Manfaat Susu Jahe Untuk Diet

Manfaat Susu Jahe Untuk Diet

saat musim hujan datang seperti sekarang ini, anda mungkin berfikir bagaimana caranya membuat tubuh tetap hangat. nah, salah satu pilihan yang dapat anda pilih adalah dengan membuat susu jahe. ya, anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan minuman khas indonesia yang satu ini yaitu susu jahe. seperti namanya susu jahe dibuat dari susu dan jahe yang dicampur hingga akhirnya terciptalah rasa yang enak dan unik khas.

susu dan jahe merupakan kombinasi yang tepat dan sehat bagi tubuh karena kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya sangat  baik untuk kesehatan. susu jahe ini sangat berkhasiat bagi tubuh dan kesehatan. untuk mendapatkannya pun tidak sulit karena sekarang ini sudah banyak produk susu jahe instan yang dapat anda peroleh di pasaran. atau anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah karena membuatnya pun tidak sulit. Selain digunakan sebagai obat masuk angin , susu jahe ini dapat membantu anda yang sedang menjalani proses diet , seperti berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Manfaat Susu Jahe Untuk Diet :

7 Manfaat Susu Jahe Untuk Diet dan Kesehatan

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Lancarnya proses tubuh dan reaksi kimia yang berlangsung sebagai bagian dari kinerja organ tubuh berkaitan dengan tingkat metabolisme tubuh Anda. Hal ini sangat penting apabila Anda hendak menurunkan berat badan. Dengan metabolisme tubuh yang lancar, maka proses diet yang Anda lakukan juga akan berjalan dengan baik. Semakin baik proses metabolisme tubuh kita, maka begitu juga proses kimia di dalam tubuh. Tanpa itu, usaha penurunan berat badan akan sia – sia saja. Metabolisme terkait dengan pengolahan dan penyerapan makanan yang masuk ke tubuh sehingga dapat menjadi sumber energi. Metabolisme yang lancar akan memaksimalkan penggunaan energi dari makanan secara maksimal sehingga tidak ada penumpukan asupan makanan yang tidak diolah menjadi energi di dalam tubuh.

2. Bersifat mengenyangkan

Manfaat susu jahe untuk diet juga sangat berguna untuk dapat menahan rasa lapar. Sebab, salah satu faktor yang menggagalkan program diet adalah rasa lapar tersebut. Lapar akan memicu makan yang berlebihan dan mengakibatkan diet tidak dilakukan dengan tuntas, walaupun asupan makanan sudah mencukupi. Konsumsi susu jahe hangat akan membantu agar perut terasa kenyang lebih lama sehingga diet Anda tidak terganggu dengan rasa lapar. Anda juga bisa mencoba manfaat air rebusan jahe dan sereh, manfaat jahe dan gula merah, dan manfaat jahe untuk maag.

3. Mengontrol nafsu makan

Salah satu godaan ketika sedang berdiet adalah makan berlebihan karena cara diet yang salah. Terlalu mengekang asupan makanan beresiko bahwa satu saat akan ada kemungkinan makan berlebihan karena lapar. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan ditemukan bahwa mengonsumsi jahe dapat mengontrol nafsu makan yang akan sangat bermanfaat untuk diet. Tujuan diet adalah membatasi asupan makanan dan mengubah pola makan agar berat badan bisa berkurang sekaligus juga untuk memelihara kesehatan tubuh. Manfaat susu jahe untuk diet akan menekan nafsu makan sehingga Anda tidak merusak pola diet karena makan berlebihan.

4. Meningkatkan efek thermal tubuh

Manfaat susu jahe untuk diet berhubungan dengan peningkatan efek thermal tubuh yang akan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Pembakaran lemak yang efektif dalam tubuh Anda sangat berguna untuk mempercepat pengolahan makanan menjadi energi sehingga tidak ada sisa asupan makanan yang menumpuk. Dalam proses pengolahan dan penyerapan makanan, diperlukan banyak energi sehingga dengan peningkatan pembakaran lemak maka kalori yang dihasilkan dari makanan bisa digunakan untuk keperluan tersebut. Konsumsi jahe dalam porsi tertentu bisa dikatakan setara dengan kegiatan olahraga selama dua jam. Begitu juga manfaat jahe saat flu, karena bisa meningkatkan suhu tubuh dan menghangatkan.

5. Penawar racun

Jahe juga bermanfaat untuk membuang zat – zat racun yang menumpuk di dalam tubuh. Untuk melindungi tubuh dari racun, sel lemak akan diproduksi. Dengan kata lain, jahe bermanfaat sebagai bahan untuk detoksifikasi yang akan membuang racun dari tubuh sehingga tubuh bebas dari zat berbahaya. Jika tidak dilakukan detoksifikasi, maka setelah melakukan diet ada kemungkinan tubuh akan kembali seperti sebelumnya karena ada respon dari tubuh untuk meningkatkan produksi sel lemak agar dapat melindungi tubuh dari racun tersebut. Maka, program diet Anda akan sia – sia saja.

6. Memperlancar pencernaan

Manfaat susu jahe untuk diet juga berasal dari khasiatnya untuk memperlancar proses pencernaan. Diet Anda tidak akan berhasil apabila Anda mengalami masalah pencernaan sebab asupan makanan sudah pasti tidak akan diproses secara optimal oleh organ – organ pencernaan tersebut. Mengonsumsi susu jahe akan mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti susah buang air besar, sembelit, dan rasa mual. Anda juga bisa mencoba manfaat jahe dan jeruk nipis ataumanfaat jahe  dicampur madu.

7. Menguatkan imunitas tubuh

Melakukan diet berarti mengubah pola makan menjadi lebih sehat atau mengatur asupan makanan yang lebih cocok dengan kebutuhan tubuh Anda. Untuk itu, kondisi dan daya tahan tubuh pun harus berada pada tahap yang baik. Anda tidak dapat melakukan perubahan pola makan ketika imunitas tubuh sedang rapuh. Manfaat susu campur  jahe untuk diet akan membantu memperkuat imunitas sehingga perubahan pola makan dapat Anda lakukan dengan lancar.

Manfaat susu jahe untuk diet memang sangat membantu, akan tetapi sampai saat ini belum diketahui seberapa banyak porsi jahe yang tepat untuk keperluan menurunkan berat badan. Para ahli mengatakan bahwa susu jahe cukup dikonsumsi dua kali sehari pada pagi dan malam hari saja dan jangan gunakan air yang terlalu panas. Perhatikan porsi irisan jahe Anda, karena konsumsi jahe melebihi 4 gram dalam sehari beresiko menyebabkan mulas, mual, kembung atau gangguan pada pencernaan. Jangan konsumsi jahe apabila Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah seperti warfin atau aspirin. Begitu juga jika Anda mengalami gangguan batu empedu, ulkus atau IBD, akan dioperasi, sedang hamil atau mengonsumsi obat untuk penyakit spesifik.