Manfaat Ketan Hitam Untuk Diet

Manfaat Ketan Hitam Untuk Diet

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Cara Mengolah Sayuran Untuk Menu Diet , Diet Golongan Darah B , Cara Diet Dengan Jeruk Nipis , Cara Diet Tanpa Olahraga , Penyebab Gendut , Contoh Menu Makanan 500 Kalori , Contoh Menu Diet 1200 Kalori yang Bagus , Menu Diet Simple dan Murah , Makanan Penambah Massa Otot , Khasiat Markisa Untuk Diet , Manfaat Makanan Sehat , Daftar Makanan Vegetarian Untuk Diet , Manfaat Pepaya Untuk Diet , Manfaat Ikan Salmon Untuk Diet , Manfaat Ketan Hitam Untuk Diet , Khasiat Buah Langsat Untuk Diet , Manfaat Bawang Lanang Untuk Diet , Manfaat Lidah Buaya Untuk Diet

Manfaat Ketan Hitam Untuk Diet

Bubur ketan hitam (disebut juga bubur pulut hitam atau bubur injit) merupakan hidangan penutup, dengan cita rasa manis, yang terbuat dari beras ketan yang direbus dengan air berlebih hingga lunak, dan biasa disajikan dengan santan.Bubur ketan hitam merupakan sebutan yang dipakai di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Di daerah dengan pengaruh budaya Melayu yang kuat, bubur ini disebut “bubur pulut hitam”. Sementara di Bali dan di Nusa Tenggara Timur, nama dari makanan ini adalah “bubur injit”.Makanan ini dapat disajikan dingin maupun hangat. Berikut ini kami akan memberikan informasi seputar Manfaat Ketan Hitam Untuk Diet  :

  1. Kandungan serat tinggi

Ketan hitam memiliki kandungan serat tinggi yang berguna untuk kelancaran sistem pencernaan didalam tubuh. Jika pencernaan lancar, akan mampu membuang racun – racun dan radikal bebas penyebab kolesterol dalam tubuh. Lemak jahat juga akan berkurang secara perlahan sehingga cocok untuk diet rendah lemak yang anda lakukan.

  1. Kalori rendah

Tidak seperti kalori pada beras putih, kalori pada ketan hitam lebih sedikit sehingga aman dikonsumsi untuk program diet untuk obesitas, tapi tetap mengenyangkan layaknya nasi putih. Sehingga jika dikonsumsi secara rutin dan bertahap, khasiat ketan hitam untuk diet akan terasa manfaatnya.

  1. Sebagai antioksidan dan menghilangkan kolesterol

Ketan hitam juga memiliki kandungan antosianin tinggi yang berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan mengobati dari beberapa macam penyakit seperti kanker. Racun akibat radikal bebas dalam darah dari makanan berminyak yang sering dikonsumsi, ketan hitam sebagai makanan sehat untuk diet dapat berangsur – angsur menghilangkannya. Selain itu, bagi ladies ketan hitam juga ampuh untuk menunda penuaan dini.

  1. Mengurangi resiko diabetes

Walau kadar karbohidrat dalam ketan hitam tinggi, namun rendah gula dan kalori yaitu hanya 365 kkal dalam 100 gram ketan hitam. Sifat antioksidan dan anti inflamasinya merupakan cara diet untuk penderita diabetes yang efektif.

  1. Cadangan energi bagi tubuh

Seperti halnya beras putih, ketan juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga mampu menyuplai cadangan energi agar anda kenyang lebih lama dan dapat dikonsumsi sewaktu – waktu bahkan saat santai. Namun tidak seperti nasi yang enak dimakan walau hanya direbus, ketan hitam perlu diolah agar lebih lezat karena tekstur ketan hitam jika dimasak lebih kasar, lebih manis, dan agak lengket.

  1. Membantu mencegah dan mengobati bermacam penyakit

Khasiat ketan hitam sebagai jenis diet yang efektif bermanfaat untuk menghilangkan kolesterol dalam darah sehingga membantu menjaga kesehatan pada jantung, memperbaiki kerusakan hati dan ginjal, mencegah penyakit jantung, serta membantu fungsi otak bekerja dengan baik. Selain itu, kandungan fosfor dan kalsium pada ketan hitam juga berperan dalam menguatkan tulang dan gigi. Seperti halnya beras putih, ketan hitam juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan pada kulit.

Cukup dengan menghaluskan ketan hitam dan oleskan pada wajah untuk dijadikan masker sehingga sel – sel kulit mati akan terangkat, maka akan memaksimalkan perawatan tubuh anda. Juga kandungan zat besi dalam ketan hitam akan mencegah penyakit anemia dan menambah darah sehingga anda tidak akan mudah lelah walaupun anda sedang melakukan program diet sehat.

  1. Penyembuh ampuh pada luka

Kandungan protein dalam ketan hitam akan membantu proses penyembuhan luka dan memperbaiki sel – sel yang rusak di tubuh. Meskipun khasiat ketan hitam untuk diet prosesnya terbilang agak lama, namun jika dikonsumsi secara rutin sebagai pengganti nasi maka akan berangsur – angsur terlihat hasilnya dan merupakan cara diet yang benar dan efektif.

Maksimalkan juga dengan pola hidup sehat seperti menghidari makanan berminyak, dan berkalori tinggi, serta imbangi dengan olahraga minimal 2-3 kali dalam seminggu sehingga memudahkan pembakaran lemak dan kolesterol dari dalam tubuh. Untuk dikonsumsi, ketan hitam enak jika diolah dengan cara diet karbohidrat yang lezat seperti dibuat bubur ketan hitam, tape ketan hitam, martabak ketan hitam, bolu ketan hitam, bugis ketan hitam, atau es campur ketan hitam.