Efek Samping Diet Lemon

Efek Samping Diet Lemon

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Pantangan Makanan Diet OCD , Cara Diet Untuk Anak Obesitas , Membentuk Otot Lengan Dalam 10 Menit , Tips Diet Sehat Melalui Makanan dan Olahraga , Fakta Tentang Diet Karbohidrat , Buah Diet Khusus Menurunkan Berat Badan , Jenis Kacang Yang Bagus Untuk Diet , Daftar Snack Berkalori Rendah , Efek Samping Diet Lemon , Cara Konsumsi Minyak Kelapa Untuk Diet , Daftar Minuman Penurun Berat Badan , Manfaat Sauna Untuk Diet

Efek Samping Diet Lemon

Tak diragukan lagi, buah lemon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Namun tahukah Anda bahwa buah lemon juga memiliki efek samping yang jarang diketahui. Timbulnya efek samping seringkali akibat penggunaanbuah atau sari lemon yang berlebihan alias tidak sesuai takaran amannya. Jadi apa sajakah efek samping buah lemon?

Jika menelisik dari penggunaannya, buah lemon bisa dikonsumsi dengan cara dimakan ataupun digunakan di bagian luar tubuh. Sebagai contoh, buah ini kerap dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit dan rambut.

Manfaatnya pada kulit, buah asam-asam segar ini berguna untuk membantu mencegah munculnya keriput pada dan menambah kesegaran saat digunakan untuk mencuci wajah dan dijadikan masker. Tak hanya itu, air perasan lemon juga menjadi salah satu pengobatan alami yang populer untuk mengatasi jerawat.

Sedangkan manfaatnya untuk rambut, air perasan lemon yang dioleskan pada rambut dan kemudian berjemur di bawah sinar matahari merupakan cara yang dilakukan oleh perempuan sejak jaman dahulu untuk membuat warna rambut menjadi lebih mengkilap.

Namun seperti telah disinggung di awal, selain segudang manfaat buah lemon diatas, ternyata buah ini juga bisa berbahaya untuk tubuh. Berikut adalah Efek Samping Diet Lemon :

1. Tubuh Kurang Nutrisi

Untuk membuat proses penurunan berat badan bisa terjadi secara cepat, beberapa orang menerapkan diet lemon secara ekstrem. Setelah rajin meminum air perasan lemon, beberapa pelaku diet jenis ini juga sangat membatasi asupan makanan sehingga tubuh tak memperoleh kalori yang cukup. Karena hal inilah, kekurangan nutrisi pada tubuh pun terjadi.

2. Kelaparan

Berdiet hanya dengan mengandalkan air lemon tanpa diimbangi dengan asupan makanan lain yang menyehatkan mampu menyebabkan tubuh bisa mudah lapar. Diet lemon masih harus tetap disertai dengan asupan makanan sehat yang cukup, seperti konsumsi buah maupun sayur sehingga rasa kenyang yang didapat tidak berlebihan tapi juga bertahan lama karena kandungan seratnya

3. Dehidrasi

Air perasan lemon memang kelihatannya sederhana untuk dikonsumsi sebagai cara diet yang ampuh sekaligus cara mendetoksifikasi tubuh. Namun karena efek dari fungsi detoks itulah, tubuh bisa lebih cepat mengalami kekurangan cairan alias dehidrasi. Detoksifikasi akan membuat kita membuang lebih banyak keringat maupun urine, jadi waspadailah bahaya dehidrasi ini.

4. Sering Buang Air Kecil

Seperti disebutkan sebelumnya, efek dari minum air perasan lemon sebagai diet dan detoksifikasi adalah dehidrasi karena urine yang dibuang akan jauh lebih banyak. Ini karena lemon sendiri merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi dan kandungan inilah yang bisa membuat urine terproduksi lebih pada ginjal serta membuat Anda ingin buang air kecil terus-menerus.

5. Memicu Kenaikan Asam Lambung

Mengonsumsi lemon sebagai langkah diet alami memang terbilang efektif, namun tak berarti diet ini cocok bagi semua orang yang ingin tahu cara menguruskan berat badan. Bagi pemilik riwayat gangguan pencernaan pada lambung, ada kemungkinan asam lambung bisa lebih mudah kambuh karenanya.

Ketika Anda memiliki penyakit maag atau pernah mengalami asam lambung naik dengan keluhan sensasi panas terbakar di dada, rasa mual yang disertai muntah, belum lagi kerongkongan yang tak nyaman karena asam lambung naik sampai ke sana, Anda sebaiknya menghindari diet lemon. Efek samping berupa kenaikan asam lambung harus Anda waspadai.

6. Erosi Gigi

Konsumsi lemon untuk diet atau bahkan menikmati air perasannya memang cukup ampuh, tapi juga Anda perlu memerhatikan akan jangka waktu konsumsinya. Air lemon yang dikonsumsi sering-sering apalagi dalam waktu lama dan panjang akan membuat enamel gigi mudah terkena erosi.

Dari erosi inilah, tingkat sensitivitas gigi meningkat yang akhirnya bisa berdampak pada terganggunya saraf gigi dan menyebabkan sakit gigi. Apabila enamel gigi tererosi secara serius, cobalah untuk langsung berkonsultasi dengan dokter gigi supaya dapat diatasi dengan pemberian lapisan khusus untuk melindungi bagian gigi.

7. Tubuh Cepat Lelah

Mengonsumsi air perasan lemon tanpa diimbangi dengan asupan kalori cukup dari makanan dan minuman lain bisa menjadi penyebab tubuh kelelahan. Karena kurangnya nutrisi dalam tubuh, maka tenaga pada tubuh pun bisa lebih cepat berkurang. Tetaplah asup makanan yang mengandung kalori, namun tentunya dengan kandungan karbohidrat dan lemak yang rendah agar berat badan tak gampang naik.

Diet lemon memang baik bagi yang ingin menurunkan berat badan, tapi perhatikan pula berbagai bahayanya bagi tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi lemon atau air lemon tanpa keseimbangan asupan nutrisi ditambah dengan penggunaan jangka panjang bisa berdampak serius bagi kesehatan lambung hingga kesehatan gigi, jadi pastikan untuk bisa membatasi konsumsinya juga.