Khasiat Belimbing Untuk Diet

Khasiat Belimbing Untuk Diet

Penampilan bagi setiap orang adalah salah satu poin penting, karena penampilan menentukan daya tarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Ada banyak hal yang dianggap mengganggu penilaian, salah satunya berat badan. Bagi beberapa orang yang memiliki berat badan diatas normal biasanya mengatasinya dengan merutinkan olahraga dan menjaga pola makan. Bahkan tidak sedikit juga yang melakukan berbagai macam diet, bahkan program diet yang tergolong ekstrim.

Mengenai pemilihan cara program diet tetap harus mengutamakan kesehatan dan ketahanan daya imun tubuh. Salah satu cara diet yang aman namun tetap memberikan pengaruh yang signifikan adalah melakukan diet dengan mengkonsumsi buah belimbing. Buah belimbing adalah salah satu buah di wilayah tropis yang memiliki warna kuning terang dan berbentuk seperti bintang. Buah ini sudah sangat familiar bagi orang Indonesia, namun hanya sebagian yang mengetahui tentang kandungan nutrisi dan manfaat belimbing.

Kandungan nutrisi dan mineral yang didapatkan dengan mengkonsumsi buah belimbing antara lain adalah serat, tannin, pektin, zat besi, magnesium, fosfor, zinc, kalium, selenium, kalsium, mangan dan vitamin A, C, dan E. Buah yang memiliki perpaduan rasa manis dan asam ini juga memiliki pengaruh besar mensukseskan program diet anda. Beberapa fakta dan Khasiat Belimbing Untuk Diet diantara lain :

  1. Bisa mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh

Manfaat konsumsi belimbing untuk diet adalah dapat mengurangi adanya kolesterol jahat dalam tubuh. Sebenarnya, terdapat 2 kolesterol yang ada dalam tubuh, yaitu kolesterol jahat dan juga baik. Untuk kolesterol baik, tentu saja tidak akan membahayakan tubuh karena akan berubah menjadi energy yang ada dalam tubuh. Sedangkan untuk kolesterol jahat ini akan cenderung semakin menumpuk jika memang Anda biarkan terus menerus, akibatnya akan berpengaruh pada peningkatan berat badan. Belimbing memiliki kandungan pektin yang akan mampu untuk mengikat kolesterol jahat tersebut.

  1. Bisa menangkal adanya radikal bebas dalam tubuh

Belimbing mempunyai kandungan zat antioksidan yang akan membantu untuk menangkal adanya radikal bebas dalam tubuh. Selain itu antioksidan dalam belimbing juga bisa meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh dan juga melancarkan pembakaran kolesterol serta kalori dalam tubuh. Sehingga sangat mampu untuk menurunkan penumpukan kolesterol dan kalori.

  1. Belimbing memiliki kandungan kalori sangat rendah

Manfaat selanjutnya yang dapat Anda peroleh dari belimbing adalah kalori yang ada dalam belimbing sangat rendah, sehingga bisa sangat dipastikan tidak akan membuat masalah pada berat badan Anda. Karena belimbing merupakan buah dengan kadar kalori rendah yang hanya berjumlah 21 kalori.

  1. Belimbing memiliki kandungan serat yang sangat tinggi

Selain rendah kalori, belimbing juga kaya akan kandungan serat nya. Saat Anda mengkonsumsi belimbing, Anda akan mudah merasakan kenyang. Serat ini akan membantu Anda untuk menahan rasa lapar dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, serat nya juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan Anda.

  1. Bisa membantu menyerap kadar glukosa yang ada dalam tubuh

Tahukah Anda? Bahwa ternyata buah belimbing juga mempunyai kandungan selulosa sebanyak 60%, hemiselulosa 27%, dan juga pektin sebanyak 13%. Karena itulah belimbing dinilai mampu mengikat glukosa yang masuk ke dalam tubuh dan berasal dari makanan yang Anda konsumsi. Glukosa yang masuk sebagiannya akan berubah menjadi karbohidrat, sedangkan sebagian lainnya akan tetap tersisa dan tidak terbakar dengan sempurna. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi belimbing makan akan membantu untuk menyerap dan juga mengikat adanya sisa glukosa yang ada dalam tubuh serta mengeluarkannya melalui urin atau feses.

  1. Merupakan salah satu menu diet yang sangat aman

Ketika Anda sedang melakukan program diet, pada umumnya akan ada yang memiliki masalah pada organ pencernaan nya. Karena disebabkan adanya perubahan pada pola makan. Namun, dengan mengkonsumsi belimbing, Anda tidak perlu khawatir. Karena belimbing merupakan buah untuk menu diet yang sangat aman untuk dikonsumsi.

Image result for Khasiat Belimbing Untuk Diet