Kebiasaan Sepele Pemicu Kegemukan

Kebiasaan Sepele Pemicu Kegemukan

Tahukah kamu? Ternyata ada beberapa hal yang diam-diam menyebabkan badanmu makin melar meski kamu nggak menyadarinya. Padahal mungkin kamu merasa sudah melakukan yang terbaik agar berat badanmu nggak naik lagi.

Nah, biar kamu bisa lebih waspada, hal-hal remeh ini ternyata turut menyumbang lemak dalam tubuh dan menjadikanmu lebih gemuk. Siapa tahu salah satu diantaranya adalah yang jadi biang kerok dibalik naiknya timbanganmu. Yuk, simak ulasan berikut ini mengenai Kebiasaan Sepele Pemicu Kegemukan .

1. Kurang tidur atau kebanyakan tidur

10 Kebiasaan Sepele Pemicu Kegemukan, Yuk Hindari!

Sebenarnya gampang-gampang susah tidur dalam waktu yang proposional. Jika kamu kurang tidur maka tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang meningkatkan nafsu makan.

Sementara menurut hasil penelitian jurnal ilmiah PLOS one, tidur lebih dari 10 jam dapat memicu peningkatan indeks massa tubuh. Pantas kalau para dokter dan pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidur selama 7 sampai 9 jam saja setiap harinya.

2. Malas terkena cahaya matahari pagi

10 Kebiasaan Sepele Pemicu Kegemukan, Yuk Hindari!

Ini naluriah banget sih, siapa coba yang mau kesilauan setelah terbangun di pagi hari? Namun ternyata hal sesepele ini juga berpengaruh bagi bobot tubuhmu. Begitu bangun tidur langsung buka tirai dan biarkan sinar mentari menerpa tubuhmu.

Dalam sebuah penelitian dibuktikan bahwa gelombang cahaya biru (blue light wave) dari sinar matahari pagi efektif untuk meningkatkan metabolisme dan membantumu terjaga. Hanya berjemur di matahari pagi selama 20 menit sehari sudah cukup memengaruhi indeks massa tubuhmu.

3. Melewatkan sarapan bakal membantu menjaga berat badan? Justru kebalikannya!

10 Kebiasaan Sepele Pemicu Kegemukan, Yuk Hindari!

Gak ah, aku gak sarapan. Lagi diet.”

Banyak yang salah kaprah kalau diet itu harus makan sesedikit mungkin, termasuk melewatkan sarapan. Padahal sarapan yang bergizi dan mengenyangkan malah dapat membantumu untuk menjalani diet. Sarapan sebanyak 600 kalori yang terdiri dari protein rendah lemak, karbohidrat dan buah-buahan akan membantumu mendapatkan tubuh ideal.

4. Langsung tidur setelah makan

10 Kebiasaan Sepele Pemicu Kegemukan, Yuk Hindari!

Habis makan siang ngantuk, habis makan malam apalagi. Namun jangan dituruti nalurimu yang ingin segera berbaring tidur selepas makan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan masalah pencernaan, penumpukan lemak dan bahkan jika terlalu sering tidur setelah makan siang kamu bisa mengalami diabetes, lho! Tahan kantukmu dan lakukan olahraga kecil untuk membuatmu terjaga.

5. Seperti halnya sarapan, makan malam juga penting

10 Kebiasaan Sepele Pemicu Kegemukan, Yuk Hindari!

Ada juga anggapan bahwa haram hukumnya buat makan malam jika ingin mendapatkan tubuh ideal. Lagi-lagi salah kaprah, karena tidak makan hanya akan memperlambat metabolisme tubuhmu. Alih-alih menurunkan berat, jaringan ototmu akan berkurang dan kulitmu akan mengendur.

Kamu juga cenderung bakal “balas dendam” di waktu makan berikutnya. Idealnya kamu tetap makan malam namun tidak terlalu larut atau dekat waktu tidur dan juga menyantap makanan rendah karbohidrat dan lemak.

