Rahasia Langsing Dari Ahli Gizi

Rahasia Langsing Dari Ahli Gizi

Memiliki bentuk badan ideal menjadi impian banyak kaum hawa. Harapan ini yang memotivasi para perempuan untuk melakukan berbagai macam diet. Termasuk diet-diet terkini dan populer seperti diet mayo dan diet keto yang sedang banyak hits. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Rahasia Langsing Dari Ahli Gizi yang wajib anda coba.

1. Tak hanya nutrisi yang butuh pemerataan, rasa pun harus seimbang.

Perkaya rasa dalam makananmu via www.hellawella.com

“Makanan yang membuatmu merasa puas itu tak cuma soal nutrisi saja, tapi juga rasa. Ada enam rasa yang mempengaruhi yaitu asin, asam, manis, pahit, umami (rasa dari MSG), serta pedas.

“Mengkonsumsi makanan yang memenuhi setidaknya 4 dari 6 rasa akan membantumu merasa lebih puas dan senang. Sehingga, kamu pun jadi gak tergoda meraih biskuit atau keripik,” ujar Rachel Begun, M.S., RDN, seorang registered dietitian dan nutritionist kuliner.

Begun menyarankan untuk menyetok rempah-rempah, bumbu, dan sambal untuk memudahkanmu menyeimbangkan rasa pada makanan.

 

2. Sebisa mungkin, hindari makanan yang menggoda sebelum imanmu benar-benar goyah!

Jangan dekati godaan via www.eatthis.com

Ada alasannya mengapa cokelat dan permen diletakkan dekat kasir di minimarket: karena kamu memang cenderung tergoda untuk membelinya. “Godaan terhadap makanan itu gak perlu diciptakan. Makanya, hindari sebisa mungkin lorong-lorong makanan semacam ini ketika kamu berbelanja,” kata Caroline Kaufman, M.S., RDN, seorang ahli gizi dan blogger kesehatan yang tinggal di Los Angeles.

 

3. Dapur di rumah juga menjadi godaan terbesar. Hindari dapurmu seusai makan malam.

Tutup dapur setelah makan malam via www.tescorecepty.cz

Godaan untuk makan di tengah malam biasanya muncul ketika kamu mampir ke dapur, terlebih bila kamu sedang merasa bosan atau lelah. “Kita kadang keliru mengartikan rasa lelah dengan rasa lapar di malam hari. Bila itu terjadi, biasanya saya memilih untuk menikmati segelas teh herbal dan berusaha tidur,” ucap Melissa Halas-Liang, M.A., RDN, CDE, ahli gizi di MelissasHealthyLiving.com.

Sejumlah penelitian mengamini bahwa makan sebelum tidur malam dapat menimbulkan kenaikan berat badan. Makanya, alih-alih membongkar kulkas malam-malam, lebih baik hindari dapurmu dan lakukan ritual lain yang lebih menenangkan dan membantumu tidur.

 

4. Atur ulang indera pengecapmu untuk menikmati lebih sedikit garam.

Kurangi garam via www.pritikin.com

Garam memang tak mengandung kalori, tapi mengkonsumsi terlalu banyak garam bisa menstimulasi tubuhmu untuk menahan air. Terlebih, pola makan modern bisa membuatmu mengkonsumsi garam berlebihan tanpa sadar.

“Saya berusaha menyesuaikan indera pengecap dengan membatasi jumlah garam dari makanan yang saya konsumsi dan menghindari garam saat memasak,” ungkap Lori Zanini, RD, CDE, pembicara dari Academy of Nutrition and Dietetics.

Menurut Lori, indera pengecap kita beregenerasi setiap sekitar 10 hari. Makanya, kamu dapat melatih lidahmu untuk menikmati lebih sedikit garam. Sebagai gantinya, kamu bisa memasukkan rasa lainnya.

 

5. Aktivitas fisik juga tak kalah penting dibanding mengakali makanan. Bergeraklah selama 10 menit setiap satu jam.

Bergerak setiap satu jam via naotenhoideia.com

“Bila saya akan duduk di belakang meja untuk waktu yang lama, saya mengatur alarm di ponsel sebagai pengingat untuk bangun dan bergerak selama 10 menit setiap satu jam. Saya mengisinya dengan naik turun tangga, berjalan, serta melakukan peregangan. Ini tak hanya membantu saya membakar kalori, tapi juga membuat mental saya lebih segar,” kata Elisa Zied, M.S., RDN, CDN, dietician sekaligus penulis.

Saran ini tentu penting, terlebih bagi kita yang selalu duduk di belakang meja. Studi terbaru mengungkapkan sedikit usaha untuk bergerak membantu meningkatkan tingkat kebugaran kita.