Manfaat Kacang Ijo Untuk Diet

Manfaat Kacang Ijo Untuk Diet

Saat ini banyak orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Fenomena ini semakin menjamur akibat dari pola hidup yang kurang sehat. Kurangnya olahraga dan juga kebiasaan makan yang buruk menjadi faktor utama menjamurnya fenomena ini. Namun sebenarnya sangatlah mudah untuk mengatasi obesitas yang mendera tubuh kita. Dengan rutin olahraga dan menjaga pola makan saja sudahlah cukup untuk mengatasi obesitas. Ya, dengan diet kita bisa mengatasi permasalahan berat badan yang menghantui pikiran kita. Ada banyak menu diet, namun yang akan kita ulas hari ini adalah kacang hijau. Mengapa kacang hijau? Karena ternyata kacang hijau memiliki banyak manfaat untuk program diet. Berikut adalah Manfaat Kacang Ijo Untuk Diet :

  1. Memberikan efek mengenyangkan

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari kacang hijau atau kacang ijo sebagai salah satu menu diet simple dan murah adalah membantu memberikan efek mengenyangkan lebih lama sehingga tubuh tidak perlu banyak mengkonsumsi makanan yang dapat memberikan dampak peningkatan pada berat badan. Manfaat kacang ijo untuk diet tersebut dapat diperoleh karena kandungan serat yang tinggi pada kacang ijo membantu menjadikan tubuh saluran pencernaan lebih penuh.

  1. Melancarkan pencernaan

Manfaat lain yang juga dapat diperoleh dari konsumsi kacang ijo sebagai salah satu menu dalam berbagai aktivitas diet seperti diet paleo, diet atkins, diet mayo, atau diet lainnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Dengan pencernaan yang lancar maka aktivitas diet dapat berlangsung dengan baik dan sesuai tujuan. Manfaat tersebut dapat terjadi karena tingginya nutrisi dan kandungan serat di dalam kacang ijo.

  1. Menjaga kebutuhan energi harian

Setiap harinya, tubuh membutuhkan cukup energi untuk dapat beraktivitas sehari hari. Dalam proses menjalani diet, makanan yang dibatasi dan sering melakukan manfaat olahraga pagiakan banyak menguras energi yang ada pada tubuh. Kacang ijo dapat membantu menjadi sumber kebutuhan energi tambahan harian.

  1. Rendah kalori

Selain manfaat manfaat yang disebutkan diatas, kacang ijo merupakan salah satu menu makanan yang memang sangat cocok untuk diet. Hal tersebut karena kandungan kalori yang rendah dari kacang hijau disamping banyaknya manfaat kesehatan yang dapat diperoleh darinya.

  1. Membantu meningkatkan penyerapan nutrisi

Selama menjalani aktivitas diet, jumlah makanan yang dikonsumsi tentu akan dibatasi dan agar tetap dapat memberikan nutrisi yang baik maka proses penyerapannya harus maksimal. Adanya kandungan vitamin B di dalam kacang ijo dapat membantu tubuh dalam menyerap nutrisi lebih baik dan menjadikan manfaat diet dapat dirasakan.

  1. Mencegah penumpukan kotoran pada lambung dan usus

Kacang ijo yang kaya akan serat dan nutrisi lainnnya juga sangat positif dalam membantu mencegah terjadinya penumpukan kotoran pada lambung dan usus. Penumpukan kotoran tersebut dapat mempengaruhi kondisi saluran pencernaan menjadi mudah terganggu.

  1. Manfaat lainnya

Selain manfaat kacang ijo yang disebutkan diatas, ada beberapa manfaat lain yang juga dapat diperoleh dari kacang ijo diantaranya seperti sumber protein nabati, kaya akan vitamin dan mineral, membantu meningkatkan kinerja sistem imunitas tubuh, serta mencegah masalah kesehatan yang berhubungan dengan darah.

Image result for Kacang Ijo