Gejala Fatty Liver Yang Berbahaya

Gejala Fatty Liver Yang Berbahaya

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Pantangan Makanan Diet OCD , Cara Diet Untuk Anak Obesitas , Membentuk Otot Lengan Dalam 10 Menit , Tips Diet Sehat Melalui Makanan dan Olahraga , Fakta Tentang Diet Karbohidrat , Buah Diet Khusus Menurunkan Berat Badan , Jenis Kacang Yang Bagus Untuk Diet , Daftar Snack Berkalori Rendah , Efek Samping Diet Lemon , Cara Konsumsi Minyak Kelapa Untuk Diet , Daftar Minuman Penurun Berat Badan , Manfaat Sauna Untuk Diet , Waktu Terbaik Untuk Fitnes Dan Olahraga , Cara Meningkatkan Stamina , Olahraga Mengecilkan Perut Pria Dan Wanita , Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi , Efek Sit Up Untuk Tubuh , Makanan Yang Bikin Super Gemuk , Bahaya Minum Obat Pelangsing , Efek Kelebihan Lemak Dalam Tubuh , Gejala Fatty Liver Yang Berbahaya , Cara Membentuk Tubuh Ideal , Cara Mengecilkan Betis Kaki , Bahaya Olahraga Berlebihan

Gejala Fatty Liver Yang Berbahaya

Perlemakan hati atau fatty liver adalah kondisi dimana terjadi timbunan lemak berlebihan dalam hati. Apakah fatty liver berbahaya? Sebenarnya perlemakan hati tidak terlalu berbahaya namun apabila terjadi terus menerus dan berulang berpotensi menimbulkan kerusakan dan sirosis.

Adanya lemak dalam liver itu normal tetapi jika jumlahnya lebih dari 5%-10% dari berat liver maka dapat menimbulkan penyakit yang bisa menimbulkan beberapa komplikasi serius. Ada dua jenis fatty liver berdasarkan penyebabnya yakni alkoholik dan non-alkoholik. Berikut ini kami akan memberikan anda Gejala Fatty Liver Yang Berbahaya :

1. Nyeri tumpul di perut kanan atas

Nyeri yang dirasakan sebenarnya berasal dari hati akibat adanya gejala fatty liver. Terasa nyeri di bagian perut kanan atas karena letak hati memang berada di bagian perut kanan atas.

2. Perut terasa penuh

Terjadi pembengkakan pada hati, sehingga ukuran dan berat hati menjadi lebih berat. Perut menjadi terasa lebih penuh akibat pembengkakan tersebut.

3. Kulit perut terasa panas

Orang yang menderita fatty liver jika benar-benar teliti dengan yang dirasakan tubuhnya pasti dia kan merasakan panas di bagian perutnya. Hal ini terjadi karena keadaan lemak yang berlebih.

4. Kulit dan sklera mata kekuning-kuningan

Jika mata warnanya agak berubah menjadi kekuning-kuningan maka periksalah, ini bisa menjadi salah satu gejala fatty liver.

5. Mual, muntah dan perut kembung

Perut terasa kembung, mual dan ingin muntah juga merupakan salah satu gejala kecil dari fatty liver. Jika merasakan gejala tersebut dengan disertai kondisi tubuh yang tidak normal seperti biasanya maka kenali gejala lain yang dirasakan.

6. Berat badan menurun

Fatty liver seringnya dialami karena bahaya obesitas dan jika sudah terkena gejala fatty liver berat badan akan menurun. Penurunan berat badan ini jangan dianggap hal yang biasa karena ini bisa menjadi salah satu gejala anda terkena penyakit kelebihan lemak hati atau istilah medisnya fatty liver.

7. Nafsu makan menurun

Nafsu makan yang berkurang sering dianggap hal yang lumrah. Bagi para penderita obesitas justru mereka senang karena bisa mengurangi berat badan. Tetapi hati-hatilah ini bisa menjadi salah satu gejala fatty lever menyerang anda.

8. Ketika kondisi memburuk, akan merasa letih dan lemah

Kondisi tubuh yang sedang drop akan terasa lebih mudah lelah, tapi jika anda terkena fatty liver tidak lagi lelah bahkan letih dan lemah.

9. Merasa tidak nyaman di bagian perut

Hati termasuk organ penting yang terletak di dalam rongga perut. Kondisi hati yang kurang sehat memicu timbulnya rasa yang tidak nyaman di bagian perut.

