Kebiasaan Makan Yang Bikin Tubuh Melar

Kebiasaan Makan Yang Bikin Tubuh Melar

Pilah-pilih makanan adalah salah satu syarat utama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau sekadar mempertahankan bobot ideal.  Dalam menjaga berat ideal, Anda sebaiknya menghindari jenis-jenis makanan yang memengaruhi gula darah secara negatif dan hanya akan terus menimbulkan rasa lapar. Berikut merupakan Kebiasaan Makan Yang Bikin Tubuh Melar :

Lebih memilih goreng-gorengan

pexels-photo-29599

Jangan heran kenapa berat badanmu semakin bertambah kalau setiap hari kerjanya makan goreng-gorengan melulu. Pasalnya, minyak mengandung kalori yang tinggi. Kebayang dong banyaknya kandungan kalori yang masuk kalau kamu keseringan makan goreng-gorengan, apalagi yang beli di jalan dengan minyak yang super banyak?

Kalau kamu tubuh yang ideal, usahakan untuk mengganti olahan makanan, misalnya dengan merebus. Coba deh ikuti teknik diet mayo dengan mengonsumsi berbagai makanan dengan teknik yang direbus.

Melewatkan sarapan

pexels-photo-103124

Meskipun menurutmu sarapan adalah hal yang sepele dan banyak orang Indonesia yang nggak terbiasa dengan sarapan, tapi pada dasarnya sarapan penentu jumlah porsi makanmu selanjutnya, lho. Kalau kamu nggak makan pagi, otomatis kamu akan merasa lebih lapar di siang hari yang bikin porsi makan siangmu jadi lebih bertambah. Nggak menutup kemungkinan juga kamu malah jadi banyak ngemil.

Makan terlalu cepat

pexels-photo (4)

Coba deh sekali-kali perhatiin perbedaan kalau kamu makan dengan cepat dan juga kamu makan lebih lambat. Dengan memberikan waktu kepada tubuhmu untuk menyerap makanan yang sedang kamu konsumsi, kamu akan membantu tubuhmu untuk menjaga berat badan. Berbeda kalau kamu mengunyah makan dengan terlalu cepat, kamu akan memaksa otot perut untuk menerima lebih cepat dan membuatnya meregang lebih lebar. Itu dia yang menyebabkan semakin cepat kamu makan, semakin bertambah pula porsi makanmu dari waktu ke waktu dan juga membuatmu lebih cepat gemuk.

Minuman manis setelah makan

pexels-photo-230588

Salah satu musuh terbesar badan yang ideal adalah saat kamu nongkrong bareng teman-teman. Kalau biasanya di rumah kamu makan apapun selalu diimbangi dengan minum air putih, kalau makan di luar kamu cenderung memilih minuman yang nggak biasa kamu temuin di rumah. Mulai dari yang berlemak hingga yang manis-manis. Niatnya sih ngopi, tapi kamu malah pesan brownies yang disantap bareng dengan minuman chocolate caramel yang pakai whipped cream.

Nyemil lemak

pexels-photo-24178

Untuk menjaga berat badan, bukan berarti kamu nggak boleh nyemil. Coba deh ingat-ingat lagi, apakah kamu sering nyemil cokelat atau permen? Meskipun dalam jumlah dikit, tapi tetap aja itu lemak! Daripada nyemil cokelat atau permen, mendingan kamu nyemil buah-buahan, deh!

Makan malam porsi banyak

pexels-photo (5)

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa bikin badan melar lainnya adalah makan malam dengan porsi banyak. Pasalnya, di malam hari kan tubuhmu sudah terbebas dari kegiatan dan aktivitas. Kalau kamu menyantap hidangan terlalu banyak dan dalam 2 jam kemudian kamu langsung pergi tidur, bukan hal yang nggak mungkin tuh lemak akan tertimbun di tubuhmu.

Untuk malam hari, usahain konsumsi makanan yang secukupnya aja, yang terpenting membebaskanmu dari kelaparan. Bakalan lebih baik lagi deh kalau kamu makan malam dengan buah aja!

Memilih dessert yang manis

pexels-photo (6)

Nggak melulu dessert itu harus manis, lho. Kalau kamu makan-makanan yang berlemak kemudian diikuti dengan dessert yang manis, pastinya bikin kandungan lemak di tubuhmu semakin banyak. Daripada manisan, mendingan kamu sediain buah segar atau jus yang bisa kamu santap sebagai dessert.