Manfaat Kol Ungu Untuk Diet

Manfaat Kol Ungu Untuk Diet

Image result for kol ungu

Kubis atau kol berwarna ungu semakin mudah ditemui di pasar tradisional atau supermarket. Sayuran yang satu ini semakin populer dikonsumsi, tetapi tak banyak yang tahu manfaat kol ungu yang sesungguhnya bagi tubuh.

Kubis ungu kaya akan fitokimia, nutrisi, antioksidan, vitamin dan mineral yang terdiri dari thiamin, folat, kalsium, magnesium, mangan, riboflavin, zat besi, kalium, vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin K dan vitamin B, serat serat makanan. Satu porsi kol ungu (70 gram) mengandung 2 g serat, 216 mg potasium, 51 mg vitamin C, dan 993 IU vitamin A. Nah berikut ini kami akan membahas mengenai Manfaat Kol Ungu Untuk Diet .

  1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Seseorang yang menjalani diet kerap kali memiliki kondisi tubuh yang lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit akibat batasan pada nutrisi dan kalori yang dikonsumsinya. Manfaat diet dengan kol ungu adalah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan vitamin dan senyawa antioksidannya.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat kol ungu untuk diet lainnya adalah membantu dalam meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga sistem pencernaan dapat bekerja lebih optimal. Hal tersebut dapat membantu penyerapan nutrisi dari setiap makanan yang dikonsumsi menjadi lebih baik.

  1. Membantu mengatur nafsu makan

Kandungan serat yang tinggi di dalam kol ungu dapat membantu menjadikannya dicerna lebih lama sehingga seseorang yang mengkonsumsinya akan kenyang lebih lama.

Dengan kondisi tersebut maka keinginan untuk makan akan berkurang dan secara tidak langsung dapat membantu mengatur nafsu makan. Makanan dengan serat tinggi kerap dikonsumsi dalam aktivitas diet rendah protein.

  1. Mencegah gangguan pada pencernaan

Gangguan pada saluran pencernaan sangat rentan terjadi bagi orang yang menjalani aktivitas diet. Konsumsi kol sebagai makanan dalam menu diet dapat membantu memberikan manfaat yang positif terhadap saluran pencernaan karena kandungan nutrisi dan senyawa di dalamnya sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan pada pencernaan.

  1. Mencegah penyakit kanker

Kanker merupakan salah satu kondisi yang tidak diharapkan terjadi oleh setiap orang karena bahayanya yang dapat beresiko pada nyawa penderitanya. Kol ungu dengan kandungan senyawa antioksidan di dalamnya dapat membantu tubuh mencegah pertumbuhan sel sel kanker berbahaya secara efektif.

  1. Membantu dalam mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh

Manfaat lainnya dari kol ungu sebagai salah satu sayuran untuk diet adalah membantu dalam mengatasi kondisi peradangan yang dapat terjadi di dalam tubuh. Radang merupakan salah satu penyakit umum yang biasanya muncul di beberapa bagian tubuh dengan penyebabnya masing masing.

  1. Mengobati bekas luka

Selain untuk membantu memberikan manfaat bagi organ dalam tubuh, kol ungu juga dapat membantu mengobati bekas luka yang muncul di permuakaan kulit. Dengan konsumsi kol ungu secara berkala maka bekas luka dapat tersamarkan.

Itulah beberapa manfaat kol ungu untuk diet yang perlu diperhatikan dengan baik dan beberapa dampak positif yang bagi kesehatan tubuh untuk membantu mencegah beberapa jenis penyakit tertentu.