seng, magnesium, vitamin A dan K yang membantu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan metabolisme sehingga baik dikonsumsi saat ingin membakar lemak tubuh. Inilah mengapa sangat disarankan agar kamu mengonsumsi bayam saat berbuka puasa. Jumlah kalori pada bayam pun termasuk rendah, hanya 23 kalori per 100 gram, dengan serat yang tinggi.

3. Selada hijau

8 Sayuran Hijau Ini Baik Untuk Diet di Bulan Puasa

Selada hijau yang banyak disajikan dalam keadaan mentah memiliki banyak vitamin A dan asam folat. Selada juga sumber nutrisi vitamin B dan membantu mengontrol gula darah dalam tubuh serta memaksimalkan daya tahan tubuh terhadap berbagai jenis penyakit. Kandungan di dalam selada hanya 10 kalori tiap mangkuk saji, selada sangat cocok untuk program dietmu.

4. Kubis

8 Sayuran Hijau Ini Baik Untuk Diet di Bulan Puasa

Kubis memiliki warna yang lebih pucat dibandingkan dengan sayur hijau yang lain. Kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan C serta rendah lemak dan rendah kalori. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam kubis dapat membantu dalam menghancurkan lemak tubuh. Kandungan kalori tiap mangkuknya 15 kalori, yang dapat disajikan mentah sebagai salad, ditumis atau sebagai pelengkap pada masakan sayuran yang lainnya. Pastikan untuk memasak kubis dengan benar ya agar kandungan gas di dalamnya gak bikin perutmu kembung.

5. Kangkung

8 Sayuran Hijau Ini Baik Untuk Diet di Bulan Puasa

Kangkung adalah sayuran untuk diet yang baik karena mengandung serat tinggi dan rendah kalori. Kangkung juga kaya akan zat besi yang berguna dalam pembentukan sel darah merah. Bahkan, kangkung juga merupakan sumber pembakar lemak bagi tubuh. Selain kandungan zat-zat tersebut, kandungan zat lain dalam kangkung seperti  vitamin A, vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, mineral juga sangat penting bagi yang sedang diet.

6. Asparagus

8 Sayuran Hijau Ini Baik Untuk Diet di Bulan Puasa

Asparagus mengandung folat dalam konsentrasi tinggi yang mampu melawan resistensi insulin dalam tubuh. Saat sensitivitas insulin meningkat, tubuh mampu mengubah gula darah menjadi energi dan meningkatkan pembakaran lemak visceral. Asparagus juga memiliki sifat diuretik yang mampu menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh. Sebaiknya pilih cara pengolahan yang paling sehat, misalnya dengan cara direbus dan dipanggang.

7. Buncis

8 Sayuran Hijau Ini Baik Untuk Diet di Bulan Puasa

Buncis membantu menjaga bentuk tubuh dengan kandungan fitonutrien, magnesium, dan potassium yang berlimpah di dalamnya. Buncis dapat meningkatkan metabolism dan membakar lemak lebih cepat. Buncis juga sumber antioksidan yang membantu membuang racun dari tubuh. Mineral sengnya membantu meningkatkan produksi leptin, hormon yang berfungsi mengingatkan otak saat perut sudah merasa kenyang.

8. Timun

8 Sayuran Hijau Ini Baik Untuk Diet di Bulan Puasa

Timun kaya akan nutrisi penting, termasuk vitamin C dan K, dan sayur ini memiliki beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hampir 95% kadungan timun adalah air dan 5% serat, kedua nutrisi ini efektif untuk membersihkan racun yang dilepaskan oleh sistem pencernaan. Satu cangkir irisan mentimun hanya mengandung 13,52 kalori. Sementara kandungan nutrisi dan air pada timun dapat membantu merasa kenyang tanpa kalori berlebih.