Efek Samping Diet Saat Haid

Efek Samping Diet Saat Haid

Jangan asal kurus saja, diet penurunan berat badan yang terlalu ekstrem dapat menyebabkan seorang wanita berhenti mendapatkan menstruasi (amenorrhea). Dampaknya tidak hanya berhenti di situ saja, karena amenorrhea juga dapat meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan lainnya.

Banyak tips-tips diet ketat dan aneka macam pil diet yang menjanjikan penurunan berat badan hanya dalam hitungan hari. Tetapi diet yang ekstrem tersebut justru dapat mendatangkan berbagai masalah kesehatan, apalagi jika telah mengganggu siklus menstruasi wanita.

Berhentinya siklus menstruasi disebut dengan amenorrhea, yang terdiri dari dua jenis yaitu amenorrhea primer dan amenorrhea sekunder. Amenorrhea primer mengacu pada kasus dimana seorang wanita tidak lagi mendapat menstruasi pada usia 16 tahun.

Sedangkan amenorrhea sekunder terjadi bila wanita yang sebelumnya memiliki siklus menstruasi normal, tetapi kemudian berhenti mengalami menstruasi selama 3 sampai 6 bulan atau lebih. Amenorrhea sekunder ini dapat disebabkan karena stres, penggunaan obat-obatan, berkembangnya tumor kelenjar hipofisis, diet yang ekstrem dan olahraga yang terlalu keras. Nah untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda beberapa Efek Samping Diet Saat Haid :

  1. Tubuh kekurangan nutrisi

Saat ladies masuk dalam fase haid, tubuh akan kehilangan nutrisi lebih banyak dan nafsu makan akan semakin tinggi. Tubuh akan dipaksa untuk diisi agar tidak kekurangan nutrisi penting dan menjadi lemas. Namun jika ladies harus melakukan diet saat haid, maka dapat berefek samping pada kelancaran haid ladies yang sangat mempengaruhi kesehatan.

Saat menstruasi, hindari untuk tidak memakan apapun, namun juga tidak makan sembarangan seperti fast food, makanan dengan gula atau garam yang tinggi, dan juga soda. Cukup obati rasa lapar dengan makanan sehat untuk diet seperti nutrisi yang dibutuhkan saat diet ladies biasanya, dengan banyak – banyak makan buah, sayur, dan minum air putih.

  1. Mudah terserang penyakit

Haid bukan hanya siklus yang harus dilalui oleh seorang wanita sehat, juga diperlukan untuk membuang darah kotor dari tubuh, meskipun menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh. Namun pada fase ini tubuh juga akan rentan terhadap penyakit, khususnya karena tubuh akan kehilangan cukup banyak zat besi yang membuat ladies terasa lebih lemas dari biasanya.

Jika ladies melakukan cara diet alami cepat turunkan berat badan pada fase ini, maka tubuh ladies mungkin akan lebih terasa tersiksa. Karena nutrisi dari makanan dapat mengurangi efek dari haid, bahkan ladies membutuhkan makanan manis untuk mengurangi rasa kram. Tubuh yang kekurangan nutrisi saat diet akan rentan terserang penyakit seperti anemia, gangguan pencernaan, pusing, dll.

  1. Memicu terjadinya craving pada makanan manis

Saat ladies melakukan jenis diet yang efektif sekalipun saat sedang dalam masa menstruasi, maka efek samping diet saat haid seperti rasa craving terhadap makanan manis akan semakin tak terbendung. Saat menstruasi, kadar hormon ladies sering meningkat yang memicu produksi senyawa beta-endorphin, sehingga ladies akan merasa ingin makan manis seperti coklat lebih dari biasanya.

Saat haid, ladies diperbolehkan untuk memakan yang manis – manis, namun alangkah baiknya jika tidak mengkonsumsi makanan tidak sehat dan terlalu banyak gula, tetapi diganti dengan cemilan sehat berserat seperti buah untuk diet.

  1. Rentan dehidrasi

Saat sedang haid, tubuh ladies akan kekurangan banyak cairan, sehingga setiap saat ladies akan merasa haus. Saat diet, hindari untuk tidak minum air, bila perlu minum air putih yang banyak akan baik untuk kelancaran haid dan juga untuk cara diet tanpa menyiksa ladies. Minum lebih dari 8 gelas sehari selama masa haid akan melancarkan kembali sistem pencernaan ladies, mencegah munculnya rasa kram dan nyeri, serta mencegah terjadinya dehidrasi.

  1. Tubuh mudah lelah dan lesu

Perlu diketahui bahwa saat ladies sedang mengalami masa haid, kandungan zat besi dalam tubuh akan menurun yang membuat tubuh rawan kelelahan dan lesu. Terutama jika ladies memaksakan diri untuk melakukan diet saat itu, tubuh ladies akan lebih kekurangan nutrisi dan zat besi, sehingga ladies akan rentan dengan berbagai penyakit bahkan pingsan.

  1. Pikiran menjadi tidak tenang dan mudah setres

Rasa sakit dan kram yang sering diderita oleh para ladies saat sedang haid sering membuat tidak hanya tubuh menjadi tidak nyaman dan tersiksa, namun juga pikiran. Rasa tidak nyaman akan membuat ladies rentan memiliki emosi negatif dan sensitif, sehingga menimbulkan setres, kurang konsentrasi, dan malas bergerak.

Beberapa mengatakan bahwa saat haid, ladies dilarang untuk melakukan kegiatan yang berat ataupun berolahraga. Padahal rutin berolahraga merupakan obat untuk mengurangi setres dan bahkan mengurangi rasa nyeri menstruasi. Namun sebaiknya hindari untuk melakukan olahraga yang sangat menguras tenaga seperti jogging atau gerakan senam untuk menurunkan berat badan. Cukup dengan melakukan yoga atau cuma berjalan kaki akan membantu meringankan fase menstruasi ladies.

Memang melakukan cara diet cepat kurus saat sedang mengalami fase menstruasi tidak dilarang, namun terdapat gangguan dan efek samping diet saat haid yang perlu ladies ketahui jika memaksakan untuk tetap menjalaninya.

Karena pada saat fase itu, tubuh ladies akan lebih rentan dan membutuhkan perawatan lebih dari hari biasanya, sehingga mengatur asupan nutrisi yang masuk dengan tetap melakukan olahraga akan membuat ladies melalui fase menstruasi dengan lebih nyaman dan lancar.

Image result for haid