Manfaat Kacang Hijau

Manfaat Kacang Hijau

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Obat Diet Alami Buatan Sendiri , Cara Diet Sehat & Alami Yang Wajib Kamu Tahu , Cara Tepat Lakukan Diet OCD , Resep Masakan Diet Keto , Eskrim Vegan Rendah Kalori , Diet Artis Korea , Makanan Yang Menurunkan BB Dalam 7 Hari , Makanan Menurunkan Berat Badan Secara Cepat , Makanan Yang Dapat Membuat Perutmu Rata , Resep Masakan Diet Mayo 13 Hari , Cara Diet Kardashian , 7 Hari Menu Diet DEBM , Tips Olahraga Mengecilkan Lengan , Makanan Yang Membuat Anda Cepat Gemuk , Resep Diet Cauliflower Fried Rice , Minuman Yang Ampuh Menurutkan Berat Badan , Makanan Rendah Kalori Yang Mengenyangkan , Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet , Manfaat Kacang Hijau , Efek Jeroan Bagi Kesehatan
Manfaat Kacang Hijau

Kacang hijau (Vigna radiata) adalah sejenis palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah. Nah tahukah anda selain enak rasanya , ternyata kacang hijau punya banyak manfaatnya lho , penasrankan ? . berikut ini kami akan memberikan informasi seputar Manfaat Kacang Hijau :

  • Asam Folat
    Asam folat yang terkandung di dalam kacang hijau cukup tinggi, sehingga kacang hijau baik untuk wanita yang merencanakan kehamilan atau sedang dalam masa kehamilan. Pemberian asam folat yang cukup selama masa mengandung dapat memberikan perlindungan pada bayi agar terhindar dari kelahiran prematur, keguguran, lahir dengan berat badan rendah, dan bahkan memberikan perlindungan dari terlahir dengan cacat pertumbuhan sistem saraf (Neural Tube Defect) setidaknya 50%.
  • Serat makanan
    Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa kacang hijau baik dikonsumsi oleh wanita hamil. Tapi, ternyata kacang hijau juga mengandung serat makanan yang tidak hanya bagus untuk memperlancar pencernaan, tapi juga dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan, serat makanan tersebut juga dapat membantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung, dan diabetes. Semua hal ini tercapai karena serat dari kacang hijau membuat Anda kenyang lebih cepat dan lebih lama sehingga pola makan menjadi teratur serta menurunkan berat badan berlebih.
  • Rendah lemak
    Manfaat kacang hijau lainnya adalah kacang hijau memiliki kandungan lemak yang rendah. Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kilokalori dan 1,15 gram lemak. Dengan kandungan lemak yang tergolong rendah, konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu penderita kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.
  • Karbohidrat
    Siapa bilang kita tidak butuh karbohidrat? Meski seringkali dihindari oleh mereka yang sedang menurunkan berat badan, ternyata karbohidrat penting bagi fungsi dan kesehatan tubuh. Kacang hijau termasuk salah satu sumber karbohidrat yang baik. Pada saat masuk ke dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang berguna sebagai bahan bakar atau energi. Glukosa yang tidak terpakai akan berubah menjadi glikogen pada hati dan otot. Anda bisa mengonsumsi sumber karbohidrat yang mengandung serat, sehingga manfaat karbohidrat akan dilengkapi dengan manfaat serat yang baik dalam menurunkan risiko sembelit atau konstipasi, menurunkan kadar kolesterol, dan baik untuk kesehatan usus.
  • Magnesium
    Magnesium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 53% magnesium. Dengan mengonsumsi cukup magnesium, Anda dapat menurunkan risiko osteoporosis pascamenopause pada wanita, dan dapat meningkatkan kepadatan tulang dan pembentukan sel-sel tulang. Selain itu, magnesium juga memiliki efek yang baik bagi penderita diabetes, untuk kesehatan jantung, dan membantu dalam menurunkan gejala sindrom pramenstruasi (contohnya kembung, nyeri payudara, dan insomnia).

Manfaat kacang hijau yang beragam berasal dari kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang kaya dalam kacang hijau. Tidak hanya beberapa kandungan di atas, kacang hijau juga mengandung kalsium, zat besi, zinc, potasium, fosfor, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin Oleh karena itu, mulailah untuk memasukan kacang hijau ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Murah, mudah ditemui, dan dapat diolah menjadi beragam makanan.