Manfaat Wedang Jahe Untuk Diet

Manfaat Wedang Jahe Untuk Diet

18 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan & Resep Wedang Jahe - Selerasa.com

Salah satu rempah-rempah yang sering digunakan untuk obat adalah jahe. Rempah-rempah jenis ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu digunakan sebagai obat herbal tradisional. Manfaat jahe memang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat apabila dikonsumsi sesuai porsi.

Ciri-ciri yang paling terlihat dari tanaman rimpang ini adalah baunya yang khas. Serta memiliki rasa pedas yang terkandung pada jahe sangat ampuh membuat badan menjadi hangat bila dikonsumsi. Jahe sering digunakan untuk campuran bumbu dapur

Seiring dengan perkembangan zaman banyak olahan dari bahan jahe. Misalnya saja permen jahe, wedang jahe, selai jahe, dan dodol jahe. Namun banyak orang yang belum mengetahui salah satu manfaat air jahe yakni untuk diet.

Biasanya banyak orang yang salah dan menganggap diet harus dengan cara mengurangi asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Padahal selain mengatur pola makan yang baik dan teratur harus diimbangi dengan hidup sehat seperti berolahraga, makan makanan bergizi dan hidup sehat lainnya. Berikut merupakan Manfaat Wedang Jahe Untuk Diet , simak ulasannya dibawah ini.

1. Menyeimbangkan pH dalam tubuh serta melancarkan pencernaan

pH dalam tubuh harus tetap seimbang antara sifat asam dan basa. Karena jika sifat asam terlalu dominan akan menjadikan penumpukan lemak yang menjadi salah satu penyebab obesitas. Dengan khasiat wedang jahe untuk diet mampu menyeimbangkan kadar asam dan basa didalam tubuh. Selain itu khasiat wedang jahe untuk diet juga mampu merangsang enzim pencernaan dalam mengolah makanan menjadi energi dan nutrisi.

Dengan begitu proses pencernaan akan lancar dan makanan yang dikonsumsi akan terserap dengan sempurna kandungan nutrisinya. Inilah yang biasa dikatakan sebagai cara diet enak bahagia menyenangkan, karena rasa kenyang dapat dan kebutuhan nutrisi juga tercukupi di dalam tubuh.

2. Meningkatkan energi

Cara diet yang baik dengan tidak mengurangi asupan nutrisi di dalam tubuh. Makanan yang dikonsumsi harus bisa terserap dengan sempurna kandungan nutrisinya. Jika kadar pH serta pencernaan lancar akibat khasiat wedang jahe untuk diet, maka nutrisi yang ada dalam makanan juga akan terserap dengan sempurna. Dengan begitu kebutuhan energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari juga akan tercukupi.

Perlu diketahui bahwa jahe memiliki kesamaan dengan khasiat kopi hijau untuk diet, yakni sama-sama memiliki kafein. Akan tetapi, kafein dalam khasiat wedang jahe untuk diet berfungsi dalam memberikan rasa segar serta bertenaga bagi tubuh.

3. Kenyang lebih lama

Pencernaan yang lancar akan membuat lemak jahat didalam tubuh bisa dikeluarkan secara rutin. Hal ini juga tidak terlepas dari peran kandungan serat didalam makanan. Khasiat wedang jahe untuk diet juga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga mampu menahan nafsu seseorang ketika sedang ingin ngemil. Dengan begitu keinginan untuk makan akan semakin tertekan karena rasa kenyang yang lebih lama dari biasanya.

4. Meningkatkan metabolisme

Jenis rempah yang bisa dijadikan menu minuman dengan memiliki rasa yang sedikit pedas selain khasiat wedang jahe untuk diet juga dimiliki oleh khasiat jintan hitam untuk diet. Kedua rempah ini memiliki kesamaan dalam khasiatnya yakni meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan metabolisme tubuh juga disebabkan karena asupan antioksidan yang cukup bagi tubuh seperti halnya yang ada dalam khasiat kencur untuk diet yang juga berfungsi dalam meningkatkan metabolisme tubuh.

Dengan menyeduh wedang jahe dua kali sehari pada saat sarapan serta sebelum tidur akan menjadikan pengeluaran sisa-sisa makanan menjadi lebih rutin dan lancar. Baik melalui urin, feses maupun keringat. Hal ini menandakan bahwa kinerja metabolisme tubuh meningkat.