Manfaat Soya Untuk Diet

Manfaat Soya Untuk Diet

Image result for soya milk

Mengkonsumsi susu kedelai sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Baik laki-laki atau perempuan, tua atau muda, besar atau kecil, orang desa maupun orang kota banyak yang mengkonsumsi susu ini. Kenapa? Tentu saja karena manfaatnya yang sangat baik untuk tubuh. Salah satu manfaat susu kedelai yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Kok bisa? Nah, berikut merupakan Manfaat Soya Untuk Diet .

1. Mencegah anemia

Salah satu manfaat susu kedelai untuk kesehatan adalah mencegah anemia. Dalam susu kedelai terdapat vitamin B12 yang akan membantu produksi sel darah merah. Ini merupakan solusi baik untuk vegetarian yang tidak bisa mengonsumsi telur atau susu sapi sebagai sumber vitamin B12 tersebut.

2. Menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat susu kedelai yaitu untuk menurunkan kolesterol. Susu kedelai memiliki kemampuan untuk meningkatkan profil lipid darah. Tidak seperti susu sapi, yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol, lemak susu kedelai sebagian besar tak jenuh dan nol kolesterol. Asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang ditemukan dalam kedelai juga dapat menghambat penumpukan kolesterol dalam aliran darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi susu kedelai secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Ini artinya manfaat susu kedelai untuk menurunkan kolesterol benar-benar nyata. Susu kedelai menjadi minuman yang ideal bagi yang memiliki kolesterol tinggi atau memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner.

3. Memperkuat pembuluh darah

Salah satu manfaat susu kedelai untuk kesehatan lainnya adalah memperkuat tubuh dari dalam, tepatnya pembuluh darah. Asam lemak omega-3 dan omega-6 serta kandungan phyto-antioksidan dalam kedelai sangat efektif dalam melindungi pembuluh darah dari luka dan perdarahan.

Senyawa ini mengikat lapisan pembuluh darah dan mempertahankan sel-sel lapisan dari serangan radikal bebas dan deposit kolesterol. Pengikatan gizi ini juga meningkatkan fluiditas dan fleksibilitas pembuluh darah sehingga mereka jauh lebih tahan terhadap perubahan tekanan darah.

4. Mencegah sakit kardiovaskular

Susu sari kedelai juga mengandung vitamin E yang baik sebagai pencegahan terhadap penyakit stroke dan jantung koroner. Vitamin E pada susu sari kedelai akan mencegah terjadinya plak di pembuluh darah arteri yang menjadi penyebab pembuluh darah tersumbat.

Manfaat susu kedelai untuk mencegah sakit kardiovaskular ini didapat melalui kandungan asam folat dan vitamin B6 yang berperan untuk pencegahan penyakit jantung. Untuk kandungan magnesium pada sari kedelai juga berperan sebagai penghambat pelepasan tromboksan atau zat yang membuat keping darah sehingga lebih mudah menggumpal.

5. Mencegah kanker

Salah satu manfaat susu kedelai untuk kesehatan lainnya adalah untuk mencegah penyakit ganas kanker. Caranya dengan rutin mengonsumsi susu sari kedelai yang banyak mengandung mineral, protein serta vitamin. Selain itu, kandungan selenium akan berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas pemicu sel kanker.

6. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan satu penyakit yang biasa diderita manula akibat dari semakin sedikitnya hormon di dalam tubuh. Kandungan vitamin D serta kalsium yang terdapat di dalam susu sapi juga terkandung dalam susu kedelai. Sedangkan fitoesterogen akan membuat kalsium lebih cepat diserap tubuh sebagai pencegahan terhadap osteoporosis.

7. Mencegah sindrom pascamenopause

Manfaat susu kedelai ternyata penting bagi mereka yang telah melewati masa menopause. Selama menopause, produksi estrogen akan menurun. Penurunan estrogen yang tiba-tiba dapat menciptakan sejumlah masalah kesehatan bagi wanita menopause.

Wanita menopause memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Mereka juga lebih rentan terhadap depresi, perubahan suasana hati, insomnia dan gangguan psikologis lainnya. Kandungan fitoestrogen dalam kedelai adalah pengganti estrogen. Rutin mengonsumsi kedelai bisa menjadi cara bagus untuk mencegah dan mengurangi sindrom pascamenopause.

8. Mencegah kanker prostat

Manfaat susu kedelai lainnya sangat penting untuk pencegahan kanker. Susu kedelai merupakan sumber fitoestrogen, hormon tanaman yang unik, yang dapat menghambat produksi testosteron pada pria.

Penurunan kadar testosteron pada pria dapat mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang jarang makan kedelai cenderung mengembangkan hipertrofi prostat atau kanker prostat.

9. Mengobati migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah yang sering terjadi secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya lebih sering dialami wanita dibandingkan dengan pria. Penyebab utamanya adalah siklus hormonal wanita. Dengan mengonsumsi sari kedelai secara teratur maka migrain bisa dicegah dan juga dihilangkan secara aman dan alami.

10. Menjaga kesehatan mental

Dalam 1 cangkir susu kedelai terkandung 5.8% vitamin B6 yang baik untuk produksi serotonin neurokimia sehingga bisa memperbaiki mood seseorang. Sementara magnesium akan meningkatkan serotonin yang serupa dengan obat antidepresan.

11. Mengurangi gejala pra-menstruasi

Bagi para wanita juga sangat disarankan untuk rajin mengonsumsi susu kedelai yang banyak mengandung magnesium serta kalsium sehingga membantu dalam mengatasi gejala pra-menstruasi setiap bulannya.