Menu Diet Dengan Nasi Putih

Menu Diet Dengan Nasi Putih

Jual Nasi Putih per porsi di lapak kedai ayam penyet update ...

Saat berat badan sudah mulai di ambang batas normal, diet selalu menjadi jalan keluar yang dinilai paling efektif. Diet pun ada berbagai macam, salah satunya dengan tidak makan nasi putih dalam kurun waktu tertentu. Sebagai hasil pengolahan dari beras, dalam per 100 gram nasi putih terdiri dari kalori sebanyak 129 kal, lemak 0.28 gr, karbohidrat 27.9 gr dan protein 2.66 gr. Oleh karenanya, nasi putih patut dihindari karena berpotensi membuat tubuh lebih cepat gemuk. Bahkan selain menggemukkan, konsumsi 150 gram beras putih lebih dari lima kali sepekan juga dapat meningkatkan resiko diabetes sebanyak 17%.

Lalu, apakah diet tanpa nasi putih ini aman? Tentu saja jika dilakukan dengan kombinasi yang tepat. Diet nasi putih yang sehat adalah dengan mengalihkan asupan karbohidrat dari nasi menjadi sumber pangan yang lain. Nah berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Menu Diet Dengan Nasi Putih , simak ulasannya dibawah ini.

1. Urap

Menu diet dengan nasi putih yang pertama adalah urap. Makanan tradisional yang satu ini terbuat dari campuran sayur dengan parutan kelapa yang dibumbui cabai. Menu yang satu ini paling nikmat jika disantap dengan nasi putih hangat. Membuat kenyang, para pelaku diet tak perlu takut mengkonsumsi urap karena panganan yang satu ini rendah kalori.

Bagi yang bosan dengan olahan sup sayur atau tumis sayur, urap sangat direkomendasikan karena perpaduan sayur dan parutan kelapa pedasnya memberi sensasi segar. Untuk pilihan sayurnya, ada banyak sayuran untuk diet yang bisa dipilih sebagai bahan, misalnya menggunakan bayam atau kangkung, kemudian kacang panjang, dan tauge sebagai sayuran wajib.

Bayam adalah bahan yang paling direkomendasikan, karena khasiat bayam untuk diet sangat kaya. Cara pembuatannya pun cukup mudah, pertama siapkan bahan, yaitu sayur sesuai selera, kelapa muda parut, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, cabai, kencur, garam dan gula. Kemudian rebus sayur hingga empuk, lalu sisihkan.

Selanjutnya haluskan bumbu dan campur dengan kelapa muda parut. Kukus bumbu kelapa kira-kira 20 menit. Kemudian campur bumbu kelapa dengan sayur yang sudah direbus. Urap siap dinikmati dengan nasi putih hangat. Menu diet yang satu ini akan makin nikmat kala disantap ditemani dengan es kelapa muda di siang hari.

2. Tumis Jamur

Menu diet yang menggugah selera berikutnya adalah tumis jamur. Tumis jamur kerap dijadikan pilihan santapan diet karena rendah kalori. Kerap digunakan sebagai pengganti danging, khasiat jamur untuk diet cukup beragam. Menurut jurnal Apetite, jamur shitake memberikan rasa kenyang yang setara dengan daging. Dalam satu porsi mentah jamur shitake diperkirakan hanya mengandung 20 kalori saja.

Angka yang cukup rendah untuk ukuran menu diet. Selain cocok sebagai menu diet, ada bonus juga loh bagi para pengonsumsi jamur, karena jamur mengandung anti aging, seperti ERGO dan GSH yang membuat awet muda. Kaya manfaat, tumis jamur juga mudah untuk dibuat.

Pertama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, antara lain jamur, cabai rawit potong serong, bawang merah, bawang putih, garam, gula, kaldu ayam bubuk, merica, daun bawang, dan minyak goreng. Selanjutnya cuci bersih jamur, kemudian peras hingga kandungan airnya berkurang.

Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, lalu tambahkan cabai rawit dan daun bawang, tumis hingga layu. Kemudian, masukkan jamur dan tumis hingga layu.

Jangan lupa untuk melakukan seasoning menggunakan garam, gula, merica dan kaldu ayam bubuk. Tumis hingga jamur empuk dan matang, lalu sajikan. Untuk menu tumis, jamur tiram paling cocok digunakan.

3. Sup Tomat

Makanan yang satu ini adalah menu wajib para pelaku diet. Yup, menu diet dengan nasi putih selanjutnya adalah sup tomat. Sup tomat cocok dinikmati di segala waktu dan suasana. Apalagi jika disantap dengan nasi putih dan sambal. Berbahan dasar tomat, sup ini kaya dengan vitamin dan mineral.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Pertama siapkan aneka bahan, seperti sayur, bawang putih, bawang bombay, jahe, daun bawang, garam, merica dan air. Bila ingin menambahkan bahan lain, misalnya tahu atau jamur juga diperbolehkan, loh!.

