Fungsi Karbohidrat Kompleks

Fungsi Karbohidrat Kompleks

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Pantangan Makanan Diet OCD , Cara Diet Untuk Anak Obesitas , Makanan Karbo Komplex , Cara Membuat Bubur Kentang Untuk Diet , Cara Diet Dengan Susu , Cara Diet Dengan Susu Kedelai , Jamu Untuk Menurunkan Berat Badan , Manfaat Teh Pahit Untuk Diet , Manfaat Garcia Untuk Diet , Khasiat Mengkudu Untuk Diet , Buah Yang Mengenyangkan Saat Diet , Khasiat Mangga Untuk Diet , Manfaat Olahraga Side plank , Makanan Rendah Kalori Tinggi Protein , Bahaya Diet Atkins , Fungsi Karbohidrat Untuk Otot  Manfaat You C1000 Untuk Diet , Manfaat Olahraga Kardio , Olahraga yang Tepat untuk Menurunkan BB , Jenis Jenis Sit Up , Aturan Diet Mediterania , Diet Makanan Rebus , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Khasiat Pir Untuk Diet Sehat , Cara Diet Fat Loss , Fungsi Karbohidrat Kompleks , Buah Yang Mengenyangkan Untuk Diet , Khasiat Buah Langsat Untuk Diet

Fungsi Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang terdiri atas molekul gula yang panjang dan kompleks. Karbohidrat jenis ini banyak ditemukan di dalam beberapa jenis makanan , seperti kacang polong, gandum, roti, atau nasi.

Secara umum, karbohidrat dibagi menjadi dua, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Kedua jenis karbohidrat ini sama-sama dibutuhkan oleh tubuh. Memahami beragam jenis karbohidrat bisa membantu Anda dalam menerapkan pola hidup sehat dengan diet yang seimbang. Berikut ini adalah Fungsi Karbohidrat Kompleks :

1. Menjadi sumber energi

Fungsi utama karbohidrat kompleks tak lain ialah menjadi sumber energi untuk kelangsungan hidup dan melakukan aktivitas yang diinginkan. Sumber karbohidrat kompleks sudah menjadi makanan berat dalam semua negara di dunia hanya saja dalam jenis makanan berbeda seperti nasi, sereal, roti gandum, kentang, dan lain-lain.

Contoh makanan karbo komplex berasa lezat ini memiliki kandungan gizi dan harga berbeda-beda yang dapat dipilih sesuai selera, kemampuan ekonomi, dan kebutuhan. Tetapi satu hal yang jelas ialah tanpa adanya asupan karbohidrat kompleks, Anda akan cepat lelah dalam beraktivitas bahkan mudah mengalami pingsan.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Salah satu jenis karbohidrat kompleks ialah serat. Adapun fungsi serat yang bermanfaat bagi tubuh ialah untuk melancarkam sistem pencernaan. Ketika serat larut, maka rasa sakit maupun ketegangan yang terkait dengan gerak usus akan berkurang.

Sehingga jika asupan serat yang masuk ke dalam tubuh cukup maka Anda akan mengalami buang air secara konsisten sekaligus terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit. Adapun contoh serat yang mudah dijangkau dan fleksibel untuk diolah menjadi aneka makanan ialah sayur, biji-bijian, buah, gandum, dan kacang.

3. Mengontrol kadar kolesterol

Selain melindungi sistem pencernaan, serat sebagai salah satu jenis karbohidrat kompleks juga mampu mengontrol kadar kolesterol seperti menerapkan manfaat olahraga kardio. Adapun sifat serat yaitu mudah larut saat lewat pada usus kecil menjadikannya mudah terikat dengan asam empedu. Pencegahan penyerapan asam empedu kembali ini memanfaatkan kolesterol pada darah sehingga kadarnya bisa turun.

Anda pun dapat mengurangi potensi kenaikan kolesterol sebab karbohidrat kompleks mengandung banyak lemak baik bukannya lemak jenuh. Senyawa ini juga kaya vitamin seperti makanan yang boleh dimakan saat diet Herbalife untuk membantu normalnya kinerja organ tubuh terutama pada generasi muda.

4. Menahan rasa lapar

Daripada karbohidrat simpleks, karbohidrat kompleks lebih menguntungkan untuk dikonsumsi karena mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Bagaimana tidak, perbedaan karbohidrat kompleks dan simpleks yaitu struktur kimia karbohidrat kompleks yang lebih rumit akan membuatnya lebih lama menjalani proses pencernaan. Maka rasa lapar akan lebih lama datang kembali.

Karena fungsi inilah, sumber karbohidrat kompleks sering dipilih menjadi menu makanan yang dianjurkan saat diet. Keberhasilan pelaku diet untuk menahan rasa lapar sangat terbantu setelah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti buah yang mengenyangkan untuk diet.

Tetapi Anda perlu mengenali jenis diet yang sedang dijalani sehingga jangan sampai mengonsumsi pantangan makanan dan minuman saat diet yang kebetulan mengandung karbohidrat kompleks.

5. Menjauhi potensi penyakit mematikan

Beragam studi telah membuktikan bahwa karbohidrat kompleks dapat menurunkan potensi penyakit berbahaya seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan lain-lain. Karena penyakit yang telah disebutkan menjadi contoh penyebab kematian, maka pentingnya karbohidrat kompleks menjadi hal wajar. Selain itu, kandungan vitamin tinggi menjadi kelebihan karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi untuk menjaga normalnya fungsi organ tubuh terutama di usia muda.

6. Menghemat anggaran belanja

Dengan kemampuan memilih makanan yang tepat berupa karbohidrat kompleks, Anda akan memeroleh manfaat yang penting seperti pengurangan anggaran belanja. Adapun anggaran belanja yang dimaksud meliputi kebutuhan yang sering dibeli seperti snack, kue, hingga makanan cepat saji yang tergolong dalam contoh makanan karbo simplex sehari-hari.

Pembelian barang ini tentu didasari rasa lapar yang terus terjadi karena kesalahan berupa minimnya asupan karbohidrat kompleks. Maka rasa kecukupan makanan bagi Anda akan mudah terwujud asal mengandung karbohidrat kompleks sehingga keinginan untuk membeli snack atau junk food menjadi berkurang.

Selain dari segi kebutuhan makanan, Anda dapat menghemat uang untuk risiko penyakit. Dengan kesehatan yang lebih terjaga melalui konsumsi karbohidrat kompleks, Anda tidak perlu repot mengeluarkan uang untuk penyakit umum seperti gangguan pencernaan, diabetes, dan tekanan darah. Hal ini mungkin diperoleh karena tubuh mulai mengurangi karbohidrat simpleks yang berpotensi memunculkan penyakit seperti terdapat dalam makanan dan minuman manis maupun kaya lemak.

7. Membantu menjaga massa otot

Sebagai senyawa yang mampu menjaga massa otot, karbohidrat kompleks menjadi suatu kebutuhan bagi Anda yang ingin meraih tujuan ini. Sebagai pengganti lemak untuk penyediaan sumber energi, otot memiliki cadangan glukosa. Jika cadangan glukosa ini habis, maka massa otot menjadi berkurang karena protein di dalamnyalah yang diolah menjadi energi.

Perlu diketahui bahwa protein merupakan pembentuk otot yang berasal dari makanan penambah massa otot sehingga jika habis berakibat pada kelemahan tubuh hingga kelemahan. Untuk menghindarinya, Anda perlu mengonsumsi karbohidrat kompleks secara teratur.