Resep Bistik Untuk Diet Mayo

Resep Bistik Untuk Diet Mayo

Image result for Resep Bistik

Dalam perkembangannya, ada berbagai macam jenis diet yang efektif dalam membantu menurunkan berat badan tubuh hingga mendapatkan kondisi yang ideal. Salah satu cara diet ketat yang benar dan aman serta efektif dalam menurunkan berat badan adalah diet Mayo. Aktivitas diet Mayo beberapa waktu yang lalu sangat populer menjadi salah satu cara diet ketat yang baik dan aman. Hingga sekarang masih banyak orang yang tetap menjalani aktivitas diet mayo karena manfaatnya.

Diet Mayo secara prinsip adalah metode diet yang dilakukan dengan cara menyeimbangkan jumlah Energi yang masuk dibandingkan dengan yang keluar. Aturan diet Mayo adalah membatasi konsumsi garam dan karbohidrat. Bistik rebus dengan protein hewani menjadi salah satu menu yang dapat dikonsumsi selama menjalani aktivitas diet Mayo. Berikut beberapa Resep Bistik Untuk Diet Mayo .

  1. Bistik Panggang dengan Unsalted Butter

Salah satu komponen paling penting dalam membuat Bistik adalah pemilihan daging yang tepat. Pilihlah daging sapi yang tepat misalnya dibeli di Ranch Market. Meski lebih mahal, namun tekstur dagingnya alot dan rasa dagingnya jelas jauh lebih enak dibandingkan daging lokal.

Sebelum mulai dimasak, daging tersebut hendaknya direndam terlebih dahulu dengan separuh bawang Bombay yang sudah dicacah kecil-kecil sebelumnya. Setelah itu, bawang Bombay bersama daging di-grill bersamaan. Gunakan api sedang saat memanggang.

Tambahkan unsalted butter, ingat jangan memakai margarin! Panggang hingga kira-kira lima menit, balik dan panggang lagi kira-kira 3 menit. Daging paling enak adalah daging yang moist. Oleh karena itu, perhatikanlah dengan sangat teliti saat memanggang daging.

  1. Bistik Daging dengan Sayur Lengkap

Resep bistik yang ini agak lebih lengkap dibandingkan resep lainnya. Anda harus menyiapkan bumbu rempah-rempah seperti lada bubuk, bawang putih, bawang Bombay, bawang merah, dan bubuk pala. Ada juga tambahan saos tiram, kecap manis, dan minyak wijen.

Selain itu, resep ini juga memiliki bahan sayur serta bumbu pendampingnya sebagai tambahan menu seperti wortel, buncis, jamur kuping, garlic powder, bawang merah, bawang putih, bubuk pala, basil, saus tiram dan minyak wijen. Cara membuat bistik untuk diet Mayo dengan resep yang satu ini sangat mudah.

Pertama, marinasi atau ungkep daging dengan garlic powder, bubuk lada dan bubuk pala kemudian diamkan hingga setengah jam. Masukkan semua bumbu daging, tumis hingga warna berubah barulah daging hingga matang. Tambah kecap manis dan saus tiram kemudian aduk hingga lebih matang dan angkat. Sebagai menu sayuran yang menjadi pendamping daging, Anda tinggal mengiris semua sayur, kemudian tambahkan bumbu yang telah disiapkan untuk bumbu sayur tersebut.

Kocok lepas telur yang sudah disiapkan, masukkan ke dalam sayuran, orak-arik dan aduk serta sajikan sebagai menu pendamping daging. Menu ini dapat menjadi menu sarapan pagi sehat untuk diet Mayo Anda bersama dengan minuman sehat untuk diet lainnya seperti jus alami tanpa tambahan tasa.

  1. Bistik Goreng Bumbu Saos Tomat

Pertama-tama, haluskan bumbu yang akan digunakan untuk menu ini yakni lada hitam dan pala. Kemudian daging sapi yang sudah dibeli dicuci hingga bersih. Lumuri daging dengan bumbu halus tersebut sambil diremas-remas dan ditusuk dengan garpu pada beberapa bagian. Diamkan daging ini selama dua jam dalam wadahnya.

Siapkan minyak zaitun dan masukkan ke dalam wajan. Panaskan wajan dan goreng daging dengan api yang agak besar. Tunggu hingga warna daging sudah menguning, barulah dibalik. Tunggu hingga matang, lalu Anda bisa menyajikan dengan saus sambal atau tomat yang tentunya tidak memakai garam.

Bagaimana cara membuat saus sambal dan atau tomat tanpa garam?

Sangatlah mudah! Anda hanya tinggal menyiapkan tomat merah, tepung maizena dan air secukupnya. Pertama, haluskan tomat merah tersebut hingga halus. Lalu, siapkan wadah diatas kompor yang berisi air yang telah dimasukkan tepung maizena.

Aduk dulu campuran tersebut hingga merata barulah Anda menyalakan api. Aduk terus campuran hingga mendidih dan masukkan tomat yang sudah halus sebelumnya. Terakhir, aduk kembali hingga mengental seperti saus.

  1. Bistik Fillet Dada Ayam

Siapkan bahan bumbu seperti bawang putih, pala, merica, bawang merah, cabe rawit, dan daun bawang. Bahan lain misalnya saos tiram satu sendok makan, kecap manis, minyak wijen, dan air serta tentu saja bahan utama yakni fillet dada ayam.

Langkah pertama, haluskan bawang putih, bubuk pala, dan lada kemudian campurkan dengan dada ayam fillet dan diamkan selama satu jam dalam kulkas. Iris tipis bawang merah, bawang putih, dan tumis hingga harum dan berwarna kuning emas. Masukkan ayam fillet yang sudah diungkep tadi lalu tambah air secukupnya dan tutup.

Tunggu hingga daging ayam berwarna kecokelatan. Masukkan kecap manis dan saos tiram hingga mengering dan barulah dimasukkan daun bawang dan cabe. Menu ini sangat cocok bagi Anda yang suka diet tinggi protein tanpa garam dan karbo.

  1. Bistik Bola-bola Daging Sapi

Resep cara membuat bistik diet mayo yang satu ini bisa menjadi menu diet food combining andalan saat bosan dengan tampilan bistik biasa. Langkah pembuatannya sangatlah muda. Siapkan daging sapi giling, bawang putih yang sudah halus serta lada hitam dan lada putih bubuk secukupnya. Untuk saus, Anda tinggal menyiapkan bawang putih 3 siung, bawang merah 5 siung, gula jawa, setengah bawang Bombay, lada bubuk dan pala bubuk serta tomat.

Cara membuatnya tidak memerlukan waktu lama. Adonan bistik yakni daging sapi grill dan bumbunya dicampur sedemikian rupa hingga homogen dan bentuk seperti bola-bola. Untuk sausnya, tumis semua bawang yang sudah disiapkan hingga harum dan warnanya berubah.

Masukkan tomat yang sudah halus dan aduk kemudian tambahkan gula jawa, lada, pala dan air. Tunggu saus hingga mendidih barulah dimasukkan bistik ke dalam saus. Biarkan hingga matang serta bumbu yang meresap dan sajikan.

Demikianlah kelima cara membuat bistik untuk diet Mayo yang nikmat dan sangat bisa untuk Anda coba di rumah. Anda dapat memadukan resep ini dengan jus untuk diet atau diet smoothies atau juga buah untuk diet yang menyegarkan di pagi hari. Selamat Mencoba!