Makanan Bebas Gluten Untuk Diet

Makanan Bebas Gluten Untuk Diet

Gluten adalah protein yang ditemukan pada tepung dan beberapa jenis gandum lain. Makanan yang tertulis “gluten free” dikhususkan untuk orang-orang yang intoleran terhadap gluten. Orang-orang yang mengalami intoleransi gluten akan menghasilkan respon kekebalan tubuh yang abnormal saat gluten dicerna tubuh.

Hal yang paling sering dialami oleh orang yang intoleran terhadap gluten adalah penyakit celiac, yang merupakan reaksi negatif pada sistem pencernaan akibat mengonsumsi gluten. Beberapa gejala yang akan dialami penderita celiac saat mengonsumsi gluten di antaranya adalah diare, kram perut, kembung, gas, sembelit, dan anemia. Berikut merupakan Makanan Bebas Gluten Untuk Diet :

1. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi untuk kesehatan tubuh. Bayam hijau maupun merah justru dianjurkan bagi penderita hipersensitif gluten dan sebagian besar mereka yang mengalami penyakit kronis seperti jantung, dan kanker hati. Mengonsumsi bayam yang tepat adalah pengolahan yang tidak berulang serta dikonsumsi sebelum lewat 4 jam setelah matang karena bayam juga menimbulkan zat oksidasi yang cukup berbahaya jika tidak dikonsumsi dengan tepat.

2. Brokoli

Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi dan tidak mengandung protein gluten yang cukup berisiko, brokoli bisa menjadi alternatif pilihan saat ingin mengonsumsi sayur bebas gluten. Selain rasanya yang nikmat, brokoli juga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Brokoli kaya akan flavonoid yang berguna menangkal efek buruk radikal bebas yang mengakibatkan bersarangnya racun dalam tubuh.

3. Kiwi

Jika anda berpikir tentang buah kiwi dengan harga yang mahal, mungkin harga mahalnya tersebut adalah alasan Karena kandungan manfaatnya yang sangat besar. Ya, manfaat buah dengan rasa masam dan sedikit manisnya ini dianjurkan bagi penderita penyakit kronis seperti kanker, stroke, dan hipertensi. Kiwi juga tidak mengandung protein gluten yang dihindari oleh beberapa orang yang alergi gluten.

4. Salad Buah

Salad buah dari jenis buah apapun umumnya hanya mengandung sedikit gula dan aman bagi penderita celiac serta mereka yang alergi gluten pada kadar tertentu. Hanya saja dalam pembuatan salad, disarankan untuk tidak mencampurkan pasta, mayonnaise, dan semacamnya karena berbagai jenis saus dan pasta merupakan bahan yang mengandung gluten tinggi.

5. Almond

Kacang almond adalah sumber protein tertinggi non gluten yang dianjurkan bagi anda yang hipersensitif pada gluten. Selain itu, kacang almond juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh khususnya organ pencernaan, perbaikan tulang, dan kecerdasan otak.

6. Makanan Dengan Label Gluten Free

Makanan dengan label gluten free banyak sudah beredar dipasaran. Beberapa jenis makanan yang dikemas demikian seperti sereal, oatmeal, roti gandum, tepung gandum atau pasta yang memang diformulasikan khusus tanpa menggunakan bahan tambahan gluten.

7. Kacang-Kacangan

Lebih dari almond, berbagai macam jenis kacang-kacangan juga dianjurkan bagi mereka yang alergi terhadap gluten. Dengan kandungan protein dan mineral yang tinggi kacang-kacangan seperti:

  • Mete
  • Kenari
  • Kacang dari jenis sayuran

Kacang-kacangan juga termasuk aman dikonsumsi apabila Anda tengah mencari sumber atau jenis makanan yang berkadar gluten rendah atau bebas gluten sama sekali. Dan tentunya makanan-makanan ini justru yang dianjurkan untuk dinikmati oleh pengidap celiac.

8. Jagung

Jagung merupakan sumber gula yang lain yang juga dapat menggantikan nutrisi protein gluten. Biasanya dianjurkan bagi mereka yang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Dengan mengonsumsi jagung kondisi mereka tetap bugar meskipun karbohidrat diperoleh bukan dari nasi.

9. Daging

Berbagai jenis daging bisa dimanfaatkan untuk menggantikan protein gluten. Berikut ini adalah beberapa jenis daging yang aman dan justru dapat dikombinasikan untuk Anda konsumsi selama melakukan diet.

  • Daging sapi
  • Daging kambing
  • Daging ayam

Ketiganya sah-sah saja untuk dikombinasikan saat anda sedang melakukan diet bebas gluten terutama bagi penderita penyakit celiac. Daging merupakan sumber protein utama yang dibutuhkan tubuh. Bahkan kadar protein yang terdapat dalam daging ayam hampir 6 kali kadar protein gluten. Mengonsumsi daging segar yang kaya protein akan menambah asupan pembentukan energi harian anda, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Secara umum kandungan gluten tidak terdapat pada jenis sayuran hijau, buah-buahan dengan rasa masam, serta kacang-kacangan. Kalaupun masih ada, sangat sedikit kadarnya. Oleh sebab itu, bagi penderita celiac atau hipersensitif pada gluten dianjurkan untuk memilih dari ketiga jenis makanan tersebut dan menghindari makanan berbau gandum. Hal tersebut dikarenakan berbagai efek samping yang bisa merugikan kondisi kesehatan pengidap celiac serta beberapa penderita autisme yang memang tidak diperkenankan mengonsumsi gluten.

Gluten sejatinya tidak berbahaya bagi mereka yang memang tidak memiliki gangguan pada protein ini. Namun, akan sangat berisiko jika mereka yang hipersensitif gluten mengonsumsi gluten dalam jumlah yang banyak maupun sedikit. Beberapa risiko yang bisa ditimbulkan oleh hal ini diantaranya adalah :

  • Osteoporosis
  • Kanker usus
  • Diare
  • Konstipasi
  • Terhambatnya pertumbuhan pada anak-anak

Untuk menghindari risiko tersebut umumnya mereka lebih memilih untuk melakukan diet bebas gluten saat menyadari bahwa dirinya memiliki atau menderita jenis penyakit autoimun seperti celiac. Sistem imun penderita celiac yang justru mengonsumsi gluten meskipun dalam kadar yang sedikit sudah sangat menimbulkan risiko ringan seperti gatal alergi, diare, atau tubuh yang mudah lelah dan menurunnya berat badan secara signifikan. Anjuran bagi anda yang berada dalam kondisi normal terkait dengan konsumsi gluten adalah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi produk gluten secara cerdas, artinya mengonsumsi tidak berlebihan dan tetap mengamati perubahan pada tubuh
  • Jika ingin mengonsumsi makanan berlabel gluten free, pastikan bahwa makanan tersebut juga tidak berisiko bagi kesehatan organ anda yang lain