Efek Samping Diet Air Putih

Efek Samping Diet Air Putih

Diet , cara menurunkan berat badan , tips diet , makanan diet , minuman diet , diet dengan cara sehat , makanan yang dapat menurunkan berat badan , hindari minuman yang mengagalkan diet , tips olahraga mengecilkan perut , Pantangan Diet Buah Plum , 14 Latihan Sirkuit Membakar 1000 Kalori , Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet , Cara Membuat Sup Pembakar Lemak , Pantangan Diet Garam , Cara Menguruskan Badan Tanpa Olahraga , Pantangan Makanan Diet OCD , Cara Diet Untuk Anak Obesitas , Makanan Karbo Komplex , Cara Membuat Bubur Kentang Untuk Diet , Cara Diet Dengan Susu , Cara Diet Dengan Susu Kedelai , Jamu Untuk Menurunkan Berat Badan , Manfaat Teh Pahit Untuk Diet , Manfaat Garcia Untuk Diet , Khasiat Mengkudu Untuk Diet , Buah Yang Mengenyangkan Saat Diet , Khasiat Mangga Untuk Diet , Manfaat Olahraga Side plank , Makanan Rendah Kalori Tinggi Protein , Khasiat Kayu Manis Untuk Diet , Manfaat Jahe Dan Sereh Untuk Diet , Gerakan Pilates Untuk Pemula , Olahraga Mengecilkan Perut Di Rumah , Daftar Makanan Berkalori Rendah , Cara Makan Sehat Untuk Pekerja Kantoran , Cara Menghitung Kalori Makanan , Manfaat Diet Alkaline , Fakta Dan Mitos Diet Sehat , Khasiat Lada Hitam Untuk Diet , Bahaya Diet Mayo , Jenis Diet Berbahaya Yang Jarang Diketahui , Manfaat Kangkung Untuk Diet , Manfaat Bengkoang Untuk Diet , Cara Diet yang Benar Dan Sehat , Menu Sarapan Pagi Sehat Untuk Diet , Penyebab Obesitas Pada Remaja , Efek Samping Diet Air Putih , Cara Diet Untuk Orang Malas , Kesalahan Dalam Diet Yang Sering Terjadi , Penyakit Yang Timbul Karena Tidak Makan Nasi , Efek Samping Diet Ekstrim , Tips Diet Dengan Jeruk Nipis , Tips Diet Mayo , Tips Diet Paleo , Efek Samping Diet Mayo

Efek Samping Diet Air Putih

Anda memang dianjurkan untuk banyak minum air putih supaya tetap sehat. Rajin minum air putih juga dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Berangkat dari situ, banyak yang mengadopsi cara diet ekstrim hanya dengan minum air saja terus-terusan tanpa makan apa pun selama beberapa hari. Awas, menjalani diet minum air putih tanpa makan apa pun justru bisa berbalik membahayakan kesehatan Anda. Berikut ini kami akan membahas mengenai apasaja Efek Samping Diet Air Putih  :

1. Sering Buang Air Kecil

Orang akan berasumsi bahwa sering buang air kencing akan membuang racun di dalam tubuh ,anggapan selain itu yaitu semakin sehat saat sering buang air kecil . Hal tersebut tidaklah benar karena meskipun air sangat baik untuk tubuh akan tetapi kelebihan mengkonsumsi air akan mengakibatkan efek buang air kecil secara terus menerus hal itu dikarenakan ginjal bekerja semakin keras.

Dimana fungsi ginjal sendiri yaitu untuk menyaring air dan limbah di dalam darah . Sehingga pada saat kita minum banyak air ginjal bekerja untuk menyeimbangkan kadar air didalam darah agar tetap stabil. Jadi , buang air kecil terlalu sering bukanlah hal yang positif dalam tubuh melainkan hal yang negatif.

2. Melemahkan Fungsi Otak

Meskipun cairan atau air mampu meningkatkan kerja didalam otak akan tetapi tidak untuk pada kasus kelebihan cairan . Hal tersebut justru akan melemahkan performance otak kita. Karena pada saat ginjal sudah tidak bisa menyaring lagi makan tubuh melakukan homeostatis berupa pengalihan tempat cairan tersebut dan masuk kedalam sel-sel seperti sel otak . Hal tersebutlah yang akan menyebabkan pembengkakan pada sel , sehingga menimbulkan penurunan kerja di otak kita.

