Manfaat Ikan Tongkol Untuk Diet

Manfaat Ikan Tongkol Untuk Diet

Image result for Ikan Tongkol

Murah, menyehatkan, apalagi gak susah buat nyarinya. Ikan tongkol merupakan salah satu ikan yang hidup di laut dan memang sering dimasak oleh ibu kita di dapur untuk dijadikan menu lauk di atas meja makan. Ya, kan? Nah, biar gak asal makan saja, sudah tahu belum sih manfaat ikan tongkol yang sering kita konsumsi ini bagi diet , yuk kita simak ulasan mengenai Manfaat Ikan Tongkol Untuk Diet berikut ini .

  1. Menu pilihan untuk diet

Selama menjalani aktivitas diet, tentu ada banyak makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi dan harus diperhatikan dengan baik agar aktivtas diet tetap berjalan sesuai tujuan yang dikehendaki. Ikan tongkol dapat menjadi salah satu pilihan menu makanan yang bisa dikonsumsi selama proses diet agar tetap berjalan dengan baik sesuai manfaat diet dan tujuannya yang ingin dicapai nantinya.

  1. Sumber protein hewani

Dalam menjalani aktivitas diet, pengaturan jumlah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga harus diperhatikan. Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya adalah protein yang sangat berguna bagi tubuh untuk dapat menjalani aktivitas harian. Tongkol merupakan salah satu ikan yang dapat menjadi makanan yang tinggi protein .

  1. Menahan rangsangan rasa lapar

Protein yang terkandung di dalam ikan tongkol selain sebagai sumber energi juga dapat membantu menurunkan kadar ghrelin di dalam tubuh. Senyawa ghrelin tersebut memiliki fungsi untuk merangsang rasa lapar yang tentunya perlu ditekan selama menjalani aktivitas diet. Demi mendapatkan manfaat yang diinginkan, cara memasak ikan untuk diet harus diperhatikan dengan baik.

  1. Sumber vitamin dan mineral

Selain sebagai sumber protein, ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang baik untuk diet  juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang melimpah diantaranya seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, natrium, fosfor, dan lain sebagainya. Dengan kandungan vitamin dan mineral yang cukup beragam tersebut menjadikan asupan kebutuhan nutrisi tubuh dapat terpenuhi.

  1. Menjaga kadar elektrolit tubuh

Manfaat ikan tongkol untuk diet lainnya adalah membantu dalam menjaga kadar elektrolit di dalam tubuh karena kandungan mineral di dalam ikan tersebut. Dengan kondisi elektrolit yang terjaga kadarnya di dalam tubuh maka akan dapat membantu menjaga fungsi saraf dan otot serta beberapa organ lain tetap berjalan dengan maksimal.

  1. Kaya antioksidan

Ikan tongkol juga memiliki manfaat yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh dengan adanya banyak antioksidan di dalam ikan yang berkerabat dengan tuna tersebut. Antioksidan menjadi nutrisi penting dalam mencegah berbagai macam reaksi negatif di dalam tubuh.

  1. Manfaat lainnya

Selain manfaat yang disebutkan diatas, ada beberapa manfaat lain yang juga sangat baik dalam membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh dari ikan tongkol. Manfaat lain tersebut diantaranya seperti menjaga kesehatan kelenjar tiroid, meningkatkan fungsi otak, hingga mengurangi peradangan di dalam tubuh.