Khasiat Rumput Laut Untuk Diet

Khasiat Rumput Laut Untuk Diet

Image result for seaweed

Diet memang menjadi isu paling hot di antara banyak wanita. Setiap wanita pasti ingin terlihat cantik dengan tubuh langsing dan proporsional. Salah satu cara untuk menjaga berat badan atau memperoleh tubuh langsing adalah dengan diet.

Banyak makanan yang sangat baik mendukung program diet Anda, salah satunya adalah rumput laut. Rumput laut juga mudah ditemukan di pasar, bisa dimasak menjadi menu yang lezat atau sebagai campuran es buah dan salad. Berikut ini kami akan memberitahukan anda , apasaja sih Khasiat Rumput Laut Untuk Diet :

  1. Kaya akan alginate

Alginate adalah salah satu komponen yang terdapat di dalam rumput laut. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh ilmuan di Universitas Newcastle Alginate yang terdapat di dalam rumput laut mampu menekan proses pencernaan lemak di dalam usus. Bahkan penelitian lain yang di patenkan di Jurnal Food Chmistry membuktkan bahwa salah satu tipe alginate dari rumput laut dapat menurunkan penyerapan lemak di dalam perut sebanyak 75%.

  1. Kaya kandungan serat

Rumput laut merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan serat. Itu ditunjukkan dengan tekstur rumput laut yang kenyal-kenyal seperti jeli. Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa makanan dengan tinggi serat baik dikonsumsi untuk pelaku diet. Khususnya diet yang dilakukan untuk mengecilkan bagian perut.

3. Menyerap Lemak

Rumput laut tidak hanya dapat membantu menyerap lemak dalam tubuh dan khususnya di dalam usus, namun juga membantu membersihkan usus dari sisa-sisa kotoran yang mengendap.

  1. Menghindari dari diare dan sembelit

Diare dan sembelit merupakan dua masalah pencernaan perut yang dapat mengganggu proses diet kita. Dengan mengkonsumsi rumput laut yang kaya akan serat maka diharapkan kedua masalah itu tidak muncul sehingga dapat mempercepat proses penurunan berat badan saat diet.

  1. Kaya akan yodium

Khasiat rumput laut untuk diet selanjutnya adalah karena kandungan yodium di dalam rumput laut. Yodium merupakan salah satu zat yang penting untuk menjaga fungsi tiroid tetap sehat. Sedangkan tiroid adalah kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi hormone yang mengatur berat badan, suasana hati, energi, dan tingkat metabolisme tubuh.

  1. Antibakteri

Rumput laut memiliki fungsi sebagai antibakteri yang cukup baik di dalam tubuh sehinga baik juga di konsumsi saat diet.

  1. Mengontrol nafsu makan

Rumput laut merupakan bahan makanan yang mudah dicerna di dalam tubuh sehingga dapat membantu mengontrol nafsu makan saat diet.

  1. Mengontrol gula darah

Rumput laut juga dapat bermanfaat sebagai pengontrol gula darah. Dengan begitu nafsu makan juga dapat dikurangi dan membantu menurunkan berat badan anda.

  1. Fucoxanthin

Kandungan fucoxantin di dalam rumput laut berkhasiat membantu membakar lemak dalam sel-sel lemak tubuh. Biasanya lemak yang cepat terbakar dengan bantuan kandungan ini adalah lemaka bagian perut. Sehingga konsumsi rumput laut baik untuk mengecilkan lingkar perut.

  1. Menekan nafsu makan

Khasiat rumput laut untuk diet yang terakhir adalah menekan nafsu makan. Hal ini hampir sama dengan fungsi rumput laut untuk mengontrol nafsu makan. Beberapa peneliti pernah membuat suplemen rumput laut berbentuk bubuk yang dapat  menekan nafsu makan saat diet. Cara kerjanya adalah suplemen yang dikonsumsi akan membentuk gel yang tebal sehingga menyerupai pudding yang bertahan cukup lama di dalam perut. Dengan begitu gel tersebut akan meredakan nafsu makan dan menurunkan berat badan.