Manfaat Diet Oatmeal

Manfaat Diet Oatmeal

Image result for Oatmeal

Diet dengan membatasi makanan tertentu, seperti diet rendah lemak atau rendah karbohidrat, sering kali gagal karena biasanya Anda akan mengurangi cukup banyak asupan kalori untuk menurunkan berat badan. Eits, jangan menyerah dulu. Mungkin ini saatnya Anda mengganti gaya diet Anda dengan diet oatmeal. Diet oatmeal digadang sebagai cara mudah memangkas lemak perut tanpa harus tersiksa kelaparan. Bagaimana caranya?

Seperti namanya, diet oatmeal adalah jenis diet yang mewajibkan Anda rutin makan oatmeal, alias bubur gandum atau havermut. Konsep dasarnya adalah mengonsumsi oatmeal sebagai pengganti hidangan utama biasanya dalam sehari. Contohnya begini: Anda sarapan dengan bubur oats, lalu makan siang seperti biasa dengan nasi dan lauk pauk, kemudian makan malam ditutup dengan semangkuk bubur oats.

Tapi makan oatmeal saja sebagai pengganti makan besar tidak mungkin langsung menyebabkan penurunan berat badan. Anda harus makan oatmeal untuk mengganti porsi makan besar yang biasanya berkalori tinggi sambil mengurangi total kebutuhan kalori harian Anda.

Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan sekitar 1.200 sampai 1.600 kalori setiap hari untuk bisa menurunkan berat badan secara efektif. Untuk menurunkan 1-2 kilogram per minggu dengan diet oatmeal, Anda harus mengurangi 500-1,000 kalori setiap hari, baik dengan porsi makan besar yang lebih sedikit atau berolahraga lebih banyak. Tapi hati-hati jangan sampai terlalu banyak mengurangi kalori, karena ini bisa memperlambat metabolisme tubuh. Berikut ini merupakan Manfaat Diet Oatmeal yang wajib anda ketahui .

1. Menekan rasa lapar

Oatmeal biasanya terbuat dari gandum ataupun havermut. Dimana kedua bahan ini memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi. Sehingga Anda tidak akan mudah lapar dan terus merasa kenyang saat mengkonsumsi oatmeal.

2. Membantu Anda mengatur porsi makan

Bagi Anda yang ingin mengatur porsi makan namun susah sekali dilakukan maka Anda bisa mencoba diet oatmeal ini.

Oatmeal memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang tidak mudah di cerna tubuh sehingga porsi makan Anda bisa berkurang karena cepat kenyang.

3. Turunkan berat badan dengan cepat

Untuk menurunkan berat badan dengan cepat maka Anda harus tahu kadar kalori yang tepat untuk tubuh. Sebab jika kadar kalori berlebih maka tubuh bisa cepat gendut.

Oatmeal rendah kalori sehingga bisa turunkan berat badan dengan cepat.

4. Menjaga tubuh tetap ideal

Manfaat diet oatmeal tidak hanya bisa menurunkan berat badan saja namun juga akan menjaga berat tubuh Anda tetap ideal. Oatmeal memang rendah lemak sehingga tidak akan membuat tubuh kembali gemuk meskipun tetap memakannya. Ternyata oatmeal juga memiliki manfaat diet untuk kecantikan loh!

5. Menurunkan resiko penyakit jantung

Sebuah studi kesehatan membuktikan jika pengguna oatmeal memiliki tubuh yang lebih sehat dibandingkan dengan pengguna makanan nasi. Ini karena oatmeal memiliki kandungan vitamin yang lengkap daripada nasi. Bahkan diet dengan oatmeal bisa menurunkan resiko penyakit jantung. Manfaat klorofil K link untuk diet penting diketahui.

6. Menjaga tekanan darah agar tetap stabil

Diet dengan oatmeal juga cocok untuk Anda penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sebab oatmeal bisa menjaga tekanan darah agar tetap stabil sehingga Anda tidak akan mudah terkena hipertensi. Oatmeal juga mengandung manfaat diet untuk kulit wajah yang lebih halus.

7. Melancarkan sistem pencernaan

Oatmeal cocok bagi Anda yang sering mengalami susah BAB. Biji-bijian utuh di dalam oatmeal ini lah yang akan menjaga kesehatan sistem pencernaan pada tubuh Anda. Bahkan Anda bisa terhindar dari resiko penyakit kanker usus besar.