Makanan Diet Paleo Yang Sehat

Makanan Diet Paleo Yang Sehat

Pernahkah Anda mendengar tentang paleo diet? Mungkin Anda sering mendengar tentang berbagai jenis diet dengan tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan menurunkan berat badan. Salah satu jenis diet yang terkenal adalah paleo diet. Apa bedanya dengan diet lain? Untuk mengetahuinya, silahkan simak penjelasan berikut ini mengenai Makanan Diet Paleo Yang Sehat :

1. Daging Ayam

Dalam diet paleo, anda bisa mengkonsumsi berbagai bagian dari ayam seperti dada, kaki, paha dan juga sayap ayam. Akan tetapi, bagian dada ayam yang memiliki kadar protein paling tinggi adalah bagian dari ayam yang sangat baik dikonsumsi pada diet paleo. Ayam tidak hanya menjadi sumber protein hewani yang sangat tinggi namun juga memiliki kandungan mineral serta vitamin yang juga sangat dibutuhkan pelaku diet paleo. Selain itu, mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit yang tinggi akan protein ini juga sudah terbukti bisa menurunkan berat badan yang efektif sehingga sangat baik untuk menjadi sumber makanan diet paleo.

2. Mackerel

Mackerel adalah salah satu jenis ikan laut yang sangat baik untuk dikonsumsi dalam diet paleo. Selain itu, ikan mackerel juga sangat bagus untuk mengatasi penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, mencegah sel kanker dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ikan putih ini juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan utama sehat sebagai salah satu menu makanan anda sehari-hari. Ikan mackerel yang merupakan ikan perairan teluk ini tinggi akan kandungan omega 3 sehingga sangat baik untuk dikonsumsi setidaknya 2 kali dalam seminggu.

3. Sarden

Sarden juga menjadi sumber protein tinggi yang baik untuk di konsumsi. Selain itu, ikan sarden juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan juga kekuatan tulang anda. Ikan sarden juga menjadi sumber vitamin D yang cukup sulit didapatkan dari sumber makanan lainnya. Hal yang harus diingat adalah tidak mengkonsumsi ikan sarden kemasan atau kalengan. Dalam ikan sarden mengandung protein, energi, zat besi, kalium, magnesium, vitamin A, vitamin E, vitamin D serta beberapa vitamin dan mineral penting lainnya yang bisa mencegah berbagai penyakit sekaligus meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

4. Udang

Sumber makanan diet paleo lainnya untuk mencukupi kebutuhan protein hewani adalah udang. Udang juga sangat mudah dimasak dan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama dalam proses memasaknya. Namun, untuk pengolahan terbaik dalam mengolah udang pada diet paleo adalah dengan cara di panggang.

5. Kubis

KubisBanyak sekali nutrisi yang bisa anda dapatkan dalam kubis atau kol dan tentunya menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi dalam menjalani diet paleo. Dalam kubis memiliki kandungan anti kanker dan juga menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh sekaligus memenuhi kebutuhan serat harian anda.

Ada banyak vitamin yang bisa anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi kubis, diantaranya adalah vitamin A, vitamin E, vitamin C dan juga vitamin K serta asam folat. Untuk tips memasak kubis, iris kubis lebih tipis supaya bisa mempercepat proses pematangan saat anda memasaknya.

6. Seledri

Untuk anda yang tidak terlalu menyukai rasa dari seledri, pertimbangkan kembali untuk lebih banyak mengkonsumsi seledri dalam menu diet paleo anda. Seledri bisa menghidrasi tubuh dengan baik sebab kandungan air tinggi serta fitonutrien dalam jenis sayuran ini. Anda bisa menambahkan seledri dalam setiap masakan atau bisa juga mencampurnya dalam smoothie hijau setiap hari.

7. Lobak

LobakTambahkan juga lobak dalam menu salad anda atau dijadikan lauk pendamping saat anda menyantap menu utama berupa daging. Dalam lobak mengandung banyak vitamin dan juga mineral yang terbukti ampuh dalam melawan kanker sekaligus membantu dalam mengatasi berbagai masalah pernafasan yang sedang anda derita.

Dengan mengkonsumsi lobak dalam diet paleo, anda tidak hanya mendapatkan penurunan berat badan yang ideal, namun juga menjaga kinerja berbagai organ tubuh dengan baik. Lobak juga menjadi jenis sayuran dimana dalam setiap 100 gram-nya terkandung vitamin C, vitamin A, energi, lemak, protein, kalsium, zat besi dan berbagai vitamin serta mineral lainnya.

 

8. Brokoli

Salah satu jenis sayuran untuk diet paleo adalah brokoli sebagai sumber serat tinggi untuk membantu tubuh agar selalu bisa bekerja dengan baik sesuai dengan masing-masing fungsinya. Selain itu, brokoli juga akan menyeimbangkan asupan daging sehingga kebutuhan akan nutrisi lainnya bisa didapat dengan mengkonsumsi brokoli ini.

9. Alpukat

AlpukatAlpukat adalah buah ajaib yang bisa dikonsumsi langsung, dijadikan jus sampai dicampur dalam berbagai menu makanan lainnya. Kandungan potassium di dalam alpukat ini lebih tinggi dari kandungan potasium dalam pisang serta mengandung lemak sehat yang menjadi salah satu syarat utama diet paleo.

