Efek Samping Diet Vegan

Efek Samping Diet Vegan

Diet vegan ramai belakangan. Banyak orang mulai mengurangi konsumsi produk makanan dan minuman yang berasal dari hewan. Etika dan kesehatan menjadi dua alasan di antaranya. Sebuah laporan pada 2014 menyebut, satu persen dari orang Amerika Serikat mendeskripsikan dirinya sebagai seorang vegan.
Diet jenis ini melibatkan pengurangan total semua produk hewani termasuk daging, telur, keju, dan susu.Jika dilakukan dengan benar, diet terbukti menurunkan jumlah lemak jenuh, kolesterol, dan kadar gula darah pada tubuh. Namun sebaliknya, jika dikonsumsi dengan cara yang salah, diet vegan bisa berdampak buruk pada tubuh. Berikut merupakan Efek Samping Diet Vegan.

1. Osteoporosis

7 Efek Samping Diet Vegan yang Berbahaya Bagi Kesehatan Kita

Menurut Departemen Psikologi Kesehatan Universitas Vanderbilt, pola makan seseorang yang melakukan diet vegan dapat meningkatkan risiko terkenanya osteoporosis. Hal ini karena seorang vegan cenderung memiliki kadar kalsium dan vitamin D yang lebih rendah daripada non-vegan. Oleh karena itu, jika kamu menerapkan pola makan vegan, sebaiknya perhatikan juga asupan makanan tinggi kalsium, seperti kale, brokoli, dan bok choy.

2. Anemia

7 Efek Samping Diet Vegan yang Berbahaya Bagi Kesehatan Kita

Umumnya, bagi seseorang yang baru pertama kali menerapkan pola makan vegan akan menderita salah satu penyakit akibat kekurangan zat besi, yakni anemia. Biasanya, hal ini terjadi akibat pola makan yang buruk sehingga menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi penting untuk pembentukan hemoglobin. Akibatnya, kamu akan mengalami pusing, kelelahan, dan merasa lemah terus menerus.

3. Rambut rontok

7 Efek Samping Diet Vegan yang Berbahaya Bagi Kesehatan Kita

Menerapkan pola makan dengan tidak mengonsumsi daging dan ikan yang kaya dengan protein ternyata dapat memengaruhi pembaruan dan kesehatan sel rambut. Sebab, protein merupakan salah satu nutrisi utama untuk menciptakan kesehatan rambut. Namun kamu tidak usah khawatir, karena rambut yang rontok selama menjalani pola makan vegan merupakan tanda bahwa tubuhmu sedang menyesuaikan diri.

4. Sulit tidur

7 Efek Samping Diet Vegan yang Berbahaya Bagi Kesehatan Kita

Perubahan pola makan ternyata juga berpengaruh pada perubahan sistemik dalam tubuh. Akibatnya, pola tidur menjadi tidak terkontrol. Hal ini karena selama masa detoksifikasi pada malam hari, tubuh justru akan bekerja untuk membuang racun.

5. Kelelahan

7 Efek Samping Diet Vegan yang Berbahaya Bagi Kesehatan Kita

Melansir Daily Mail, seorang vegan biasanya akan mudah merasa lelah akibat kekurangan asupan vitamin B12 pada tubuhnya. Lorraine Kearney, seorang ahli gizi mengatakan jika kekurangan vitamin B12 memiliki dampak yang fatal bagi tubuh. Dalam tingkat yang lebih parah, kekurangan B12 bahkan bisa menyebabkan depresi hingga kehilangan ingatan.

6. Masalah pencernaan

7 Efek Samping Diet Vegan yang Berbahaya Bagi Kesehatan Kita

Menurut Tara Condell yang dikutip dari Daily Mail, seorang vegan sering kali beralih pola makan secara drastis, dari tidak makan sayur sama sekali menjadi tiga kali sehari mengonsumsi sayur. Sayangnya, hal ini dapat berakibat buruk bagi tubuh.

Sebab, terlalu banyak mengonsumsi sayur justru dapat menyebabkan kembung. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi kacang-kacangan dapat mengakibatkan munculnya masalah pencernaan.

7. Depresi

7 Efek Samping Diet Vegan yang Berbahaya Bagi Kesehatan Kita

Beberapa jenis makanan yang dihindari dalam pola makan vegan ternyata memiliki peranan penting dalam tubuh. Seperti halnya tuna, salmon, dan beberapa jenis ikan lainnya yang merupakan sumber lemak omega 3 dan sangat baik bagi tubuh. Kekurangan kandungan tersebut dalam menerapkan pola makan vegan justru dapat menimbulkan gejala depresi, rasa cemas berlebihan, penurunan daya ingat, dan suasana hati yang selalu berubah-ubah.

Itu dia beberapa efek samping dari diet vegan yang justru dapat membahayakan kesehatan tubuh. Untuk itu, sebaiknya kamu menerapkan pola makan gizi seimbang saja ya, guys!