Manfaat Ikan Teri

Manfaat Ikan Teri

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Obat Diet Alami Buatan Sendiri , Cara Diet Sehat & Alami Yang Wajib Kamu Tahu , Cara Tepat Lakukan Diet OCD , Resep Masakan Diet Keto , Eskrim Vegan Rendah Kalori , Diet Artis Korea , Makanan Yang Menurunkan BB Dalam 7 Hari , Makanan Menurunkan Berat Badan Secara Cepat , Makanan Yang Dapat Membuat Perutmu Rata , Resep Masakan Diet Mayo 13 Hari , Cara Diet Kardashian , 7 Hari Menu Diet DEBM , Tips Olahraga Mengecilkan Lengan , Makanan Yang Membuat Anda Cepat Gemuk , Resep Diet Cauliflower Fried Rice , Minuman Yang Ampuh Menurutkan Berat Badan , Makanan Rendah Kalori Yang Mengenyangkan , Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet , Manfaat Kacang Hijau , Efek Jeroan Bagi Kesehatan , Raw Food Diet , Risiko Makan Udang , Hindari Tipe Diet Ekstrim Ini , Manfaat Buah Delima , Manfaat Lobak Untuk Diet , Manfaat Ikan Teri

Manfaat Ikan Teri

Ikan teri atau ikan bilis adalah sekelompok ikan laut kecil anggota suku Engraulidae. Nama ini mencakup berbagai ikan dengan warna tubuh perak kehijauan atau kebiruan.

Walaupun anggota Engraulidae ada yang memiliki panjang maksimum 23 cm, nama ikan teri biasanya diberikan bagi ikan dengan panjang maksimum 5 cm. Moncongnya tumpul dengan gigi yang kecil dan tajam pada kedua-dua rahangnya. Mangsa utama ikan teri ialah plankton. Selain rasanya yang enak ternyata ikan teri punya banyak manfaatnya lho , seperti berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Manfaat Ikan Teri :

Salah Satu Ikan yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Salah seorang ahli yang berkecimpung mendalami penyakit diabetes mengungkapkan bahwa ikan anchovy adalah salah satu makanan yang baik bagi para penderita diabetes. Salah satu alasan kenapa ikan anchovy dianggap menguntungkan kesehatan penderita diabetes adalah karena ikan ini merupakan sumber protein dengan tingkat lemak jenuh yang rendah dan tidak mengandung karbohidrat. Karena rendah lemak jenuh dan tidak mengandung karbohidrat, maka ikan anchovy tidak akan memengaruhi kadar gula darah penderita diabetes.

Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu alasan di balik saran untuk mengonsumsi ikan anchovy adalah kemungkinan kandungannya yang baik untuk kesehatan jantung. Ikan anchovy  merupakan salah satu ikan yang mengandung banyak minyak ikan. Ikan yang digolongkan sebagai ikan berminyak merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Ikan jenis ini juga mengandung asam lemak omega-3. Kandungan terakhir inilah yang dianggap memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan jantung. Selain ikan anchovy, masih ada ikan tuna, makarel, salmon, dan sarden yang baik dikonsumsi demi mendukung kesehatan jantung.

Namun, perlu diingat bahwa keluarga ikan anchovy banyak disajikan dengan cara diasinkan. Misalnya saja, ikan teri yang sudah diasinkan kerap kali mewarnai konsumsi harian kita. Kandungan garam pada ikan teri yang diasinkan tersebut bisa jadi terlalu tinggi untuk dikonsumsi orang-orang yang menderita penyakit tertentu, seperti gagal jantung dan hipertensi.

Mengurangi Nyeri pada Dismenorea

Minyak ikan yang terdapat di dalam ikan anchovy berpotensi menjadi pereda nyeri, cocok bagi para wanita yang sedang mengalami dismenorea atau nyeri haid. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan kepada 36 wanita berusia 18-22 tahun selama tiga bulan. Dari jumlah tersebut, 18 wanita diberikan minyak ikan dari ikan anchovy sedangkan 18 perempuan lainnya diberikan plasebo yang tidak mengandung minyak ikan anchovy.

Hasil dari penelitian tersebut, kelompok yang mendapatkan suplemen minyak ikan melaporkan adanya perbedaan yang signifikan dibandingkan mereka yang diberikan plasebo. Kelompok yang mendapatkan suplemen mengalami pengurangan nyeri haid, ditandai dengan berkurangnya nyeri pada perut dan punggung. Para peserta yang mendapatkan suplemen minyak ikan juga membutuhkan dosis ibuprofen atau pereda nyeri yang lebih rendah. Namun tentu saja perlu diingat penelitian ini masih memerlukan penelitian lain yang lebih besar untuk mendukung kesimpulan yang didapatkan.

Meski ikan anchovy  enak dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun bagi mereka yang menderita asam urat, disarankan untuk menghindari asupan ikan anchovy. Hal ini terutama untuk jenis anchovy yang telah dijadikan ikan asin. Perlunya penderita asam urat menghindari ikan anchovy disebabkan ikan ini mengandung senyawa purin dalam jumlah yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kekambuhan asam urat.

Hingga saat ini, secara khusus penelitian terkait manfaat ikan teri masih sangat jarang. Namun karena ikan ini merupakan salah satu jenis dari keluarga ikan anchovy, maka riset di atas bisa dijadikan bahan perbandingan. Sehingga tak ada salahnya  jika menu harian di rumah diselingi dengan bahan ini. Hanya saja, pastikan anggota keluarga yang menderita hipertensi dan asam urat tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.