Konsumsi alpukat ini menjadi camilan sehat sehari-hari untuk mengatasi rasa lapar di sela jam makan anda tanpa harus khawatir dengan bertambahnya berat badan. Kandungan lemak dan gula yang ada dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang baik untuk diet karena terkandung kolesterol baik serta kadar gula yang sedikit.

10. Cerry

Ceri adalah salah satu jenis buah yang sudah dikonsumsi sejak lama dan menjadi sebagian besar makanan utama manusia di zaman batu. Anda bisa mengkonsumsi buah ceri dalam keadaan segar atau dikeringkan dalam diet paleo yang akan memberikan energi tambahan untuk digunakan beraktivitas setiap hari.

11. Tomat

TomatSalah satu jenis buah yang juga termasuk dalam sayuran yaitu tomat menjadi salah satu sumber makanan diet paleo yang mudah di cerna dalam tubuh. Dalam tomat mengandung kalium, fosfor, protein, vitamin K, vitamin C dan vitamin A.

Anda bisa mengkonsumsi buah tomat setiap hari dalam keadaan mentah atau dijadikan sebagai saus segar untuk campuran mie, salad atau spaghetti, lalapan, penyedap masakan, sambal dan jenis masakan lainnya. Tomat menjadi sumber makanan baik untuk pelaku diet karena mengandung likopen yakni pemberi warna merah pada tomat. Kandungan zat ini akan memberikan rasa kenyang lebih lama sekaligus menurunkan hormon ghrelin yang menjadi pemicu nafsu makan.

 

12. Melon

Melon juga menjadi salah satu buah yang sudah dikonsumsi dari zaman dulu bahkan sampai kehidupan modern sekarang ini. Nutrisi dalam buah melon menjadikan buah ini salah satu pilihan terbaik pelaku diet paleo yang ingin menyantap buah sehat sehari-hari.

13. Mangga

Buah mangga yang menjadi buah eksotis ini mengandung kadar vitamin C, vitamin A dan juga vitamin B6 tinggi yang bisa anda gunakan sebagai sumber energi dalam menjalani diet paleo. Anda bisa mengkonsumsi buah mangga ini sebagai desert, camilan, jus atau smoothie setiap hari tanpa batasan jumlah saat mengkonsumsinya. Kandungan vitamin, serat dan juga mineral dalam mangga ini akan membantu proses penurunan berat badan diet paleo sekaligus membantu proses pencernaan karena juga mengandung enzim khusus penurun berat badan yang alami.

14. Jeruk

Jeruk dikenal karena kandungan vitamin C tinggi dan sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi kekurangan vitamin saat menjalankan diet paleo. Jeruk juga menjadi buah yang mudah didapatkan dan bisa dikonsumsi kapanpun anda suka. Hal yang harus diperhatikan adalah menghindari konsumsi jus kemasan yang sudah ditambahkan berbagai bahan lainnya. Mengkonsumsi buah jeruk dalam keadaan segar adalah saran terbaik saat anda menjalani diet paleo ini.

15. Pepaya

Pepaya menjadi salah satu buah yang tinggi akan kandungan antioksidan. Untuk menikmati buah pepaya ini bisa disantap secara langsung, dibuat sebagai campuran salad buah atau dijadikan jus dan smoothie yang menyegarkan untuk dijadikan camilan sore hari pengganjal lapar anda.

Kalori dan kolesterol yang terkandung dalam pepaya sangat rendah sehingga sangat mendukung program diet paleo anda. Sementara enzim papain akan membantu penyerapan protein sekaligus melancarkan pencernaan.

16. Pir

Kandungan serat di dalam buah pir termasuk tinggi dan bisa anda konsumsi secara teratur saat sedang menjalani diet paleo. Pir ini akan bekerja untuk membersihkan bagian dalam tubuh atau lebih dikenal dengan nama proses detoksifikasi.

17. Jambu Biji

Jambu biji memiliki kandungan vitamin C tinggi melebihi dari beberapa jenis buah lainnya. Jambu biji juga mengandung kadar serat yang tinggi dan juga menambah kadar antioksidan ke dalam tubuh dan sistem pencernaan anda. Kandungan serat yang ada dalam jambu biji juga akan menyeimbangkan asupan protein dari daging yang anda konsumsi setiap hari supaya berat badan anda bisa tetap terjaga dengan baik.

18. Kacang Mete

Kacang mete juga menjadi salah satu makanan baik diet paleo. Namun saat memilih kacang mete, jangan memilih kacang mete olahan namun pilih kacang mete mentah untuk menghindari penambahan beberapa bahan yang ada dalam kacang mete matang seperti garam dan juga lemak jenuh yang tidak sehat karena sudah melewati proses pemanggangan.

19. Biji Bunga Matahari

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dalam biji bunga matahari yang sering dijadikan sebagai camilan kuaci ini diantaranya adalah kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin E ini akan mencukupi kebutuhan nutrisi saat menjalani diet paleo sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sebagai pemenuhan sumber vitamin penting diet paleo. Protein nabati dan juga serat yang terkandung didalamnya menjadi kunci terpenting dalam proses menurunkan berat badan sehingga cocok untuk dijadikan camilan pengganjal lapar di sela waktu makan anda.