Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Image result for Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi

Protein termasuk dalam zat gizi makro atau dibutuhkan dalam jumlah cukup tinggi. Para ahli merekomendasikan asupan protein harian sekitar 46 gram untuk perempuan dan 56 gram untuk laki-laki. Manfaat protein beragam, mulai dari membangun sistem imun, membentuk otot, mengurangi stres, menguatkan tulang, meningkatkan mood, regulasi hormon, dan lainnya. Namun, masih banyak dari kita yang belum mengkonsumsi cukup protein. Selain dari makanan besar, sebenarnya kita juga bisa mendapatkan protein dari makanan selingan. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Makanan Yang Mengandung Protein Tinggi .

1. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dibanding sayuran lainnya. Satu cangkir brokoli yang diiris mengandung 3 gram protein dengan hanya 31 kalori.

2. Tuna

Tuna adalah bahan makanan yang tinggi protein dan rendah lemak. Kalorinya pun cukup rendah sehingga nutrisinya mayoritas terdiri dari protein.

150 gram tuna biasanya mengandung 39 gram protein dengan 179 kalori. Selain kaya protein, tuna juga mengandung banyak omega-3.

3. Telur

Telur utuh termasuk salah satu makanan yang paling sehat dan penuh nutrisi. Bahkan putih telur hampir sepenuhnya hanya mengandung protein. Satu butir telur berukuran besar biasanya mengandung 6 gram protein.

4. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak kaya akan protein dan rasanya juga enak. 85 gram daging sapi tanpa lemak yang telah dimasak biasanya mengandung 22 gram protein, zat besi dan vitamin B12.

5. Gandum

Gandum mengandung serat, magnesium, vitamin B1 dan sejumlah nutrisi lainnya. Setengah cangkir gandum mentah mengandung 13 gram protein nabati atau sekitar 15% dibanding total kalorinya.

6. Almond

Untuk kalian yang mencari cemilan tinggi protein bisa mencoba ngemil almond. Dalam setiap 30 gram almond mengandung 6 gram protein nabati serta serat, vitamin E, mangan dan magnesium.

7. Greek Yogurt

Greek yogurt adalah jenis yogurt yang lebih kental. Rasanya lezat dengan tekstur yang creamy dan mengandung banyak nutrisi. Greek yogurt versi tanpa lemak biasanya mengandung 17 gram protein per 170 gram.

8. Cottage Cheese

Cottage cheese adalah jenis keju yang lembut serta memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah. Proteinnya pun cukup tinggi, dari satu cangkir cottage cheese mengandung 27 gram protein atau sekitar 59% dari kalori.

9. Dada Ayam

Dada ayam, terutama yang tanpa kulit, merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein paling tinggi sehingga cocok untuk diet. Bahkan kandungan protein satu dada ayam tanpa kulit yang dipanggang mencapai 53 gram atau 80% dari kalori.

10. Susu

Susu tidak hanya kaya akan protein tapi juga nutrisi lain yang penting seperti kalsium, fosfor dan vitamin B2. Satu gelas susu mengandung 8 gram protein, dengan 149 kalori.

11. Edamame

Makanan yang mengandung protein tinggi lainnya adalah edamame. Kacang-kacangan dari Jepang ini adalah kacang kedelai yang belum matang dan masih berada dalam polong