Pantangan Diet Hipertensi

Pantangan Diet Hipertensi

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Cara Diet Yang Tepat Untuk Pria , Gerakan Senam Yang Menurunkan Berat Badan , Pantangan Diet Diabetes , Cara Diet Untuk Penderita Diabetes , Pantangan Diet Teh Hijau , Manfaat Teh Hitam Untuk Diam , Jenis Teh Penurun Berat Badan , Cara Mengurangi Berat Badan Dengan Cepat , Jenis Olahraga Yang Menurunkan Berat Badan Cara Membakar Lemak Di Paha , Cara Diet Dengan Mentimun , Cara Diet Dengan Buah Melon , Akibat Kelebihan Kalori Bagi Tubuh , Makanan Rendah Kalori Yang Mengenyangkan , Makanan Yang Membuat Kurus Dalam 1 Minggu , Pantangan Diet Hipertensi , Jamu Pelangsing Tradisional Untuk Bumil , Efek Samping Obat Diet Body Slim , Efek Samping Garam Inggris Untuk Diet , Efek Samping Infused Water Untuk Diet , Gerakan Mengecilkan Pinggang , Macam Jus Sayur Untuk Diet , Efek Samping Jamu Untuk Diet , Menu Diet Turun 10 kg Dalam Sebulan

Pantangan Diet Hipertensi

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi demi menghindari risiko fatal seperti serangan jantung, ada baiknya Anda mengetahui makanan penurun darah tinggi mana yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Karena pada dasarnya, tekanan darah yang tinggi bisa disebabkan oleh beberapa makanan tertentu.

Hipertensi adalah nama lain dari tekanan darah tinggi. Tekanan darah itu sendiri adalah kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong melawan dinding pembuluh darah (arteri). Tekanan darah tinggi juga  kondisi yang menggambarkan di mana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90milimeter raksa (mmHG).

Angka 140 mmHG merujuk pada bacaan sistolik, ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh saat berkontraksi. Sementara itu, angka 90 mmHG mengacu pada bacaan diastolik, ketika jantung dalam keadaan rileks sembari mengisi ulang bilik-biliknya dengan darah.

Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, minum obat saja tidak cukup untuk dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Beberapa orang terdekat Anda mungkin merekomendasikan beberapa jenis makanan penurun darah tinggi. Berikut adalah Pantangan Diet Hipertensi  :

  1. Kafein

Kafein biasanya terkandung dalam kopi, teh dan soda. Minuman yang mengandung kafein mampu menaikkan tekanan darah serta mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan saat diet darah tinggi. Apabila Anda benar-benar menginginkannya atau membutuhkannya, pastikan terlebih dulu kepada dokter Anda untuk batas jumlah kafein yang boleh Anda konsumsi seperti  makanan rendah kalori dan tinggi protein.

  1. Makanan kemasan

Makanan kemasan atau dalam bentuk frozen tentunya mengandung bahan pengawet untuk menjaga keadaannya agar bisa di konsumsi dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, dalam makanan kemasan tentunya ditambahkan garam lebih banyak daripada makanan siap santap.

Sehingga kandungan garam berlebih akan berbahaya bagi penderita hipertensi. Sebaiknya Anda mengimbangi konsumsi makanan kemasan dengan menjalani diet mediterania untuk jantung.

  1. Makanan asam

Makanan asam seperti acar, manisan dan sebagainya menjadi salah satu pantangan diet hipertensi juga. Kandungan garam berlebih dapat menaikkan tekanan darah. Terlalu banyak makan asam sering menjadi efek bahaya diet ekstrim. Hal tersebut akan sangat berbahaya bagi penderita hipertensi. Anda bisa mengganti menu makanan tersebut dengan menu sehat lainnya seperti sayur-sayuran.

  1. Makanan berlemak jenuh

Makanan berlemak jenuh seperti jeroan, kulit ayam, keju dan sebagainya sangat tidak disarankan untuk  menu sarapan pagi sehat untuk diet hipertensi. Selain itu pengolahan jenis makanan tersebut juga harus diperhatikan. Hal tersebut menyebabkan efek samping yang lebih parah apabila disajikan dengan jenis makanan lainnya yang menjadi pantangan diet hipertensi.

  1. Makanan manis

Makanan yang mengandung gula seperti kue, permen dan sebagainya harus dihindari bagi penderita hipertensi. Apabila Anda ingin mengonsumsi makanan manis, pastikan Anda mengkonsumsi makanan rendah kalori yang menyenangkan. Karena sudah ada beberapa produk pemanis rendah kalori yang aman dikonsumsi untuk penderita hipertensi yang beredar di pasaran.

  1. Mi instan

Mi instan merupakan makanan yang sangat praktis untuk dikonsumsi. Sayangnya makanan ini tidak bisa dikonsumsi begitu saja oleh penderita hipertensi apalagi makan setelah olahraga akan membuat gemuk. Mi instan menganduk lemak dan kalori yang mampu meningkatkan tekanan darah. Jadi jangan coba-coba mengonsumsi mi instan dalam jumlah berlebih terutama bagi penderita hipertensi.

  1. Alkohol

Makanan atau minuman yang mengandung alkohol dalam jumlah berlebih tidak hanya beresiko meningkatkan tekanan darah namun bisa juga merusak dinding pembuluh darah. Pastikan anda benar-benar memperhatikan kandungan makanan yang Anda konsumsi agar terhindar dari risiko penyebab tidak bisa gemuk .

Pantangan diet hipertensi memang cukup rumit. Namun demi hidup sehat tidak ada salahnya anda memperhatikan apa saja yang menjadi pantangan makanan dan minuman saat diet. Itulah jenis-jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi. Semangat menjalani hidup sehat dan hindari jenis-jenis makanan yang menjadi pantangan diet hipertensi.