Kuliner Indonesia Yang Cocok Untuk Diet

Kuliner Indonesia Yang Cocok Untuk Diet

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Pantangan Makanan Diet OCD , Cara Diet Untuk Anak Obesitas , Makanan Karbo Komplex , Cara Membuat Bubur Kentang Untuk Diet , Cara Diet Dengan Susu , Cara Diet Dengan Susu Kedelai , Jamu Untuk Menurunkan Berat Badan , Manfaat Teh Pahit Untuk Diet , Manfaat Garcia Untuk Diet , Khasiat Mengkudu Untuk Diet , Buah Yang Mengenyangkan Saat Diet , Khasiat Mangga Untuk Diet , Manfaat Olahraga Side plank , Makanan Rendah Kalori Tinggi Protein , Khasiat Daun Jati Cina Untuk Diet , Diet Tanpa Olahraga , Khasiat Daun Peterseli Untuk Diet , Diet Puasa Untuk Menurunkan Berat Badan , Khasiat Daun Singkong Untuk Diet , Diet Raw Food , Manfaat Edamame Untuk Diet Sehat , Fakta Minyak Kelapa Untuk Diet , Khasiat Buah Delima Untuk Diet , Ragam Olahraga Untuk Diet Yang Maksimal , Tips Mengecilkan Perut Dalam Waktu Singkat , Diet Yang Menyehatkan Dan Menurunkan BB , Rahasia Diet Member BLACKPINK , Efek Samping Diet Lemon , Metode Cepat Turunkan BB Dalam 7 Hari , Cara Diet Sehat ala Anak Kos , Pilihan Terbaik Sayuran Untuk Diet , Cara Menghilangkan Lemak Di Leher , Makanan Penurun Berat Badan Super Cepat , 20 Olahraga Menurunkan Berat Badan , 20 Olahraga Mengecilkan Perut , 10 Makanan Yang Bikin Gemuk , 10 Olahraga Mengecilkan Paha , Olahraga Mengecilkan Lengan , Bahaya Obesitas Terhadap Kesehatan , Penyakit Akibat Kekurangan Lemak , Bahaya Korset Pelangsing , Bahaya Sedot Lemak Bagi Tubuh , Akibat Kelebihan Lemak Dalam Tubuh , Efek Kelebihan Protein Pada Tubuh , Sayuran Untuk Diabetes , Makanan Untuk Mencegah Diabetes , Efek Samping Obat Pelangsing , Bahaya Lemak Di Perut Bagi Tubuh ,  Bahaya Obesitas Terhadap Kesehatan , Bahaya Korset Pelangsing , Tips Sehat Untuk Diet Rendah Garam , Diet DASH Untuk Penderita Hipertensi , Manfaat Kacang Tanah Diet , Cara Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu , Cara Sixpack Tanpa Alat Dirumah , Diet Alami Tanpa Olahraga , Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Pria , Pola Makan Untuk Membentuk Otot , Cara Membuat Badan Kekar , Manfaat Tepung Jagung Untuk Diet , 7 Langkah Menuju Diet Sukses  , Diet Detoks 7 Hari , Sayuran Yang Bagus Untuk Diet Di Bulan Puasa , Cara Diet Dengan Minyak Zaitun , Buah Yang Cocok Dijadikan Cemilan Diet , Jenis Diet Terpopuler Di Dunia , Kuliner Indonesia Yang Cocok Untuk Diet , Makanan Yang Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Kuliner Indonesia Yang Cocok Untuk Diet

Indonesia mempunyai berbagai kuliner dengan cita rasa yang nikmat yang cocok dikonsumsi bila kamu sedang jalankan program diet. Beragam kuliner sehat khas Indonesia ini memiliki kandungan yang kaya dengan serat karena bahan-bahannya didominasi oleh sayur-sayuran. Dengan berbagai bahan rempah sebagai bumbunya, kuliner khas Indonesia tentunya memiliki cita rasa yang nikmat. Berikut ini kami akan memberikan anda informasi mengenai Kuliner Indonesia Yang Cocok Untuk Diet  :

1. Bakso

Menurut Alvin, bakso merupakan makanan Indonesia yang termasuk clean food, alias menggunakan bahan dan cara pengolahan alami. Pada dasarnya, bakso terdiri dari daging cincang dan sedikit tepung tapioka. Artinya protein daging dan karbohidrat bisa didapat sekaligus ketika makan bakso.

