Pantangan Diet Pisang

Pantangan Diet Pisang

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminataM. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Pantangan Diet Pisang yang harus anda hindari :

1. Makanan yang Mengandung Gula

Makanan yang mengandung gula memang sangat bait sebagai sumber energi untuk tubuh. Namun, jika gula terlalu berlebih, hal itu sangat tidak baik untuk tubuh. Bukan sebagai sumber energi, malah akan menjadi sumber penyakit. Gula yang berubah menjadi glukoid dalam tubuh akan mengendap di dalam tubuh dan lambung, hingga membusuk di dalamnya. Gula yang membusuk itulah yang akan menjadi penyakit. Selain itu juga gula yang tidak murni akan bercampur dengan darah. Gula yang bercampur dengan darah sangat berbahaya bagi tubuh hingga menjadi penyakit diabet. Penyakit diabet ini sudah dikenal ada yang mematikan jika diabet sudah berlebihan.

Pisang memang merupakan salah satu jenis buah yang mengandung gula, sehingga pisang itu manis. Namun, gula yang ada di dalam pisang bukanlah gula sembarang yang biasanya kita konsumsi. Gula tersebut adalah gula murni yang baik bagi sumber energi tubuh kita.

2. Mengkonsumsi Makanan Ringan

Percuma saja jika Anda menjalankan program diet tapi masih saja suka ngemil apalagi ngemil di malam hari. Jika Anda masih saja melakukan kegiatan ngemil, maka makanan cemilan itu akan mengendap hingga menjadi lemak jenuh yang menyebabkan tubuh Anda menjadi gemuk. Lemak jenuh ini juga menyebabkan kematian jika lemak jenuh ini sudah lama mengendap dalam tubuh. Salah satunya adalah obesitas yang membuat sistem pernapasan menjadi terganggu karena ruang dalam tubuh semakin menyempit.

Jika ingin nyemil, maka Anda coba gunakan pisang sebagai camilan Anda. Pisang tidak mengandung lemak jenuh yang mengakibatkan tubuh Anda gemuk karena lemak seperti camilan lainnya.

3. Mengkonsumsi Makanan Penutup di Malam Hari

Pada umumnya orang-orang selalu memiliki pola atau kebiasaan makan makanan penutup di malam hari setelah makan malam atau sebelum tidur. Sebelumnya hal ini sangat tidak dianjurkan bagi kesehatan. Memang sangat menyehatkan jika Anda menginginkan gemuk. Karena ketika makan camilan di malam hari, maka makanan tersebut akan menjadi lemak jenuh dan mengendap ketika kita sedang tidur. Lemak akan bekerja lebih cepat menyebar ke dalam tubuh ketika kita sedang tidur. Karena kita tidak melakukan aktivitas lain selain tidur, sehingga kalori dan karbohidrat pun tidak bekerja secara optimal untuk membakar lemak .

Jika Anda memakan pisang di malam hari, hal ini sangat dianjurkan bagi kesehatan tubuh. Anda bisa mencobanya. Karena kandungan dalam pisang ini mudah dicerna dalam tubuh, pun di kala Anda sedang tertidur, sistem pencernaan akan terbantu karena kandungan pisang yang mampu membakar lemak dan pemberi sumber energi untuk Anda ketika Anda terbangun dari tidur Anda.

4. Makan di Atas Jam 8 Malam

Sistem pencernaan dalam tubuh dan pembakaran lemak tidak bekerja secara optimal di malam hari. Sehingga, jika Anda makan di jam 8 malam ke atas, maka sistem pencernaan pun tidak bisa optimal untuk mencerna makanan yang Anda makan. Selain itu, lemak dalam tubuh pun sulit untuk dibakar karena karbohidrat dan kalori yang tidak optimal dalam bekerja. Memakan pisang di jam 8 malam ke atas membuat Anda menjadi lebih mudah dalam mencerna makanan. Sehingga sistem pencernaan pun akan terbantu karena kandungan pisang yang sudah Anda makan. Makan diatas jam 8 juga menyebabkan kita kenyang lebih lama dan akhirnya tidak cepat untuk tidur. Sehingga yang terjadi hanyalah anda akan merasa jenuh dan ingin makan lagi.

5. Mengganti Pisang Sebagai Makanan Utama

Pantangan-pantangan di atas harus Anda lakukan dan hindari agar program diet pisang Anda dapat berjalan dengan lancar dan benar. Percuma saja jika Anda melakukan cara diet dengan benar, tapi Anda belum menghindari pantangan-pantangan cara diet pisang ini. Karena hasilnya akan impas. Sama halnya ketika Anda ingin menggali tanah, tapi Anda timbun lagi dengan tanah hasilnya sama saja.

Namun, bukan berarti Anda harus mengganti makana utama Anda menjadi pisang. Karena pisang ini pada dasarnya hanya sebagai makanan tambahan saja. Anda perlu makan makanan yang seimbang dengan kandungan nutrisi, karbohidrat, dan zat lain yang berguna bagi tubuh Anda. Pisang ini merupakan sebagai makanan alternatif atau makanan tambahan untuk Anda untuk tubuh Anda. Pisang dapat digunakan sebagai makanan yang dijadikan cara diet Anda. Itu saja, bukan sebagai makanan utama Anda. Karena tubuh Anda masih memerlukan zat lain juga nutrisi lain sebagai keseimbangan tubuh Anda dengan sehat.

 

Cara Diet Pisang

Berikut ini caranya:

  1. Ketika sarapan, cukup 1 buah pisang tanpa diolah. Konsumsi satu buah pisang ini bisa mengenyangkan perut Anda. Anda pun juga bisa memakan buah lainnya seperti pepaya sebagai pelancar pencernaan Anda. Namun, jika Anda masih merasa lapar, Anda bisa menambahkan sereal sebagai tambahan makanan.
  2. Cukup 3 buah pisang dalam sehari
  3. Mengkonsumsi makanan selain pisang di siang dan malam hari sesuai porsinya
  4. Jika merasa haus, cobalah meminum air putih segelas sekaligus
  5. Jika ingin makan camilan, disarankan untuk makan jam 3 sore jangan malam hari, juga hindari camilan yang mengandung banyak gula
  6. Tidur sebelum jam 11 malam
  7. Biasakan olahraga di setiap pagi dan sore