Khasiat Bekatul Untuk Diet

Khasiat Bekatul Untuk Diet

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Pantangan Makanan Diet OCD , Cara Diet Untuk Anak Obesitas , Membentuk Otot Lengan Dalam 10 Menit , Tips Diet Sehat Melalui Makanan dan Olahraga , Fakta Tentang Diet Karbohidrat , Buah Diet Khusus Menurunkan Berat Badan , Khasiat Bekatul Untuk Diet , Khasiat Belimbing Untuk Diet

Khasiat Bekatul Untuk Diet

Bekatul adalah bagian terluar dari bagian bulir yang terbungkus oleh sekam. Bulir adalah buah sekaligus biji berbagai tumbuhan serealiasejati, seperti padi, gandum, dan jelai. Istilah bekatul terutama disematkan kepada padi, karena serealia inilah yang dikenal dalam budaya Nusantara. Namun, bekatul dapat diperoleh pula dari jagung, gandum, milet, serta jelai.

Asal usul bekatul secara anatomi adalah lapisan aleuron dan sebagian perikarp yang terikut. Aleuron adalah lapisan sel terluar yang kaya gizi dari endospermium, sementara perikarp adalah bagian terdalam dari sekam. Bekatul padi dapat dilihat pada beras yang diperoleh dari penumbukan. Proses pemisahan bekatul dari bagian beras lainnya dikenal sebagai penyosohan (polishing) untuk memperpanjang masa penyimpanan beras, sekaligus memutihkannya.

Kandungan gizi bekatul dikenal luas sejak ditemukannya vitamin B1 (tiamin) dari beras yang belum disosoh, yang bila dikonsumsi terbukti menekan frekuensi penyakit beri-beri oleh Dr. Eijkman. Kandungan gizi lainnya adalah serat pangan, pati, protein, serta mineral. Selain kaya dengan kandungan gizinya, bekatul dikenal juga dengan berbagai banyak manfaat untuk kesehatan kita. Nah tahukah anda bekatul ini dapat membantu proses diet kita juga lho , seperti berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Khasiat Bekatul Untuk Diet  :

1. Bekatul memiliki kandungan serat yang cukup tinggi

Seseorang yang sedang menjalankan program diet tentu saja akan sangat membutuhkan serat yang cukup tinggi. Bekatul merupakan makanan yang mempunyai kandungan serat sangat tinggi dan bisa dimanfaatkan untuk melancarkan program diet Anda. Kandungan serat yang ada dalam bekatul ini tentunya akan semakin membantu Anda untuk melancarkan proses pencernaan yang ada dalam tubuh.

2. Bekatul memiliki kandungan vitamin B kompleks

Selain memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Kandungan lain yang juga bisa membantu adalah vitamin B kompleks. Dengan terpenuhinya kandungan vitamin B kompleks ini maka akan semakin membantu tubuh untuk terus menjalankan program diet yang sedang berlangsung.

3. Bekatul bisa melancarkan pencernaan dan membersihkan lemak yang ada dalam tubuh

Mengapa bekatul sangat bagus untuk diet? Sudah dijelaskan sebelumnya kandungan serat yang ada dalam bekatul sangat membantu untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Sehingga akan semakin memudahkan Anda untuk melancarkan program diet dan juga menurunkan berat badan dengan sehat dan efektif. Selain itu, karena orang yang mengalami kelebihan berat badan biasanya memiliki tubuh yang terlalu banyak lemak maka konsumsi bekatul dinilai sangat baik untuk membersihkan lemak yang ada dalam tubuh. Bekatul dinilai dapat membantu untuk membersihkan sisa lemak yang ada dalam tubuh, sehingga akan semakin melancarkan Anda untuk menjalankan program diet.

4. Membantu membuang racun dan sebagai makanan diet yang alami

Manfaat lain dari bekatul untuk menjalankan program diet adalah bisa membantu Anda untuk membuang limbah atau racun yang ada di dalam tubuh dan juga pencernaan Anda. Selain itu, bekatul juga biasa dijadikan sebagai salah satu menu alami saat Anda sedang melakukan program diet. Anda bebas mengkonsumsi bekatul kapan saja tanpa harus memikirikan apakah akan menyebabkan kegemukan atau tidak. Karena bekatul tidak akan membuat gemuk malah akan membantu Anda untuk terus menurunkan berat badan jika dikonsumsi dengan baik.

5. Memiliki kandungan antioksidan

Kandungan antioksidan yang ada dalam bekatul juga dinilai sangat baik untuk menjaga kesahatan tubuh Anda. Karena pada dasarnya tubuh yang sehat tentu akan mempengaruhi kerja tubuh sehingga akan berpengaruh juga pada proses diet yang sedang Anda lakukan. Oleh sebab itu, bekatul akan semakin membantu Anda untuk melancarkan proses diet dengan hasil yang baik juga.

Itulah khasiat bekatul untuk diet yang harus Anda ketahui. Bekatul merupakan bahan alami yang tentunya tidak akan membahayakan pada program diet serta kesehatan tubuh Anda. Saat sedang melakukan diet, hindari dulu makanan yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi dan juga kalori jahat.