Setelah menyiapkan bahan, cuci bersih tomat lalu potong menjadi beberapa bagian. Kemudian, cincang dawang putih, bawang bombay, dan daun bawang. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan bawang putih, bawang bombay, daun bawang, jahe, bahan tambahan, dan tomat di akhir.

Jangan lupa untuk menambahkan garam dan merica secukupnya. Memiliki cita rasa asam yang menyegarkan, sup ini cocok disantap bersama nasi dengan sambal bawang. Manfaat tomat untuk diet sudah tidak perlu diragukan lagi loh! Tomat memiliki kandungan kalori yang rendah, yaitu sekitar 20 kalori dalam 100 gram tomat.

Sedangkan kandungan seratnya sekitar 4,2 gram. Bagi yang mengalami gangguan pencernaan, sup tomat ini juga sangat direkomendasikan, karena dalam 1 buah tomat besar mengandung 6 ons cairan dan 1,5 gram serat. Cairan dan serat tersebut mampu mengatasi konstipasi.

4. Pepes Tempe dan Tahu

Menu diet dengan nasi putih paling recomended adalah pepes tempe dan tahu. Pepes adalah makanan tradisional yang biasanya terbuat dari ikan atau ayam, kemudian dibungkus daun pisang. Tak perlu khawatir berat badan naik, para pelaku diet bisa mengganti bahan utama pepes dengan tempe dan tahu.

Tempe dan tahu terbuat kedelai yang tinggi protein dan serat, tetapi rendah gula dan kalori. Khasiat tempe untuk diet sangat beragam loh! Menurut kandungan nutrisinya, tempe lebih padat nutrisi daripada tahu. Begitu juga dengan kandungan kalorinya, tahu lebih rendah kalori dibandingkan dengan tempe.

Akan tetapi, cara mengolah tempe untuk diet juga perlu diperhatikan agar tidak merusak kandungan nutrisinya. Para pelaku diet bisa memilih tahu atau tempe, bahkan kombinasi keduanya dalam membuat pepes. Untuk membuat pepes, ada beberapa bahan yang harus disiapkan, antara lain, tahu dan atau tempe, daun bawang, cabai merah, cabai hijau, daun kemangi, daun salam, bawang merah, bawang putih, gula merah sisir, dan garam.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan daun pisang serta tusuk gigi untuk membungkus pepes. Pertama, haluskan bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, gula merah sisir, dan garam. Kemudian potong tempe, tahu, daun bawang, cabai hijau dan cabai merah serong.

Campurkan bahan tersebut dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan pula lembaran daun salam dan daun kemangi ke dalam campuran. Siapkan daun pisang yang sudah dicuci bersih, kemudian bungkus campuran bahan dengan daun pisang.

Sematkan tusuk gigi untuk menjaga pepes agar tidak tumpah. Kukus pepes hingga matang, lalu sajikan. Pepes lebih nikmat disantap menggunakan nasi selagi hangat.

5.  Ayam Rebus

Siapa bilang orang diet tak boleh makan ayam? Nah, menu kali ini pastinya sangat spesial untuk para pelaku diet yang takut gemuk jika mengonsumsi ayam. Menu diet dengan nasi putih kali ini adalah ayam rebus.  Kala mengonsumsi ayam, usahakan untuk memilih bagian dada, karena dada ayam adalah bagian yang paling rendah lemak. Selain rendah lemak, tekstur pada dada ayam juga lembut, sehingga semakin nikmat untuk disantap.

Ayam rebus aman untuk diet sehat karena terbuat dari daging ayam dan juga sayur yang menyehatkan. Dalam 100 gram dada ayam mengandung 164 kalori. Angka ini terbilang cukup tinggi, namun jangan khawatir karena dada ayam juga mengandung protein yang tinggi, yaitu sekitar 31 gram yang dapat membuat kenyang lebih lama.

Untuk membuat menu ayam rebus, bahan yang perlu disiapkan adalah dada ayam, sayur sesuai selera, misalnya brokoli dan wortel, bawang putih, bawang bombay, merica, daun salam, daun jeruk, jeruk nipis, air, cabai hijau, dan minyak zaitun. tak menggunakan minyak goreng biasa, penggunaan minyak zaitun untuk menumis karena khasiat minyak zaitun untuk diet sudah tak perlu diragukan lagi.

Setelah menyiapkan bahan, langkah pertama yang dilakukan adalah merebus ayam dengan bawang. daun jeruk, daun bawang, dan merica. Lalu masukkan brokoli dan wortel, dan tiriskan ayam dan sayur yang sudah empuk.

Tumis bawang bombay, bawang putih, cabai hijau dengan minyak zaitun, lalu masukkan ayam dan tambahkan air serta merica. tunggu hingga harum, lalu sajikan. Menu yang satu ini paling cocok disantap saat cuaca dingin dengan nasi hangat.