3. Merusak Komposisi Darah

Darah memiliki plasma darah yang memiliki kekentalan tersendiri secara fisiologis di dalam tubuh. Kekentalan darah pun juga dipengaruhi kadar air didalam tubuh kita. Semakin banyak cairan di dalam tubuh maka kadar kekentalan darah pun akan semakin cair. Jika kita terlalu banyak minum air dikhawatirkan akan mengganggu kekentalan darah , yang mengakibatkan proses peredaran darah yang di pompa oleh jantung ke seluruh tubuh terganggu.

4. Meningkatkan jumlah volume darah

Volume darah yang semakin banyak atau meningkat akan menyebabkan terganggunya kerja jantung dan sistem pembuluh darah pada tubuh kita (sistem tertutup).Hal ini dikarenakan volume air yang meningkat sehingga terjadi peningkatan pada tekanan sistem pembuluh darah tertutup tersebut. Kondisi seperti itu , akan memaksakan kerja ginjal untuk mengurangi jumlah air dalam proses sirkulasi darah dalam tubuh.

5. Ginjal bekerja terlalu over

Salah satu organ penting didalam tubuh kita yaitu ginjal dimana ginjal berperan dalam menyaring semua cairan yang masuk ke dalam tubuh kita.Jika tubuh kita mengkonsumsi banyak air maka akan membuat ginjal bekerja sangat ekstra. Lama-kelamaan akan berpengaruh pada kemunduran fungsi kerja ginjal tersebut. Bila ginjal mengalami kerusakan aka berdampak pada timbulnya masalah atau penyakit tertentu di dalam tubuh seperti gagal ginjal.

6. Tubuh mengalami hiponatraemia

Hiponatraemia merupakan kondisi tidak normal pada tubuh dimana tubuh kekurangan zat natrium ( kadar garam).Natrium merupakan zat yang digunakan untuk menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh. Bila kelebihan mengkonsumsi air akan menjadikan natrium encer yang mengakibatkan kurangnya natrium untuk menjaga kadar garam di dalam darah, selain itu kekurangan natrium mengakibatkan volume darah menurun sehingga tekanan darah pun ikut turun , akan tetapi denyut jantung meningkat.

Secara normal kadar natrium yang dibutuhkan didalam tubuh yaitu 135-145 mil mol/liter. Namun pada kondisi hiponatraemia konsentrasi natrium kurang dari 135 mil mol/liter. Akibatnya kadar cairan didalam tubuh meningkat dan terjadi pembengkakan sel.

7. Pembengkakan Sel

Bahaya Diet Air Putih ke tujuh adalah pembengkakan sel. Pembengkakan sel ii karena adanya masalah dari kekurangan kadar natrium. Jika ini terjadi pada sel-sel otak maka akan menimbulkan gangguan kesehatan di dalam tubuh kita. Kekurangan natrium akan menyebabkan mengantuk , namun jika terjadi secara cepat akan mengakibatkan mual, pingsan , kejang-kejang, batang otak terganggu, bahkan berujung pada kematian. Banyak sekali efek dari pembengkakan sel , yang bisa kita lakukan adalah menghindari meminum air putih secara berlebih.

8. Keracunan Air (Intoksikasi Air)

Intoksikasi air atau biasa diebut dengan hiperhidrasi atau overhydration adalah gangguan potensial di dalam fungsi otak yang terjadi.Intoksikasi air ini merupakan efek lanjutan dari pembengkakan sel otak , dimana larutan elektrolit di dalam tubbuh tidak seimbang.Pada saat kadar air di dalam tubuh mengalami peningkatan atau kadar yang berlebih akan mengaakibatkan garam di dalam tubuh pun menjadi encer , yang nantinya akan menimbulkan gangguan fungsi pada larutan elektrolit tersebut.

9. Menimbulkan pingsan atau koma

Pada saat kelebihan kadar air tubuh melakukan homeostatis untuk mempertahankan keadaan tubuh yang semula dengan cara memindahkan kadar air kedalam sel-sel di dalam tubuh . Hal tersebut akan mempengaruhi fungsi kerja sel didalam tubuh , sel-sel didalam tubuh tersebut akan mengalami pembengkakan yang akan mengakibatkan seseorang pingsan hingga mengalami koma.