10. Kepala pusing atau pening

Gejala lain dari orang yang terkena fatty liver yaitu kepala sering pusing bahkan pening yang serius, sehingga sangat terganggu dalam melakukan aktifitas.

Orang yang mudah terkena gejala fatty liver yaitu orang yang obesitas, penderita diabetes, penderita dengan jumlah trigliserida yang tinggi. Fatty liver akan menyebabkan hati kelebihan lemak, padahal seharusnya lemak dibakar atau dibuang dari tubuh karena seseoarang dengan lemak yang berlebih tidak baik untuk kesehatan, termasuk lemak yang terdapat di hati. Jika hati kebanyakan lemak maka hati tidak bisa menyaring dan membersihkan aliran darah dengan baik sehingga racun lemak akan memenuhi aliran darah.

Cara Mencegah Fatty Liver

Walaupun gejala fatty liver ini tidak begitu berbahaya, tetapi jika dibiarkan dan tidak ditangani tentunya akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan hati yang mempunyai tugas sangat banyak pada organ tubuh kita. Pencegahan fatty liver sebenarnya tidak rumit, tetapi harus ada kemauan dari diri kita sendiri karena cara mengatasi atau mengobatinya dengan meninggalkan hal-hal yang dapat menimbulkan terjangkit fatty liver diantaranya:

  • Kurangi berat badan bagi yang kegemukan

Penderita fatty liver didominasi oleh orang yang menderita obesitas. Pengurangan berat badan akan membantu mengurangi kadar lemak yang ada di hati sehingga fatty liver akan sembuh jika kadar lemak yang ada di lever sudah kurang dari 10% dari berat hati.

  • Kurangi minum alkohol bagi yang sering minum

Bahaya alkohol dapat menyebabkan kadar lemak pada hati naik, sehingga jika ingin sembuh kurangi minum alkohol. Lebih baik lagi hindari minum alkohol sehingga kadar lemak dalam hati akan seimbang dan tidak terjangkit penyakit fatty liver.

  • Turunkan kadar lemak darah

Untuk menurunkan kadar lemak darah anda dapat melakukan diet ataupun obat dari dokter. Dengan menurunkan kadar lemak darah maka kolesterol tinggi dan tripliserida akan menurun sehingga dapat menyembuhkan fatty liver.

  • Turunkan kadar gula darah jika diabetes

Jika anda mengidap diabetes maka terlebih dahulu turunkan kadar gula. Kadar gula darah tinggi juga tidak baik, sehingga dapat memicu gejala fatty liver.

  • Gaya hidup sehat

Segera ubah gaya hidup anda menjadi gaya hidup sehat jika memang ingin segera terhindar dan sembuh dari gejala fatty liver.

  • Olahraga teratur

Olahraga dapat mengurangi lemak, karena olahraga dapat membakar lemak yang berlebih. Dengan olahraga menurunkan berat badan secara teratur, lemak akan berkurang seiring dengan berkurangnya kadar sel lemak dalam hati sehingga kembali dalam keadaan normal dan terbebas dari gejala fatty liver.

  • Istirahat cukup dan berkualitas

Istirahat yang cukup saja kurang jika untuk menyembuhkan gejala fatty liver. Maka istirahatlah yang cukup dan berkualitas. Istirahat berkualitas yang dimaksud anda benar-benar istirahat tidak tidur dengan memikirkan banyak hal.

  • Konsumsi makanan dan minuman penjaga fungsi hati

Untuk lebih membantu menyembuhkan gejala faty liver konsumsilah makanan dan minuman yang berfungsi untuk menjaga fungsi hati, seperti curcumin.

  • Konsumsi vitamin E

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin E tujuannya agar mendapat asupan antioksidan. Makanan yang mengandung antioksidan yang cukup akan membantu mengurangi lemak yang berlebih.

  • Hindari protein hewani

Protein hewani banyak mengandung lemak, sehingga dapat memicu banyaknya lemak di sel hati. Menghindari bukan berarti tidak boleh mengkonsumsinya sama sekali, tetapi jangan konsumsi dalam jumlah yang banyak.

  • Hindari obat-obat yang tidak perlu

Fokuslah terlebih dahulu untuk menyembuhkan fetty liver jika sedang mengalaminya. Liburkan dulu tubuh anda dari obat-obat yang tidak perlu.

  • Lakukan tranplantasi hati

Jika siorois semakin parah maka perlu melakukan tranplantasi hati. Tranpalntasi hati dilakukan dengan tujuan untuk mengganti bagian yang rusak dengan sel yang sehat.