Fakta Diet Nordik

Fakta Diet Nordik

Makin banyak tren diet baru yang bermunculan untuk membantu Anda memiliki berat badan ideal. Salah satu yang belakangan ini ramai dibicarakan adalah diet Nordik. Diet Nordik terinspirasi dari kebiasaan makan orang-orang Eropa Utara. Seperti apa diet Nordik itu, dan apa manfaatnya? Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai Fakta Diet Nordik di bawah ini.

1. Makanan dalam diet nordik

5 Fakta Diet Nordik, Jaga Pola Makan Sehat ala Skandinavian

Jika kamu ingin mencoba diet nordik, maka kamu harus terbiasa dengan menu ikan, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak. Menu yang bisa kamu kombinasikan dengan memperhatikan makanan tersebut. Ikan adalah salah satu menu yang harus kamu konsumsi.

Kamu pun perlu mengurangi gula tambahan, makanan kemasan, dan daging yang tinggi lemak. Untuk memilih produk susu, pilihlah yang berkadar lemak rendah. Kamu juga harus mengonsumsi berbagai jenis biji-bijian dan berri. Beri kaya akan antioksidan yang bikin kulit tetap segar dan sehat.

2. Nutrisi yang didapatkan tubuh

5 Fakta Diet Nordik, Jaga Pola Makan Sehat ala Skandinavian

Dalam diet, makanan yang kita konsumsi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh. Diet nordik memberikan kamu kemudahan untuk memperhatikan asupan makanan yang harus dikonsumsi. Biji-bijian utuh, sayur-sayuran dan buah-buahan memberikan banyak nutrisi tanpa banyak kalori.

Diet ini juga memperhatikan antioksidan dalam tubuhmu dengan menambahkan buah berry pada menunya. Apalagi jika ditambahkan dengan produk ikan yang dapat menutrisi tubuhmu dengan omega 3 yang baik untuk kesehatan. Diet ini menekankan makanan utuh yang menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhmu.

3. Pola makan yang cukup fleksibel

5 Fakta Diet Nordik, Jaga Pola Makan Sehat ala Skandinavian

Berbeda dengan diet ketat lainnya, diet nordik tidak mengikat kamu dengan waktu yang disarankan saat makan. Tidak ada pedoman khusus yang menyarankan waktu kamu untuk makan. Diet nordik tidak dimaksudkan untuk mempromosikan penurunan berat badan, tetapi mempromosikan pola makan sehat dan nutrisi dalam asupan makananmu.

Makanan dalam menu nordik sangat fleksibel untuk kamu makan. Kepraktisan dalam mengolah makanan dan memasak tanpa perlu khawatir tentang jumlah kalori dan karbohidrat. Yang terpenting, menu yang disarankan menjadikan tubuhmu selalu sehat dan bugar.

4. Apa bedanya dengan diet mediterania?

5 Fakta Diet Nordik, Jaga Pola Makan Sehat ala Skandinavian

Meskipun diet nordik dan mediterania sama-sama menekankan pada makanan anti-inflamasi yang kaya akan omega 3 dari ikan, buah dan sayuran, keduanya tetap memiliki perbedaan.

Diet mediterania dibuat dengan mengamati cara makan tradisional di wilayah Mediterania. Tetapi diet nordik tidak menyertakan beberapa makanan tradisional dengan menimbang kesehatan dan gizi. Dalam diet mediterania, kamu menggunakan minyak zaitun dalam menunya, sedangkan dalam diet nordik kamu lebih banyak menggunakan minyak canola dalam menu dietmu.

5. Hal-hal yang diperhatikan dalam diet nordik

5 Fakta Diet Nordik, Jaga Pola Makan Sehat ala Skandinavian

Beberapa hal penting dalam menerapkan pola makan sehat dengan diet nordik. Kamu perlu mengisi dapurmu dengan buah-buahan dan sayur-sayuran setiap harinya. Tidak harus memilih makanan skandinavian untuk menikmati diet nordik, ikan dan biji-bijian dapat kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Mulai tinggalkan minyak yang mengandung lemak jenuh.

Pilihlah minyak canola yang lebih sehat dan rendah lemak. Perhatikan pula dalam memilih produk susu. Makanan kemasan dan produk makanan tinggi lemak tidak boleh dikonsumsi. Pastikan makananmu sehat dengan mengkombinasikan menu ikan hingga biji-bijian ala diet nordik.

Nah, fakta-fakta ini dapat menambah pengetahuanmu tentang diet nordik. Memiliki tubuh sehat dapat kamu coba dengan menerapkan diet ala orang skandinavian ini. Mudah banget untuk kamu coba, lho.