10. Mengakibatkan Kematian

Otak merupakan pengatur semua fungsi tubuh , lalu apa yang terjadi jika otak mengalami pembengkakan akibat cairan didalam air berlebih. Cairan berlebih akan mengakibatkan pembengkakan sel otak yang akan menimbulkan masalah-masalah yang serius bagi kesehatan tubuh , salah satu resiko nya yaitu mngakibatkan seeorang , karena otak merupaka sistem yang menngatur semua fungsi didalam tubuh , seperti organ dan lain sebagainya. Jika otak terganggu maka semua fungsi sistem didalam tubuh akan terhambat atau tidak dapat bekerja.

11. Masalah jantung dan ginjal

Meskipun air baik apabila dikonsumsi secara berlebih akan berdampak pada jantung dan ginjal kita. Bagi penderita jantung dan ginjal tidak dianjurkan untuk terlalu banyak mengkonsumsi air secara berlebihan karena air tersebut dapat masuk ke pembuluh darah dan menyebabkan volume darah meningkat . Hal tersebut akan membebani kerja jantung dan ginjal , dimana jantung akan memaksakan untuk memompa darah lebih cepat dan ginjal akan bekerja keras untuk menyaring cairan yang ada di dalam darah . Sehingga dia anjurkan pada kedua kondisi tersebut tidak diajukan mengkonsumsi air secara berlebihan.

Tips Mengkonsumsi Air Putih

Setelah mengetahui apa saja bahaya yang ditimbulkan dari mengkonsumsi air putih secara berlebihan , berikut terdapat tips mengkonsumsi air putih :

1. Minum air secukupnya

Dalam artian pada saat mengkonsumsi air putih tidak banyak dan tidak sedikit melainkan secukupnya sesuai kebutuhan . Agar fungsi dari air ini mampu meningkatkan kesehatan tubuh , selain itu melakukan aktivitas untuk menyeimbangkan antara air yang masuk dan air yang keluar , sehingga tidak terjadi adanya masalah tertentu.

2. Di minum tidak secara bersamaan

Maksudnya pada saat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih 2-4 liter perhari , tidak sekaligus diminum pada waktu yang sama melainkan diberi jeda waktu tertentu . Selain itu jumlah tersebut masih termasuk jumlah air di dalam sup, jus , ais susu, air didalam buah yang kita konsumsi.

3. Bertahap saat mengkonsumsi air

Misalnya mengkonsumsi 1 gelas air putih pada saat bangun pagi, 1 gelas pada saat sarapan, 1 gelas pada saat makan siang, 1 gelas pada saat makan malam dan 1 gelas pada saat menjelang tidur. Jangan sesekali mengkonsumsi air dalam sekali waktu secara bersamaan.

4. Orang yang sakit mempunyai aturan yang berbeda

Pada seseorang yang mengalami gangguan ginjal dan jantung dalam mengkonsumsi air akan berbeda . kondisi ini dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi air secara berlebihan.

5. Jangan menunggu haus atau dehidrasi

Usahakan mengkonsumsi air putih sebelum merasakan haus , karena menunggu haus akan menyebabkan tubuh merasakan pusing atau masalah lainnya.

6. Saat olahraga

Saat melakukan aktivitas berat dianjurkan untuk mengkonsumsi air , agar cairan tubuh yang hilang dapat digantikan . jika kita melakukan aktivitas berat tanpa diimbangi cairan tubuh yang seimbang makan akan mengakibatkan masalah tertentu.

7. Tidak minum setelah olahraga

Meskipun olahraga menguras banyak cairan dan menimbulkan kelelahan akan tetapi kita tetap perlu membatasi asupan air yang masuk , karena kelebihan cairan di dalam tubuh juga tidak baik yang nantinya akan menimbulkan berbagai masalah bagi tubuh.

8. Konsumsi obat herbal

Pada saat seseorang mengkonsumsi obat herbal maka dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak air putih dengan catatan tidak berlebihan.

Setelah kita mengetahui bahaya yang ditimbulkan dari Diet Air Putih serta tips mengkonsumsi air putih yang baik dan benar diharapkan kita lebih mempertimbangkan saat akan melakukan diet agar kita mendapatkan tubuh yang langsing dengan sehat tanpa ada masalah pada kesehatan.