6. Makan malam dengan sereal, gorengan atau makanan pedas berisiko menambah bobot tubuhmu

10 Kebiasaan Sepele Pemicu Kegemukan, Yuk Hindari!

Sereal mungkin terlihat seperti camilan sehat di malam hari, sementara makanan yang digoreng serta pedas wajar untuk disantap sebagai makan malam. Apalagi untuk kita yang orang Indonesia, sepertinya kurang afdol kalau belum pakai lauk digoreng atau pedas.

Ayo berusaha untuk menghentikan kebiasaan ini karena ketiga jenis makanan di atas dapat membuat tidurmu tidak nyenyak, mengandung terlalu banyak lemak atau energi yang gak akan terbakar saat kamu tidur.

7. Menyantap pencuci mulut itu sah-sah saja, tapi jangan di malam hari

10 Kebiasaan Sepele Pemicu Kegemukan, Yuk Hindari!

Siapa sih yang gak doyan pencuci mulut manis menggiurkan? Biasanya disantap setelah makan malam atau makan besar. Gak ada yang melarangmu untuk memanjakan diri dengan makanan legit ini, namun usahakan tidak makan di malam hari karena gula dan karbohidratnya dapat berubah menjadi tumpukan lemak di tubuh. Kamu juga gak bisa membakar kalori dalam jumlah besar yang terkandung dalam pencuci mulut tersebut.

8. Memakai komputer atau smartphone sebelum tidur ternyata juga bisa menyebabkan kegemukan

10 Kebiasaan Sepele Pemicu Kegemukan, Yuk Hindari!

Sudah jadi kebiasaan sebagian besar dari kita untuk main smartphone sebelum tidur. Rasanya belum lengkap hari itu kalau belum melihat-lihat isi sosial media atau menonton video lucu sebelum tidur. Meski terlihat sepele, kegiatan ini gak hanya membuatmu bisa kegemukan namun juga membahayakan kesehatan.

Frekuensi radio dari gadget-mu dapat mengurangi kualitas tidurmu yang berpengaruh besar bagi metabolisme tubuh. Selain itu blue light yang dikeluarkan monitor-monitor gadget dapat memengaruhi kesehatanmu lho!

9. Tidur terlalu larut pun berpengaruh pada metabolisme tubuhmu

10 Kebiasaan Sepele Pemicu Kegemukan, Yuk Hindari!

Zaman sekarang tidur larut sepertinya bukan hal aneh lagi bagi kita. Pergeseran kebiasaan di masyarakat, mulai dari dunia kerja sampai aktivitas publik yang semakin malam membuat orang-orang semakin lumrah tidur di waktu-waktu larut.

Tidur selepas tengah malam akan membuat lemak di tubuh bertambah karena memang sudah begitu siklus alami tubuh manusia. Selain itu tidur terlalu larut juga memicumu semakin lapar di pagi harinya.

10. Yang suka minum kopi, coba deh asupannya dikontrol

10 Kebiasaan Sepele Pemicu Kegemukan, Yuk Hindari!

Kopi semakin mendapat tempat spesial dalam kehidupan generasi millennials. Minuman ini gak lagi hanya dinikmati bapak-bapak di warkop. Bukannya gak boleh sih, namun konsumsi kopi berlebih juga ternyata bisa membuatmu kegemukan.

Bagaimana bisa? Ya karena asupan berlebih atau terlalu malam dapat memengaruhi kualitas tidurmu yang sekali lagi berperan besar dalam indeks massa tubuh. Oh iya, kalori dalam kopi juga tergolong besar lho!

Kalau kebiasaan-kebiasaan di atas masih kerap kamu lakukan, coba deh pelan-pelan dihilangkan. Bersama dengan melakukan pola hidup sehat, bentuk tubuh ideal bukan sekadar impian!