Manfaat Kacang Arab Untuk Diet

Manfaat Kacang Arab Untuk Diet

Sebagian orang mungkin mengenal kacang arab sebagai oleh-oleh khas dari mereka yang baru saja pulang dari tanah suci. Tapi, tahukah Anda, selain memiliki rasa yang gurih dan unik, kacang ini juga menyimpan banyak manfaat kesehatan, lho! Seperti berikut ini kami akan menyajikan informasi seputar Manfaat Kacang Arab Untuk Diet :

  1. Kaya Kandungan Serat

Kacang arab mengandung banyak sekali serat. Tentunya Anda tahu bahwa salah satu fungsi serat dalam sistem pencernaan adalah dapat mengoptimalkan kinerja sistem pencernaan sehingga nutrisi dapat diserap dengan sempurna sementara lemak-lemak berlebih termasuk kolesterol akan diikan oleh serat dan dikeluarkan dari tubuh.

  1. Membantu Menekan Nafsu Makan

Salah satu manfaat serat dalam kacang arab juga membantu menekan nafsu makan karena mengkonsumsi makanan kaya serat dapat membuat Anda cepat kenyang serta kenyang lebih lama sehingga mengurangi nafsu untuk ngemil.

  1. Sumber Protein Nabati yang Baik

Terdapat dua jenis protein yaitu protein hewani dan protein nabati. Untuk diet tentunya harus membatasi konsumsi produk hewani dan sebagai gantinya kebutuhan protein bisa digantikan dengan protein nabati. Sayangnya tidak banyak makanan yang mengandung protein tinggi kecuali jenis kacang-kacangan termasuk kacang Arab.

  1. Rendah Kandungan Lemak

Selain tinggi kandungan protein dan serat ternyata kandungan lemak kacang Arab sangatlah rendah sehingga aman dikonsumsi bagi Anda yang saat ini sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

  1. Rendah Kalori

Walaupun dalam diet menurunkan berat badan mengkonsumsi makanan rendah kalori sangatlah penting tapi bukan berarti menghindari makanan tersebut mengingat kalori juga dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh seperti untuk menghasilkan energi sehingga mampu melakukan aktifitas sehari-hari.

  1. Sumber Karbohidrat yang Cukup

Salah satu fungsi karbohidrat adalah sebagai sumber energi. Walaupun diet karbohidrat saat ini sedang trend tapi sebenarnya tubuh tidak dapat berfungsi secara optimal tanpa cukup asupan karbohidrat. Kandungan karbohidrat dalam kacang Arab tidak berlebih tapi cukup sehingga Anda yang sedang diet tidak perlu khawatir.

  1. Dilengkapi dengan Kandungan Vitamin K

Tidak banyak orang tahu bahwa ternyata vitamin K juga memiliki fungsi penting dalam diet penurunan berat badan karena vitamin K memiliki fungsi yang hampir mirip dengan kalsium yaitu memastikan kekuatan dan kesehatan tulang. Untuk apa memiliki tubuh yang ideal jika tidak didukung dengan tulang yang kuat.

  1. Kaya Kandungan Mineral Penting

Zat besi, kolin, selenium, fosfor, kalsium dan magnesium ada beberapa kandungan mineral penting yang bisa Anda dapatkan ketika mengkonsumsi kacang Arab. Mineral sangat penting dalam sistem metabolisme tubuh karena dapat mengoptimalkan pembentukan sel darah merah sehingga proses distribusi nutrisi dan oksigen bisa merata keseluruh bagian tubuh.

  1. Rendah Sodium

Sodium merupakan salah satu kandungan yang ditemukan di garam yang bisa memicu berbagai macam penyakit seperti hipertensi dan juga kegemukan. Kebanyakan kacang-kacangan mengandung tinggi garam dan sodium tapi kacang Arab tidak sehingga cukup aman selama dikonsumsi secara tidak berlebihan.

  1. Mengoptimalkan Sistem Metabolisme

Salah satu manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari kacang Arab adalah dapat mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh. Ketika sistem metabolisme bekerja dengan baik nutrisi akan diserap dengan optimal sehingga dapat mengatasi masalah kegemukan secara optimal.

  1. Kaya Kandungan Antioksidan

Tahukan Anda bahwa oksidasi pada sel dapat juga berujung pada masalah kegemukan? Oksidasi pada sel disebabkan karena penguruh buruk dari radikal bebas dan salah satu zat yang dapat menangkal radikal bebas adalah antioksidan. Sayangnya tubuh tidak dapat memproduksi antioksidan yang cukup sehingga mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan merupakan solusi terbaik untuk mengatasinya.

  1. Camilan Enak untuk Diet

Salah satu masalah yang paling sulit dihadapi oleh orang yang sedang menjalankan diet adalah mengontrol nafsu makan dan keinginan untuk ngemil. Well, sebenarnya tidak perlu khawatir untuk ngemil jika yang dimakan merupakan camilan sehat yang justru memiliki kontribusi baik untuk tubuh seperti kacang Arab ini yang tinggi protein tapi rendah kandungan lemak dan garam sehingga cocok menjadi pilihan camilan yang enak tapi juga sehat.

Sudah banyak faktor yang membuktikan tentang manfaat kacang Arab untuk diet baik dari segi kandungannya yang bahkan cocok untuk para vegetarian serta kandungan karbohidrat, lemak dan kalori yang cukup tanpa meningkatkan risiko naiknya berat badan. Namun, bagi Anda yang memiliki masalah dengan sistem pencernaan sebaiknya membatasi mengkonsumsi kacang arab karena bisa menyebabkan perut kembung.

12 Manfaat Kacang Arab untuk Diet – Tinggi Protein dan Rendah Kalori