Nutrisi Yang Harus Dikonsumsi Saat Diet

Nutrisi Yang Harus Dikonsumsi Saat Diet

Usai Lebaran, Perlukah Jalani Diet Detoks? - Health Liputan6.com

Pelaku diet sehat dalam rangka menjaga tubuh dari obesitas terkadang melupakan beberapa nutrisi penting yang seharusnya ada dalam menu mereka. Tidak ada yang keliru dengan usaha mengatur berat badan, apalagi jika tujuannya demi kesehatan. Potensi masalah yang muncul dari kondisi obesitas, misalnya, memang tidak bisa dianggap enteng. Namun begitu, kekurangan nutrisi yang penting dalam program diet seperti vitamin D, zat besi dan vitamin B memang tidak dirasakan secara langsung. Namun, lama-kelamaan akan mempengaruhi kesehatan tulang, otak dan menurunkan energi. Berikut adalah beberapa daftar Nutrisi Yang Harus Dikonsumsi Saat Diet.

1. Kalsium

Makanan yang mengandung kalsium

Kalsium sangat penting untuk dikonsumsi saat diet karena ternyata dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara mengoptiomalkan kerja sel-sel dalam tubuh. Sehingga, tubuh akan mampu menyerap makanan dan nutrisi dengan cepat. Selain itu, kalsium juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang, jantung, dan otot. Oleh karena itu, saat diet jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti tahu dan keju.

2. Zinc

Makanan yang mengandung Zinc

Zinc ternyata tidak hanya memiliki protein tinggi, namun juga mengenyangkan karena melancarkan proses pembakaran energi. Oleh karena itu nutrisi ini sangat penting untuk tetap dikonsumsi saat diet. Jadi pastikan kalau Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc dan protein tinggi seperti makanan laut dan kacang-kacangan, ya!

3. Asam Lemak

Makanan yang mengandung asam lemak

Seperti yang diketahui bahwa asam lemak sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh, namun tidak semua bisa diproduksi oleh tubuh secara langsung. Dilansir dari laman hellosehat, semuanya termasuk ke dalam asam lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak tersebut termasuk asam lemak omega-3 seperti asam alfa-linolenat (ALA), asam docosahexaenoic (DHA), asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam lemak omega-6 seperti asam linoleat. Asam lemak tersebut bisa diperoleh dari lemak ikan, minyak ikan, sayur-sayuran, jagung, dan kacang kedelai. Fungsi asam lemak ini untuk menjaga tubuh tetap sehat dan juga mengontrol kolesterol.

4. Vitamin A, D, E, K 

Makanan yang mengandung Vitamin A, D, E, K

Vitamin A, D, E dan K merupakan vitamin larut dalam lemak yang masing-masingnya berfungsi sama penting di dalam tubuh. Vitamin A memiliki peran dalam sistem kekebalan tubuh dan reproduksi. Kamu bisa mendapatkan vitamin A ini dari buah dan sayur dalam bentuk pro vitamin A. Sedangkan untuk Vitamin D dapat diperoleh dari paparan cahaya matahari yang berguna untuk kesehatan tulang, peningkatan imunitas, dan kelancaran impuls dari otak ke bagian oragn tubuh.

5. Magnesium

Makanan yang mengandung magnesium

Magnesium juga tidak kalah penting untuk tetap dikonsumsi saat diet. Hal ini dikarenakan magnesium dapat meningkatkan kerja otot yang digunakan secara intens ketika berolahraga sekaligus membakar lemak ketika Anda tidak sedang berolahraga, sangat penting saat diet bukan? Oleh karena itu Anda harus mengonsumsi sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, makanan laut, tahu dan yogurt.