Meski begitu, manfaat bakso jadi tidak maksimal kalau disantap dengan bakwan, gorengan, dan bihun. Karena ketiga jenis pendamping tersebut mengandung kalori dan karbohidrat tinggi.

Pilihlah jenis bakso homemade, bukan instan yang biasanya dijual dalam bentuk frozen di supermarket. Karena frozen food  jelas tidak diproses secara alami, termasuk bahan-bahan kimia tambahan seperti pengawet dan penyedap rasa.

2. Sate

Jenis sate yang dianjurkan adalah yang menggunakan bumbu kacang. Baik sate ayam, sapi, atau kambing tidak masalah untuk dikonsumsi, selama bagiannya serat daging. Beda cerita kalau misalnya kamu pesan sate ayam dengan kulit atau sate kambing dengan lemak di mana-mana.

Selain itu, ada baiknya bumbu kacang dan daging dipisah alias gak dituang langsung di atas sate. Alternatif lain, kamu bisa minta bumbu setengah porsi saja. Tujuannya memang meminimalisir konsumsi bumbu.

Sebab, zat “jahat” yang bisa menyebabkan kegemukan bukan terletak pada daging, tapi justru pada bumbu. Di antaranya karbohidrat dari kacang, lemak dari minyak, gula, sodium, dan lain sebagainya.

3. Sup

Sup yang dimaksud adalah yang menggunakan kuah kaldu bening dan isian sayur segar. Umumnya berisi wortel, kentang, buncis, seledri, dan potongan ayam. Namun, menggantikan kaldu ayam dengan daging sapi juga tidak masalah dan tetap mengandung nutrisi baik.

Karena tidak digoreng, sup mengandung lemak lebih sedikit. Namun, penggunaan MSG dan gula di dalam sup perlu diminimalisir saat memasak sendiri di rumah.

Makanan ini juga baik disantap bersama karbohidrat kompleks, contohnya nasi merah atau oatmeal. Kuahnya bakal bikin kamu merasa lebih kenyang meski jumlah makanan yang kamu santap sebenarnya tak terlalu banyak.

4. Tumisan

Di samping sup, tumisan adalah jenis makanan yang paling mudah dibuat. Tidak ada aturan tertentu soal bahan-bahan apa saja yang boleh dan tidak boleh digunakan.

Kamu bisa membuat cah sayur, orek tempe, atau gabungan antara sayur dan daging. Intinya, sesuaikan dengan selera dan kebutuhan harianmu. Alvin merekomendasikan olive oil atau canola oil sebagai pengganti minyak kelapa dengan saat menumis.

5. Gado-gado

Karena mayoritas terdiri dari sayur,  gado-gado jadi makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Ada gizi seimbang dalam satu porsinya. Di antaranya serat, vitamin, dan mineral dari sayuran, karbohidrat dari lontong, serta protein dari telur dan tempe goreng.

Tapi yang perlu diwaspadai adalah takaran bumbu yang kamu makan, karena saus kacang gado-gado mengandung kalori tinggi. Lebih aman, kamu bisa membuat saus kacang sendiri di rumah untuk memastikan bahan-bahan yang digunakan aman dan lebih sehat.

6. Ketoprak

Sama seperti gado-gado, ketoprak punya gizi lengkap dan rendah kalori. Tapi makanan ini bakal berubah jadi tinggi kalori kalau dimakan bersama bumbu yang berlebihan.

Pada dasarnya, makanan Indonesia yang berbumbu cair seperti ketoprak, gado-gado, dan sate sebaiknya disajikan terpisah dengan sausnya. Sebab, kandungan gula serta garam yang tinggi di dalamnya bisa merusak komposisi gizi makanan kamu.