Mitos Diet Yang Bikin Gagal Langsing

Mitos Diet Yang Bikin Gagal Langsing

Banyak cara yang dipercaya bisa menurunkan berat badan dengan efektif sekaligus menjaga kesehatan. Makanya, sah-sah aja kalau banyak orang mencoba berbagai cara diet tersebut. Tapi sebaiknya sebelum berdiet, kamu harus tahu dulu apakah cara yang kamu pilih sudah benar. Jangan sampai cara diet yang kamu pilih adalah mirot belaka. Bukannya langsing, nanti kesehatan kamu malah rusak. Nah, berikut ini ada Mitos Diet Yang Bikin Gagal Langsing :

1. Menahan lapar

7 Mitos Diet yang Justru Bisa Bikin Gagal Langsing

Saat seseorang memulai diet hal pertama yang dilakukannya adalah menahan lapar, padahal itu tidak benar. Cara diet dengan menahan lapar justru membuat seseorang ingin makan lebih banyak saat waktu makan tiba. Maka dari itu, dari pada menahan lapar lebih baik membagi porsi makan menjadi lebih kecil dengan frekuensi yang lebih sering, agar tidak kelaparan yang justru berpotensi membuat makan lebih banyak.

2. Tidak sarapan

7 Mitos Diet yang Justru Bisa Bikin Gagal Langsing

Tidak sarapan ternyata tidak membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Jika seseorang tidak sarapan di pagi hari, kadar gula darah yang rendah dapat memicu peningkatan hormon lapar. Dan hal tersebut justru akan membuat diet menjadi gagal.

3. Tidak makan malam

7 Mitos Diet yang Justru Bisa Bikin Gagal Langsing

Para ahli gizi berpendapat bahwa kalori adalah kalori, tidak peduli kapan pun seseorang memakannya. Jadi tidak ada dampak yang berbeda saat seseorang menikmati makanannya pada malam hari. Mitos yang berkembang tentang makan pada malam hari akan membuat gemuk itu tidak benar, yang benar adalah jangan makan sebelum tidur sebab bisa menyebabkan risiko gangguan pencernaan dan nyeri ulu hati.

4. Air es bikin gemuk

7 Mitos Diet yang Justru Bisa Bikin Gagal Langsing

Jika ada yang berkata minum air es membuat gemuk karena bisa membuat lemak membeku serta air hangat bisa membuat lemak lebih mudah terurai, kedua argumen ini sama-sama belum dapat dibuktikan kebenarannya. Jadi pada kenyataannya minum air es tidak akan membuat seorang menjadi gemuk namun dengan catatan air es tersebut adalah air putih tidak di tambah sirup dan lainnya.

5. Tidak mengonsumsi karbohidrat.

7 Mitos Diet yang Justru Bisa Bikin Gagal Langsing

Saat seseorang diet maka yang paling dihindari adalah karbohidrat, sebab banyak orang beranggapan kalau karbohidrat membuat tubuh gemuk. Padahal pada kenyataannya, yang membuat gemuk bukanlah karbohidratnya melainkan bagaimana seseorang mengonsumsinya. Jika seseorang mengonsumsi karbohidrat secukupnya maka tidak akan membuat gemuk. Saat seseorang diet nyatanya karbohidrat tetap dibutuhkan, jadi tetaplah mengonsumsi karbohidrat saat diet namun dengan jumlah tertentu.

6. Tidak mengonsumsi lemak

7 Mitos Diet yang Justru Bisa Bikin Gagal Langsing

Saat diet seseorang cenderung sangat menghindari lemak karena dipercaya sangat berpengaruh pada kenaikan berat badan. Tapi ternyata saat seseorang diet ia masih tetap harus mengonsumsi lemak sebab tubuh membutuhkan lemak untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak. Namun, pilihlah lemak yang baik seperti dari kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindari lemak jenuh dan trans-fat seperti pada mentega dan goreng-gorengan.

7. Olahraga berlebihan

7 Mitos Diet yang Justru Bisa Bikin Gagal Langsing

Seberat apapun seseorang olahraga, ia tetap tidak akan bisa menurunkan berat badan secara drastis. Yang benar bukanlah olahraga yang berat melainkan olahraga yang teratur dan konsisten. Dan yang perlu diingat saat ingin menurunkan berat badan seseorang tidak harus memulai dengan olahraga ekstrem melainkan bisa memulai cukup dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda.

Ada baiknya saat kamu ingin menjalankan diet terlebih dahulu mencari tahu mana yang fakta dan hanya sekadar mitos saja agar dietmu tidak sia-sia. Ingat, tujuan diet adalah mencapai berat badan ideal untuk tubuh yang lebih sehat bukan hanya kurus.